I think the girl who is able to earn her own living and pay her own way should be as happy as anybody on earth. The sense of independence and security is very sweet.
Susan B. Anthony

Si Kecil Derita Eksim? Ini 5 Aturan Mandi yang Harus Dipatuhi

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 1 Agustus 2020 | 12:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Eksim atau dermatitis atopik bisa memburuk salah satunya karena rutinitas mandi yang kurang tepat, salah satunya kulit terlalu lama terendam air.

Anak-anak pasti senang sekali main air. Nggak heran kalau tiba saatnya mandi mereka bisa menghabiskan waktu lama untuk bermain tuang-menuang air, semprot sana-sini, main bubble bath, membawa semua mainannya, dan tentu saja berlama-lama berendam sampai kulit keriput. Anak Bunda begitu juga?

Sayangnya untuk anak yang menderita gangguan kulit eksim (dermatitis atopik) tidak bisa begitu. Berlama-lama saat mandi justru bisa membuat eksim kambuh atau memperparah kondisinya.

Lalu bagaimana aturan mandi yang harus dipatuhi agar eksim pada anak tidak mudah kambuh?

1.Batasi Waktu Mandi

Anak yang menderita eksim cukup mandi 5-10 menit saja. Paparan air dan sabun yang terlalu lama mengenai kulit membuat kelembapan kulit hilang dan mudah iritasi. Ini yang membuat eksim mudah kambuh.

 

Baca juga: Si Kecil Menderita Eksim? Kenali Gejala dan Pemicunya

 

2.Produk Mandi Aman

Anak dengan gangguan eksim sebaiknya hindari sabun atau sampo dengan kandungan parfum dan detergen yang bisa memicu kulit alergi.

Produk sabun bebas alergi, berlabel mild atau gentle, moisturizing, atau pH balance cocok digunakan.

3.Suhu-suam Kuku

Hindari menggunakan air yang terlalu hangat. Sebaiknya gunakan air suam-suam kuku. Suhu yang terlalu panas menghilangkan minyak alami di kulit.

 

Baca juga: 7 Cara Ringankan Keluhan Eksim Pada Anak di Rumah

 

4.Bilas Setengah Kering

Setelah mandi, lap tubuh perlahan dengan handuk halus tetapi cukup setengah kering saja. Hindari menggosok kulit terlalu keras.

 

Baca juga: Bunda, Ini 4 Manfaat Menakjubkan Saat Memandikan BayiBunda, Ini 4 Manfaat Menakjubkan Saat Memandikan Bayi

 

5.Gunakan Krim Eksim

Saat tubuh setengah kering, oleskan krim eksim tipis-tipis pada area yang iritasi. Kulit lembap ternyata mempercepat penyerapan krim.

Yuk, coba terapkan agar eksim si kecil nggak mudah kambuh.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi