Women, like men, should try to do the impossible. And when they fail, their failure should be a challenge to others.
Amelia Earhart

Melatih Anak Berperilaku Positif, Begini Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 30 Oktober 2019 | 21:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Anak usia batita masih belum begitu terampil berperilaku. Berikut daftar hal-hal yang bisa Bunda lakukan untuk melatih dan mengajarkan anak bagaimana berperilaku positif, seperti dikutip dari day2dayparenting.com.

 

1.Abaikan

Jika anak mengamuk, tinggalkan ruangan dengan tenang dan abaikan dia. (Bunda dapat mengabaikan jika ia mengajukan pertanyaan yang mengganggu, mengomel, bertengkar dengan saudara kandungnya, merengek, tapi jangan pernah abaikan jika anak menyakiti orang lain atau diri mereka sendiri atau merusak sesuatu dengan sengaja.)

2.Ubah situasi

Jika anak-anak berkelahi, minta mereka berhenti dan tidak bermain bersama sampai mereka bisa tenang dan bermain dengan baik.

3.Ubah lingkungan

Jika di Kecil terus bermain dengan ponsel Bunda, simpan ponsel di tempat yang tidak bisa ia jangkau.

Baca juga: Si Kecil Suka Corat-Coret Tembok, Ini Tips Mengarahkannya

4.Katakan yang Bunda inginkan

Beri tahu anak bahwa Bunda ingin dia melakukan apa yang Bunda inginkan, bukan yang Bunda tidak inginkan. Misalnya, lebih baik katakan, “Ingat, di dalam kita bicara pelan-pelan ya,” ketimbang “Jangan berteriak-teriak, ya!”

5.Alihkan perhatian

Hanya ada satu bola merah. Anak dan sepupunya sama-sama menginginkan bola tersebut. Ambil si Kecil dan minta dia membantu memberi makan ikan.

6.Beri feedback positif

Si Kecil membersihkan mainannya sebelum Bunda memintanya. Beri ia pelukan dan ucapan terima kasih.

| SHUTTERSTOCK
7.Antisipasi lebih dulu

Jika anak selalu ingin berjalan-jalan di dalam restoran, katakan padanya sebelum masuk ke restoran bahwa ia harus duduk di kursinya. Hadiahi anak jika ia berperilaku baik.

8.Dengarkan

Si Kecil memberi tahu Bunda, “Haikal bukan temanku lagi. Aku benci dia!” Bunda sebaiknya merespons dengan, “Sepertinya Haikal membuat kamu marah. Kenapa kamu marah?”

9.Grafik dan bintang

Berikan pengingat visual pada anak setiap kali ia melakukan hal positif. Misalnya, beri anak bintang setiap kali ia membersihkan mainanya. Setelah memperoleh tiga bintang, ia akan mendapat hadiah.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro