When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Bunda Harus Tahu, Paternity Leave atau Aturan Hak Cuti Melahirkan bagi Suami di Indonesia

author
Ruth Sinambela
Senin, 28 Maret 2022 | 15:36 WIB
Keberadaan dan Andil Ayah dalam Merawat Buah Hati yang Baru Lahir Sangat Penting untuk Pemulihan Bumil dan Tumbuh Kembang Si Kecil | Shutterstock

Bukan hanya untuk Bunda yang melahirkan, ternyata Ayah juga memiliki hak cuti melahirkan tanpa mengurangi jatah cuti tahunan, maupun potong gaji, lho. Peraturan ini diatur di dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003, Bun. Bila untuk Bunda disebut maternity leave, cuti untuk ayah disebut paternity leave.

Beberapa negara di Eropa, seperti Norwegia, Swedia, dan Finlandia, sudah banyak yang memberikan jatah cuti melahirkan bagi para suami selama 7 sampai 16 minggu. Sedangkan di Indonesia sendiri, baru memberikan paternity leave sebanyak 2 hari kerja saja, Bun.

Baca Juga: Ini Perbandingan Cuti Melahirkan di Berbagai Negara.

Seorang Bayi Tertidur Tenang di Gendongan Sang Ayah | Shutterstock

Paternity leave di Indonesia

Kabar baiknya, setelah hangat diperbincangkan pada tahun 2017, dimana paternity leave awalnya ditujukan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), kini beberapa perusahaan besar di Indonesia juga sudah ikut menetapkan cuti melahirkan untuk para Ayah, Bun. Bahkan mulai banyak perusahaan yang menetapkan kebijakan paternity leave lebih lama dari yang dianjurkan pemerintah, lho.

Cuti melahirkan bagi para suami memang dianggap sangat penting. Tak hanya sekedar libur dan memberikan waktu luang, namun lebih dari itu, pemerintah berupaya untuk memberikan pendampingan bagi para Bunda lewat kehadiran suami di masa terpenting ini, Bunda.

Baca Juga: Fakta Menarik Cuti Melahirkan di Berbagai Negara

Manfaat paternity leave

Suami Istri yang Saling Membantu dan Mendukung dalam Merawat Buah Hati yang Baru Lahir | Shutterstock

Semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya paternity leave untuk para suami, tentu di latar belakangi oleh banyaknya manfaat, juga timbal balik yang didapat oleh perusahaan dan karyawan, Bun. Manfaat apa saja sih, yang membuat perusahaan semakin menyadari pentingnya paternity leave?

  • Karyawan lebih loyal, dan bersemangat saat bekerja.
  • Image perusahaan semakin positif di mata karyawan dan masyarakat.
  • Produktivitas dan kreativitas karyawan meningkat
  • Menarik banyak kandidat untuk bergabung dengan perusahaan

Di sisi lain, manfaat terbaik yang bisa didapat oleh para suami yang mendapatkan paternity leave, adalah sebagai berikut!

  • Memberikan dukungan dan perhatian penuh bagi istri, sehingga ikatan suami-istri semakin kuat.
  • Mencegah depresi pada ibu melahirkan, dengan hadir dan membantu merawat buah hati.
  • Membangun ikatan dan tumbuh kembang yang baik bagi si kecil. Hal ini didasari oleh penelitian yang membuktikan bahwa peran ayah di hari pertama kehidupan bayi dapat meningkatkan kecerdasan emosional, Bun!

Baca Juga: 7 Cara Mempersiapkan Diri untuk Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

Bagaimana dengan Bunda dan Ayah, sudahkah perusahaan tempat Bunda atau Ayah bekerja memberikan fasilitas paternity leave? Semoga sudah, ya!

Kanya doakan semoga Bunda dan Ayah yang tengah menantikan kehadiran buah hati, maupun yang baru saja menyambut kelahiran buah hati tercinta, dapat memiliki waktu-waktu berkualitas bersama, ya! Selamat menikmati menjadi orang tua, dan semoga selalu sehat dan bahagia, Bunda, Ayah juga buah hati tercinta.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela