You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Sperma Sehat Dengan Tomat, Cek Faktanya!

author
Ratih Sukma Pertiwi
Kamis, 23 Januari 2020 | 12:00 WIB
Benarkah makan tomat bisa membuat sperma lebih sehat? | SHUTTERSTOCK

Kesuburan pria ikut berpengaruh pada peluang kehamilan. Menjaga kualitas dan kuantitas sperma pun menjadi hal yang penting dilakukan. Salah satunya dengan memilih makanan yang baik untuk kesehatan sperma.

Dalam sebuah studi Klinik Cleveland, Ohio, AS ditemukan bahwa kandungan tomat, terutama likopen, dapat meningkatkan kesuburan pria. Likopen termasuk sejenis antioksidan pembentuk karatenoid atau warna merah pada tomat.

Kadar likopen dalam tomat mencapai 21,8 mg per 100 gram atau 3 kali lipat lebih banyak dari sayuran dan buah lainnya.

Apa saja manfaat likopen pada tomat bagi kesuburan pria?

1.Tingkatkan Jumlah Sperma

Likopen dalam tomat dapat mencegah kerusakan sperma dan meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Saat dicerna dan tersebar dalam tubuh, testis mendapatkan porsi likopen paling banyak.

Baca juga: 9 Nutrisi Untuk Sperma

2.Membuat Gerakan Sperma Lebih Lincah

Selain jumlah, sperma yang sehat juga ditandai dengan kelincahan gerakannya sehingga menambah peluang pembuahan.

Sebuah studi dilakukan di Universitas Sheffield, Inggris pada sejumlah pria yang diberi suplemen berisi likopen selama 3 bulan. Hasilnya, likopen mampu meningkatkan jumlah sperma yang matang.

Selain itu, likopen juga meningkatkan kualitas sperma dalam hal bentuk, ukuran, gerakan dan kemampuan berenang sperma para pria tersebut.

Likopen meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. | SHUTTERSTOCK

3.Memperkecil Risiko Kanker Prostat

Tomat kaya antioksidan yang bisa mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Pria yang rutin mengonsumsi pure tomat 2 sendok makan per hari bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko kanker prostat.

Baca juga: 5 Superfood Untuk Kesehatan Prostat

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari zat likopen, bagaimana cara tepat mengolah tomat?

  • Sebaiknya tomat diolah atau melalui proses pemanasan, misalnya dijadikan pure, jus, pasta saus tomat, atau tumis sehingga lebih mudah diserap tubuh.
  • Likopen memiliki sifat larut dalam lemak. Penyerapan likopen dalam usus membutuhkan bantuan lemak. Jadi saat memasak tomat, tambahkan beberapa tetes minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak kanola.

Baca juga: Pasta Saus Tomat Ini Superpraktis Kalau Kamu Lagi Malas Masak

Selain tomat, beberapa makanan juga mengandung likopen tinggi, seperti jambu biji (5,2mg per 100 g), semangka (4,5 mg per 100 g), pepaya (1,8 mg per 100 g).

Namun tentu saja untuk menjaga kesuburan pria tidak cukup hanya dengan mengonsumsi tomat atau bahan makanan lain yang mengandung likopen. Banyak penelitian menemukan penurunan kualitas sperma pada pria beberapa dekade ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang kurang sehat, seperti junk food, pakaian yang terlalu ketat, rokok, alkohol, obesitas, kurang aktivitas fisik, serta stres.

Jadi mulai sekarang selain konsumsi tomat, lakukan gaya hidup sehat, ya!

 



 

 

 










 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi