Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

6 Hal Ini Bikin Anak Semangat Hadapi Ujian Online

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 6 April 2020 | 16:22 WIB
School from home | SHUTTERSTOCK

 

Pandemi COVID-19 membuat anak sekolah harus menjalani ujian sekolah dari rumah (ujian sekolah online) yang kini tengah berlangsung. Ada kalanya anak menjadi bosan dan kurang semangat belajar. Yuk, Bunda motivasi mereka agar tetap semangat menghadapi ujian dan hasilnya sesuai harapan.

 

1.Susun Jadwal Belajar yang Disepakati Bersama

Setelah mengetahui jadwal ujian, ajak anak untuk menyusun jadwal belajar bersama. Sepakati kapan anak mulai belajar setiap hari dan berapa lama.

Sebisa mungkin dampingi anak saat belajar dan bantu setiap mereka mengalami kesulitan agar anak tidak merasa sendirian menghadapi masalahnya.

Bantu anak saat belajar. | SHUTTERSTOCK

 

2.Biasakan Pembelajaran Online

Jika anak biasanya belajar secara konvensional, kali ini harus belajar secara online yang bisa menimbulkan kendala.

Berikan informasi penggunaan gadget ujian, bagaimana membuka link ujian, petunjuk dan aturan mengisi soal, mengetahui batas waktu pengerjaan soal, dan sebagainya. Pastikan anak merasa nyaman dan percaya diri saat mengerjakan ujian sekolah online.

 

Baca juga: Anak Kesulitan Belajar, Lakukan 7 Hal Ini

 

3.Tidur dan Bangun Tepat Waktu

Meski ujian dari rumah, bukan berarti aktivitas harian jadi semaunya. Pastikan anak tidak tidur kemalaman, misalnya jam 08.30. Dengan begitu anak bisa bangun tepat waktu dalam kondisi segar dan siap untuk menghadapi ujian.

 

4.Sarapan Bergizi

Sarapan bergizi penting agar anak fokus belajar. | SHUTTERSTOCK

Bunda, ini penting sekali dilakukan sebelum mengerjakan ujian. Mengonsumsi sarapan bergizi membuat tubuh anak lebih berenergi dan anak lebih bisa berkonsentrasi.

 

Baca juga: 8 Nutrisi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

5.Tempat Ujian yang Nyaman

Hindari anak mengerjakan ujian di ruangan terbuka yang ramai karena bisa memecah fokusnya. Sediakan ruangan yang nyaman dengan meja dan kursi sehingga anak nyaman mengerjakan soal.

 

6.Beri Semangat dan Dukungan

Berikan reward kecil untuk merayakan keberhasilan anak. | SHUTTERSTOCK

Pantau anak selama ujian. Pastikan tools sudah berfungsi dengan baik dan koneksi internet berjalan lancar.

Beri semangat dan dukungan agar anak merasa bersemangat. Tak ada salahnya memberikan reward kecil setiap anak berhasil menyelesaikan ujian, misalnya membuatkan camilan favoritnya.

 

Dukungan ayah dan bunda tentu menjadi suntikan motivasi dan keberhasilan belajar anak-anak.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi