Entah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu.
Dian Sastrowardoyo

Tes DNA, Ketahui Asal Usul Nenek Moyang

author
Isna Triyono
Kamis, 31 Oktober 2019 | 15:43 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kemendikbud bekerjasama dengan Historia.id menggelar pameran asal-usul orang Indonesia di Museum Nasional, 15 Oktober – 10 November 2019.

Pameran yang bertujuan untuk membuktikan asal-usul orang Indonesia ini telah mengambil sampel secara acak orang Indonesia dari berbagai profesi dan latar belakang. Di antara sampel itu, terdapat beberapa nama yang sudah terkenal seperti Najwa Shihab, Ariel NOAH, Grace Natali, Mira Lesmana dan Riza.

Partisipan ini menjalani tes DNA untuk mengetahui secara pasti data ilmiah soal komposisi ras dan penelusuran nenek moyang.

Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) adalah asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. Lewat tes DNA ini, penelusuran nenek moyang seseorang bisa diketahui.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Ketuban

Sebenarnya, penelurusan nenek moyang juga bisa dilakukan lewat bahasa dan budaya tetapi hal itu bisa mengalami perubahan. Sementara DNA tetap berada di dalam tubuh kita dan tidak akan pernah berubah.

Uniknya, hasil uji tes DNA partisipan ini banyak yang cukup mengejutkan. Beberapa di antara partisipan tokoh terkenal berikut ini.

Najwa Shihab

Jurnalis dan juga pembaca acara ini merupakan anak dai kondang Quraish Shihab. Secara fisik, Najwa Shihab tak diragukan adalah keturunan Arab. Namun tes DNA juga memebrikan data mengejutkan.

Menurut tes DNA, Najwa Shihab memiliki fragmen DNA dari nenek moyang yang berasal dari Afrika Utara, Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, Eropa Selatan, Afrika, Eropa Utara, diaspora Asia, diaspora Afrika, dan diaspora Eropa, dengan komposisi terbesar 48,54% Asia Selatan

Ariel Noah

Vokalis kelahiran Pangkalan Brandan, Sumatra Utara ini merupakan anak dari Nazmul Irphan dan Darlina Darwis. Hasil tes DNA, Ariel memiliki perpaduan DNA Asia Selatan 79,78% (India, Bangladesh, Tamil, Nepal), Asia Timur 15,14% (Jepang), Asia diaspora (Asia-Amerika), dan Timur Tengah (Yunani).

Baca juga: Mudah Untuk Dicintai, Tapi Libra Harus Kurangi 5 Hal Berikut Ini!

Grace Natali

Secara penampilan, politis muda ini menunjukkan ras Tionghoa. Namun di dalam tubuh Grace ternyata mengalir gen Asia Timur, diaspora Asia, Asia Selatan, dan Afganistan.

Salah satu tujuan diadakannya penelusuran asal-usul orang Indonesia ini untuk mengetahui bahwa orang Indonesia sudah percampuran dari berbagai ras. Jadi sudah selayaknya saling menghormati dan menghargai keberagaman di antara kita.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono