The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Jangan Cuma Anak, Ini 7 Kebutuhan Ayah Saat Roadtrip yang Harus Dipenuhi

author
Isna Triyono
Jumat, 20 Desember 2019 | 12:00 WIB
|

Mendengar kabar tol layang Jakarta – Cikampek II dibuka, pasti ada keinginan untuk menjajalnya.

Dengan adanya tol, liburan keluarga menggunakan jalur darat pasti semakin menjadi pilihan banyak keluarga.

Tapi untuk menyiapkan liburan bareng keluarga, kita sering lupa memperhatikan kebutuhan si ayah, yang notabene pemeran utama dalam roadtrip. Ibu pasti lebih banyak menyiapkan segala kebutuhan anak selama di jalan supaya nggak rewel.

Padahal ayah yang menyetir sepanjang perjalanan juga nggak kalah pentingnya loh untuk kita perhatikan kebutuhannya supaya nggak ngantuk, tetap semangat, dan stamina terjaga.

Berikut ini, beberapa yang harus disiapkan juga kebutuhan si ayah.

Baca juga: Tips Gunakan Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek

1. Botol Minum

Siapkan botol minum di tempat yang mudah dijangkau si ayah. Selalu cek, jika hampir mau habis, bunda bisa mengisinya kembali. Kebutuhan air selama nyetir penting loh agar ayah tetap terhidrasi dengan baik, bisa fokus, dan mengurangi kantuk.

2. Kopi

Untuk ayah yang suka ngopi, ini jadi minuman yang penting baginya. Kamu bisa menyediakan kopi dalam termos kecil agar ayah bisa setiap saat meminumnya. Selain bisa menghilangkan kantuk, kopi bisa jadi energi baru buat ayah.

3. Kacamata Hitam

Kadang ayah suka nggak memperhatikan hal-hal detail seperti membawa kacamata hitam, misalnya. Kamu bisa siapkan kacamata hitam yang diletakkan di bagian dashboard mobil atau di bagian pintu.

4. Navigator ‘Istimewa’

Jika anak-anak sudah bisa duduk tertiba di bangku belakang maka kamu bisa nih jadi navigator istimewa buat si ayah. Sebenarnya tugas utamanya bukan memberitahu arah jalan, karena ayah biasanya sudha lebih tahu. Tapi navitagor istimewa ini hanya untuk menemani ayah ngobrol supaya lebih semangat nyetirnya.

Baca juga: Ide Liburan Akhir Tahu, Seru dan Ramah di Kantong

5. Playlist Favorit

Sesekali kita boleh loh memutarkan playlist favorit si ayah supaya semakin semangat nyetir dan menghalau rasa kantuk. Ayah juga berhak mendengarkan lagu-lagu kesukaannya saat di jalan, sebagai selingan dari mendengarkan lagu-lagu untuk anak.

6. Bantal Leher

Bantal leher bisa membuat si ayah lebih rileks lehernnya setelah nyetir berjam-jam. Selain itu, ayah juga pasti akan merasa nyaman.

7. Cemilan

Sediakan cemilan untuk ayah agar tidak bosan selama berada di belakang stir. Bila perlu, kamu bisa menyuapi ayah supaya ia tetap konsentrasi melihat jalan di depan.

Dengan memenuhi kebutuhan ayah di atas, dijamin ayah juga semakin semangat nih pergi liburan.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono