If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Mendengar Musik Ternyata Membantu Kemampuan Bicara Anak

author
Ruth Sinambela
Rabu, 1 Desember 2021 | 10:55 WIB
Musik Membantu Kemampuan Bicara Anak | Shutterstock

Mengenalkan musik pada anak sejak dini, selain bermanfaat untuk menghiburnya ketika menangis atau bosan, ternyata juga memiliki banyak manfaat lain untuk tumbuh kembangnya. Apa saja sih, manfaat yang didapat dari bermusik? Salah satunya adalah meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak. Selain itu, masih banyak lagi manfaat musik untuk tumbuh kembang si kecil. Berikut ini beberapa manfaat musik bagi si kecil, beserta penjelasannya untuk Bunda.

Baca Juga: 6 Tips Mengenalkan Musik pada Bayi

Manfaat musik klasik untuk bayi

Sejak si kecil masih di dalam kandungan, Bunda dapat menstimulasi perkembangannya dengan memperdengarkan musik klasik. Musik klasik dipercaya dapat merangsang perkembangan otak bayi sehingga lebih optimal. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bayi-bayi prematur yang diberikan stimulasi musik klasik mengalami pertambahan berat badan yang lebih signifikan daripada yang tidak. Ini karena musik klasik membuat bayi merasa lebih nyaman, sehingga bisa tidur nyenyak.

Memperkenalkan Musik Pada Anak Sejak Dini Dapat Dimulai Sejak Masih di Dalam Kandungan | Shutterstock

Musik meningkatkan kemampuan kognitif si kecil

Musik pertama yang dikenal oleh anak sebenarnya adalah suara Bunda sendiri. Ketika masih di dalam perut Bunda, ia mendengarkan suara Bunda mengajaknya bicara atau menyanyikan lagu untuknya. Paparan musik berulang dari Bunda akan meningkatkan kemampuan si kecil dalam mengolah kata. Apabila ditambah dengan memperdengarkan musik secara rutin, maka kemampuan bicaranya akan meningkat. Seiring bertambahnya usia si kecil, kemampuan membaca, menulis, dan berhitungnya pun akan bertambah.

Baca Juga: Bunda, Ini Tahapan Perkembangan Bicara Bayi Hingga Balita

Musik meningkatkan jumlah sel-sel otak anak

Mendengarkan musik, terlebih lagi belajar memainkannya, sangat berpengaruh bagi perkembangan sel-sel otak anak, Bun. Penelitian menyebutkan bahwa jumlah sinaps, atau hubungan antar sel otak, pada anak yang aktif bermusik jauh lebih banyak dibandingkan yang tidak. Sinaps berfungsi untuk mengatur aktivitas antar kedua otak, yaitu otak kanan dan kiri. Dengan memiliki lebih banyak sinaps, maka kerja otak anak menjadi lebih cepat, efektif, dan kreatif.

Belajar Memainkan Alat Musik Meningkatkan Kepercayaan Diri Juga Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak | Shutterstock

Musik meningkatkan rasa percaya diri, juga membentuk karakter anak

Dengan bermusik sejak dini, si kecil dapat lebih optimal dalam mengembangkan karakternya. Musik dengan harmoni yang indah didapatkan dari koordinasi dan kerja sama yang baik dari pemusik yang memainkannya, begitu pula si kecil akan membentuk dirinya dengan memainkan musik, seiring pertambahan usianya. Anak yang aktif bermusik juga akan menjadi anak yang lebih berani juga percaya diri, karena dalam bermusik anak-anak diajarkan untuk tidak takut salah. Selain itu, berlatih musik juga akan membentuk kedisiplinan dan tanggung jawab pada anak.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengembangkan Bakat Anak yang Bisa Bunda Lakukan Sekarang

Wah, banyak sekali manfaat musik untuk si kecil ya, Bun. Apabila Bunda tertarik untuk mengenalkan musik pada si kecil, mulailah dengan hal sederhana, seperti menyanyikannya lagu pengantar tidur setiap malam. Bagi si kecil, harmoni suara Bunda adalah melodi terindah yang ia dengar untuk pertama kalinya di dunia, dan untuk selamanya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela