Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Cegah Endometriosis Dengan Konsumsi 3 Makanan Ini

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 21 Februari 2020 | 12:00 WIB
Sayuran dan buah kaya serat yang bisa mencegah endometriosis | SHUTTERSTOCK

 

Gangguan pada kesehatan reproduksi perempuan ini sering terjadi di usia subur dan berpengaruh pada kesuburan. Kita bisa mencegahnya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan.

Endometriosis disebabkan oleh banyak faktor dan terkadang sulit terdeteksi karena sering dikira sebagai gejala premenstrual syndrom (PMS).

Ada beberapa kelompok perempuan yang lebih berisiko mengalami endometriosis:

1.Perempuan berusia 25-40 tahun.

2.Memiliki keluarga yang menderita endometriosis.

3.Siklus menstruasi tidak teratur, terlalu panjang atau singkat.

4.Banyak mengonsumsi minuman beralkohol atau kafein.

5.Belum pernah melahirkan.

6.Menderita kelainan rahim.

 

Definisi, penyebab, dan tanda-tanda endometriosis bisa kamu baca selengkapnya pada artikel Sering Dikira PMS, Kenali Gejala dan Penyebab Endometriosis

Jika ternyata kamu terdiagnosis endometriosis, jangan patah semangat. Lakukan pemeriksaan dan pengobatan rutin di dokter yang kamu percayakan. Biasanya juga dokter akan meresepkan obat pereda nyeri, melakukan terapi hormon atau tindakan lain yang disesuaikan tingkat keparahan endometriosis.

Selain itu, untuk mencegah endometriosis kamu sebaiknya melakukan gaya hidup sehat sehati-hari, seperti rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat dan seimbang, menghindari stres.

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk pencegahan maupun pengobatan endometriosis:

1.Kaya Serat

Konsumsi makanan kaya serat sepeti sayuran, buah, serta biji-bijian untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan meringankan nyeri menstruasi.

 

Baca juga: Waspadai 6 Gejala Haid yang Tidak Normal

 

2.Zat Besi

Endometriosis dengan perdarahan hebat membuat perempuan merasa lemas dan lesu karena kekurangan zat besi yang membantu produksi sel-sel darah merah.

Konsumsi makanan tinggi zat besi, seperti daging merah tanpa lemak, ikan, bayam, buah bit, telur, susu, gandum, kacang-kacangan.

 

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Tekanan Darah Rendah dan Kurang Darah

 

3.Asam Lemak Omega-3

Asam lemak ini bersifat antiiritasi dan antiradang yang meringankan rasa nyeri akibat endometriosis. Terdapat pada salmon, tuna, sarden, chia seed, minyak almond.

 

Yuk, cegah dan atasi endometriosis sejak dini demi menjaga kesehatan reproduksi.

 

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi