If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Perayaan Karya Desainer Muda di Modest Fashion Founders Fund 2019

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 1 Oktober 2019 | 19:00 WIB
| Dok.Agus Dwianto

 

Potensi fashion, termasuk modest fashion, sebagai subsektor ekonomi kreatif memberikan kontribusi PDB hingga Rp166 Triliun pada tahun 2016. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun terus mendorong Indonesia menjadi kiblat modest fashion dunia.  

Salah satunya dengan menyelenggarakan program Modest Fashion Founders Fund (ModestFFFund), yaitu program akselerasi untuk pelaku usaha modest fashion di Indonesia dalam hal permodalan dari perbankan syariah yang telah berlangsung sejak bulan Mei 2019.

Melalui program ini, Bekraf berhasil menjaring sekitar 400 pendaftar dari seluruh wilayah di Indonesia dan memilih 100 brand/desainer terbaik untuk mengikuti proses interview dan seleksi di Jakarta pada awal Juli 2019.

Baca juga: 7 Jenis Bahan Hijab Pashmina Yang Nyaman Dipakai

Proses seleksi dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari modest fashion expert, perwakilan perbankan syariah, dan Bekraf. Melalui seleksi tersebut kemudian dipilih 20 desainer terbaik yang lolos untuk mengikuti workshop pada 9 s/d 13 Juli yang lalu.

Baca juga: Tertarik Hijab Street Style? Tiru 10 Gaya Seru Sivia Ini

Sebagai puncak dari program tersebut, Bekraf menyelenggarkan Modest Fashion Founders Fun Celebration Days selama 4 hari mulai 19-22 September 2019 di Gandaria City. Kegiatan ini diisi peragaan busana dan penjualan produk hasil karya brand dan desainer terbaik Modest Fashion Founders Fund 2019, berbagai talkshow seputar bisnis dan modest fashion, serta trunkshow lebih dari 40 brand lokal.

| Dok.Agus Dwianto

|

Dalam melaksanakan program ini, Bekraf bekerja sama dengan expert modest fashion, Franka Soeria, Co-Founder Modest Fashion Weeks dan Markamarie.com, yang sangat berpengalaman dalam mengembangkan industri modest fashion ditingkat global melalui beragam kegiatan modest fashion yang digagasnya.

Baca juga: Franka Soeria: Bawa Modest Fashion Week Mendunia

Sebagai salah satu hasil dari Program Modest Fashion Founders Fund 2019 ini, BRI Syariah mengucurkan pembiayaan KUR Syariah sebesar Rp.75 juta kepada Swimsweets, salah satu brand dari 20 desainer program Modest Fashion Founders.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi