When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Trik Ampuh Menidurkan Bayi dengan Cara 5S

author
Ruth Sinambela
Selasa, 22 Februari 2022 | 10:59 WIB
Dengan Mahir Menidurkan Bayi Maka Jam Istirahat Bunda Bisa Lebih Berkualitas | Shutterstock

Menidurkan si kecil memang susah-susah gampang, Bun. Kalau hari ini mudah menidurkannya, belum tentu besok begitu lagi. Walaupun, banyak juga bayi yang justru mudah sekali tidur tanpa harus banyak pakai jurus.

Menurut Harvey Karp, cara terbaik menenangkan bayi yang rewel adalah dengan membuat nuansa, gerakan, suara, serta lingkungan yang sama seperti saat ia masih di dalam kandungan. Dalam bukunya, The Happiest Baby on the Block, Harvey Karp memang khusus mengembangkan strategi 5S yang didesain untuk membuat bayi merasa nyaman seperti masih di dalam kandungan Bunda.

Apa sih, 5S? 5S adalah swaddle, side atau posisi perut, shush, swing (ayun), dan suck (hisap). Bunda pasti sudah pernah melakukan beberapa, maupun semua jurus 5S ini. Namun, tak ada salahnya Bunda lebih memperdalam ilmu dan mempelajari triknya, agar semakin mahir menidurkan si kecil di rumah. Yuk, simak pembahasannya!

Baca Juga: Bunda, Jangan Sampai Ada 5 Benda Ini di Box Atau Tempat Tidur Bayi, ya!

Swaddle

Swaddle atau membungkus bayi, yang lebih dikenal dengan membedong bayi, sebaiknya dilakukan setiap kali tiba waktunya si kecil tidur ya, Bun. Jangan lakukan swaddle saat si kecil sedang bangun dan merasa nyaman. Dan jangan lupa untuk memastikan ada cukup ruang untuk kakinya bergerak. Bunda sudah tak perlu melakukan swaddle lagi setelah si kecil berusia 4 atau 5 bulan.

Teknik Swaddle Sangat Dianjurkan untuk Menidurkan Bayi yang Masih Berusia Kurang dari 4 Bulan | Shutterstock

Side atau posisi perut

Bayi yang baru lahir akan merasa jauh lebih aman dan nyaman saat berbaring di salah satu sisi tubuhnya atau bertumpu pada perut. Posisi ini sangat baik untuk menenangkan anak, tapi tetap saja jangan biarkan anak tidur dengan posisi ini ya, Bun. Setelah si kecil nyaman dan tidur, Bunda dapat segera memperbaiki posisi tidurnya.

Baca Juga: Tips Menidurkan Bayi Dalam Satu Menit

Shush

Shush adalah suara menenangkan yang Bunda buat berulang-ulang untuk si kecil. Cara ini dinilai sangat ampuh untung menenangkan dan menidurkan bayi, Bun. Bahkan sejak si kecil masih berada di dalam kandungan, ia akan tidur lebih nyenyak di lingkungan yang berisik. Namun tentu saja tidak semua bunyi-bunyian memiliki efek yang sama. Bunda cukup membisikkan "Shush shush" saat sedang mendekapnya dalam pelukan.

Swing

Swing di sini bukan hanya sebatas mengayun ya, Bun. Swing berarti menggoyangkan badan anak yang sudah dibungkus (swaddle) dengan menggetarkan tubuhnya dengan tempo cepat namun pendek-pendek. Cara ini jauh lebih ampuh dibanding menggoyangkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri.

Ayunan Sangat Ampuh untuk Menidurkan Bayi lho, Bun! | Shutterstock

Suck

Suck berarti hisap. Bunda hanya harus memberikan si kecil sesuatu untuk dihisap agar ia rileks dan tenang. Boleh berupa jempol atau pacifier.

Baca Juga: Tips Pangeran William Bikin Anak-anaknya Cepat Tidur di Malam Hari

Jangan cepat menyerah ya, Bun. Lakukanlah setiap kali akan menidurkan si kecil, nantinya lama-kelamaan Bunda dan si kecil akan terbiasa, sehingga waktu menidurkan si kecil pun akan menjadi waktu yang mudah dan menyenangkan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela