A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Selulit Mengganggu? Begini Tips Menyingkirkannya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 17 Desember 2019 | 10:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Selulit bisa sangat mengganggu penampilan. Selulit adalah lemak di bawah kulit yang muncul ke permukaan kulit dan mendorong jaringan ikat sehingga kulit terlihat bergelombang. Bagaimana mencegah atau membuang selulit?

 

1. Makan dengan pola makan seimbang

Memiliki pola makan yang seimbang adalah solusi tepat menghilangkan selulit. Pola makan yang sehat akan menghambat konsentrasi lemak dan pembentukan kulit yang tidak terawat. Makanan yang kaya lemak jenuh seperti gorengan dan junk food merupakan pemicu kehadiran selulit. Selulit sendiri pada mulanya disebabkan oleh konsentrasi lemak di bawah kulit yang kemudian jadi mengerut.

2. Banyak-banyak minum

Menjaga sistem tubuh tetap terhidrasi akan membantu menyingkirkan selulit. Lemak sangat mudah disimpan di kulit yang kering dan tidak sehat. Rajin minum akan menjaga tubuh tetap terhidrasi sehingga racun-racun akan keluar dari tubuh dan selulit pun lama-lama hilang. Air akan menyingkirkan zat berLemak yang tersimpan dalam darah dan kulit, serta memperkuat kolagen.

Baca juga: Hati-Hati, Gaya Rambut Kuncir Kuda Bisa Bikin Sakit Kepala

3. Dry brushing

Dry brushing sangat membantu mengatasi selulit. Dry brushing adalah menggosok bagian-bagian tubuh dengan body brush dalam keadaan tubuh kering. Biasanya dilakukan sebelum mandi. Dry brushing akan memperlancar aliran darah di bawah kulit sehingga kulit menjadi sehat bercahaya. Selain itu, dry brushing juga akan membuang sel-sel kulit mati serta membuang racun di bawah kulit. Jangan lupa pakai pelembab usai dry brushing.

4. Gunakan pelembab

Rajin merawat kulit juga merupakan salah satu cara membuang selulit. Gunakan krim tubuh alami atau pelembab untuk melembutkan dan menyehatkan kulit. Kulit kering atau pecah-pecah adalah salah satu penyebab utama pembentukan selulit. Jaga sensitivitas kulit dan tingkatkan sirkulasi darah di kulit dengan memijat daerah-daerah di mana selulit terkonsentrasi dengan minyak juga sangat membantu.

Baca juga: Kurang Tidur Bikin Berat Badan Naik

5. Rajin berolahraga

Berolahraga secara teratur akan membantu meregangkan dan mengencangkan otot, kulit, dan menyingkirkan selulit. Latihan kardio dan latihan angkat berat akan membantu mengencangkan kulit dan membentuk otot. Olahraga teratur juga akan mengurangi lemak dan membakar kalori sehingga selulit lama-lama akan hilang.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro