Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Manfaat Telur Bagi Bumil dan Tips Aman Mengonsumsinya

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 6 Januari 2020 | 12:00 WIB
Selain sumber protein, telur punya banyak manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. | SHUTTERSTOCK

Telur kaya protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh ibu hamil. Apa lagi manfaat makan telur bagi bumil dan bagaimana tips aman mengonsumsi telur selama kehamilan?

Bahan makanan yang enak, mudah dicari, serta mudah diolah ini punya banyak manfaat bagi kehamilan. Telur kaya selenium, seng, asam folat, vitamin A, D serta B kompleks yang dibutuhkan bagi ibu hamil.

Telur juga menjadi sumber protein yang dibutuhkan selama kehamilan. Setiap sel bayi yang tumbuh melibatkan protein. Jadi, mencukupi kebutuhan telur saat hamil tentu sangat disarankan untuk kesehatan ibu dan janin.

Yuk, ketahui lebih lengkap manfaat mengonsumsi telur saat hamil!

1.Perkembangan Otak Janin

Telur mengandung 12 jenis vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, zat besi, kalsium dan potassium yang baik untuk perkembangan otak janin.

Selain itu, telur kaya kolin dan asam lemak omega-3 yang memaksimalkan perkembangan otak janin, termasuk mencegah gangguan pada saraf otaknya.

Baca juga: 7 Nutrisi Otak Anak, Ternyata Ikan Kembung Lebih Baik Dari Salmon

2.Asupan Kalori

Selama kehamilan asupan kalori sebaiknya ditambah 200-300 kalori per hari untuk memebuhi kebutuhan gizi ibu dan janinnya. Nah, mengonsumsi sebutir telur ayam berukuran sedang dapat memenuhi asupan sekitar 70 kalori.

Baca juga: French Scrambled Egg, Telur Orak-Arik Fluffy dan Superlembut

3.Sumber Kolesterol

Bagi ibu hamil dengan kadar kolesterol darah rendah disarankan mengonsumsi 1-2 butir telur sehari. Bagian kuning telur mengandung kolesterol lebih tinggi.

Namun jika ibu hamil memiliki kadar kolesterol darah tinggi, hindari makan kuning telur. Cukup konsumsi 3 putih telur per minggu.

4.Perkuat Daya Ingat

Telur mengandung chlorin, zat yang bermanfaat meningkatkan daya ingat ibu maupun janin yang dikandungnya.

Dalam sebuah penelitian, ibu yang rutin mengonsumsi telur selama kehamilan terbukti melahirkan anak-anak yang memiliki daya ingat lebih tajam dibanding anak-anak dari ibu yang tidak rutin mengonsumsi telur selama kehamilan.

5.Sumber Asam Folat

Asam folat adalah zat yang vital bagi ibu hamil karena bisa mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu, folat juga bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler hingga pencernaan. Nggak heran para dokter kandungan selalu mengingatkan bumil untuk rutin mengonsumsi asam folat.

Baca juga: Makanan Tinggi Asam Folat, Bagus Untuk Ibu Hamil

Namun, bumil juga perlu berhati-hati saat memilih telur untuk dikonsumsi.

  • Pastikan kondisi telur segar dan tidak kedaluwarsa.
  • Telur tidak beraroma busuk.
  • Tekstur telur seperti gel, tidak encer dan warnanya sedikit buram.
  • Hindari mengonsumsi telur mentah atau setengah matang untuk menghindari infeksi salmonella yang berbahaya bagi janin, termasuk kemungkinan kelahiran prematur.
  • Konsumsi telur rebus maksimal 2 jam setelah dikupas.
  • Telur rebus yang disimpan di kulkas bisa bertahan hingga lima hari.
  • Hindari kuning telur jika bumil memiliki kadar kolesterol tinggi.

Yuk, konsumsi telur sesuai kebutuhan demi kesehatan tubuh bumil dan janinnya!

 

 

 

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi