You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Rekomendasi 5 Tanaman Hias untuk Pemula

author
Ruth Sinambela
Rabu, 2 Juni 2021 | 11:55 WIB
| Shutterstock

 

Hobi memelihara tanaman hias memang bukan sesuatu yang baru. Kakek nenek si kecil alias orang tua kita mungkin adalah salah satu pegiat tanaman hias sejak lama, bukan begitu Bun? Tapi, mungkin Bunda sendiri baru merasakan ‘booming’ kembalinya hobi yang satu ini saat kita mulai memasuki masa pandemi virus corona di Maret 2020 lalu.

Siapa saja, nih, yang sudah mulai hobi satu ini? Bunda? Atau, mungkin si Ayah yang lebih menggandrunginya? Kalau Bunda dan pasangan sudah mulai menekuni hobi ini, mungkin Bunda bisa berbagi artikel ini kepada teman-teman yang baru mau memulai. Tapi, jika Bunda merupakan salah satu yang baru mau mulai, artinya Bunda sedang membaca artikel yang tepat!

Yuk, langsung saja kita bahas 5 tanaman hias atau houseplant yang bisa jadi pilihan tepat untuk memulai hobi yang banyak manfaatnya ini!

1.Lidah Mertua (Sansevieria)

| Shutterstock

Unik, ya, nama tanaman yang satu ini. Katanya sih dinamai lidah mertua karena bentuknya yang panjang dan ujungnya runcing serta tajam, seperti… ‘lidah’ seorang mertua. Setuju nggak Bun? Semoga mertua Bunda nggak begitu ya, amin.

Kembali ke soal hobi, tanaman yang satu ini memang jadi pilihan pertama yang tidak akan mengecewakan saat dirawat di rumah. Mereka cenderung ‘bandel’ dan nggak ngerepotin. Dapat bertahan hidup dalam segala kondisi. Baik itu di dalam ruangan atau di bawah terik panas matahari.

Selain itu, Bunda juga tidak perlu takut lupa menyiram tanaman ini. karena dengan sedikit air pun lidah mertua tidak akan lekas layu apalagi mati. Tapi, tetap perhatikan perawatannya ya Bun. Bagaimanapun tanaman juga makhluk hidup yang perlu ‘makanan’. Siram dan jemur 10-14 hari sekali jika tanaman yang punya nama lain snake plant ini diletakkan di dalam rumah.

 

Baca juga: Plant Parent, Ini 5 Tanaman Hias Anti RIbet Plus Rekomendasi 5 Nursery

 

2.Philo Marble

| Shutterstock

Daunnya terlihat cukup sederhana, hijau tanpa corak maupun bentuk yang unik. Tapi jika dirawat dengan baik, tanaman yang satu ini akan tumbuh subur dan melahirkan daun bar uterus menerus sehingga susunan daunnya jadi indah.

Selain itu, seperti namanya philo marble, daun tanaman ini tipenya licin dan cenderung mengkilap, apalagi jika dibersihkan secara berkala. Philo marble terdiri dari beberapa ukuran, ada yang sangat besar ada juga yang cukup kecil untuk diletakkan di atas meja. Setelah dipisahkan dari indukan dan dirawat hingga sehat dan kuat, philo marble relatif mudah dirawat sehingga cocok bagi pemula.

Bunda bisa meletakannya di teras yang teduh atau di taman yang terkena sinar matahari penuh. Siram 2-3 hari sekali dan beri pupuk 2 minggu sekali.

3. Janda Bolong (Monstera Adansonii)

| Shutterstock

Ada cukup banyak jenis monstera janda bolong. Nah, sebagai pemula, yang akan kita bahas di sini adalah janda bolong biasa yang harganya relatif murah ya Bun. Bukan janda bolong jenis monstera obliqua yang lubang daunnya lebih besar, maupun janda bolong variegata yang harganya telah menyentuh angka ratusan juta Rupiah.

Monstera adansonii atau janda bolong biasa ini bisa Bunda dapatkan dengan harga puluhan ribu saja kok. Meski begitu, tanaman yang satu ini tetap akan membuat pojokan ruang tamu di rumah Bunda jadi terlihat cantik dan estetik.

Janda bolong yang satu ini juga mudah dirawat. Di dalam maupun di luar rumah, dapat sedikit air maupun dibiarkan bebas terkena hujan, tidak jadi masalah untuknya. Jika terus menerus dirawat dengan baik, janda bolong relatif mudah melahirkan daun baru dan akan merambat tinggi.

 

Baca juga: 6 Tanaman Indoor Terbaik Untuk Bersihkan Udara

 

4. Syngonium Pink

| Shutterstock

Ada puluhan variasi jenis tanaman cantik yang satu ini, terdiri dari beberapa warna cantik seperti pink, orange, putih dan hijau. Ukurannya terdiri dari setidaknya 2 pilihan, yakni syngonium mini dan ukuran normal. Karena banyaknya jenis tanaman ini, beberapa di antaranya cenderung sulit ditemukan sehingga jadi langka dan harganya tinggi.

Jenis syngonium yang sangat direkomendasikan adalah syngonium pink. Seperti namanya, daun tanaman ini berwarna merah muda lembut. Tapi, perlu Bunda ketahui bahwa di dalam 1 batang tanaman akan ada daun berwarna hijau juga, tidak semuanya pink.

Merawatnya juga relatif mudah, tidak ada trik tertentu yang perlu dilakukan saat merawat tanaman ini. lakukanlah perawatan normal seperti menyirap 2x dalam seminggu, menjemurnya beberapa jam di pagi hari, dan beri pupuk setidaknya 1 bulan sekali.

 

Baca juga: Wajib Tahu! 34 Istilah Berkebun Buat New Plant Parent

 

5.Aglonema Lipstick

| Shutterstock

Aglonema sedang jadi primadona di 2020 lalu dan tetap menarik hati banyak peminat tanaman di 2021 ini. Aglonema juga punya cukup banyak jenis, dan sebagai pemula, Bunda dapat memilih aglonema lipstick yang harganya masih relatif murah dan perawatannya juga mudah.

Tidak berbeda jauh dengan 4 tanaman hias lainnya yang sudah kita bahas di atas, tanaman ini juga membutuhkan 3 hal esensial dalam perawatannya. Yaitu cukup air dengan disiram 2x dalam seminggu, dijemur di bawah sinar matahari pagi yakni sebelum jam 10 dan dalam durasi tidak terlalu lama (karena daunnya dapat terbakar), serta diberi pupuk minimal 1 kali dalam sebulan.

 

Nah, setelah membaca artikel ini, tanaman apa yang langsung Bunda beli? Share di sosial media Bunda dan tag akun @kanyaid ya untuk berbagi cerita tentang tanaman hias yang cantik ini. Hobi yang dapat jadi terapi untuk meredakan stres, memperindah rumah, membantu menghasilkan udara bersih dan tentunya mudah dirawat!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi