Don’t compromise yourself. You are all you’ve got. There is no yesterday, no tomorrow, it’s all the same day.
Janis Joplin

7 Cara Mempersiapkan Diri untuk Kembali Bekerja Setelah Cuti Melahirkan

author
Isna Triyono
Kamis, 10 Januari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kembali bekerja setelah cuti melahirkan, bisa membuat beberapa ibu grogi dan cemas.

Rasa grogi mungkin karena cukup lama meninggalkan segala pekerjaan kantor dan cemas soal bagaimana nanti bayi di rumah selama kamu tinggal seharian.

Tetapi, jika dipersiapkan dengan baik, kembali bekerja setelah cuti melahirkan akan menjadi hal yang mudah.

Berikut 7 cara mempersiapkan diri untuk kembali bekerja setelah cuti melahirkan.

1. Beli Pakaian Kerja Baru

Setelah hamil dan melahirkan, bentuk tubuh kamu pasti mengalami perubahan. Belilah 1-2 baju kerja baru untuk menunjang penampilan dan membuat kamu semakin bersemangat kembali bekerja.

Baca juga: Do’s and Don’ts Menggunakan Media Sosial Ketika Sedang Mencari kerja

2. Upgrade Pengetahuan

Mungkin setelah beberapa lama sibuk mengurus bayi, kamu skip beberapa perkembangan baru, terutama yang berkaitan dengan bidang pekerjaan kamu. Sebelum hari pertama kembali bekerja datang, sebaiknya upgrade pengetahuan kamu tentang segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan kamu.

3. Makan Siang Dengan Teman Kerja

Hal ini sangat berguna untuk semakin menumbuhkan motivasi kamu untuk kembali bekerja. Selain itu, makan siang bareng teman kerja juga mengikis rasa canggung saat kembali bekerja nanti.

4. Siapkan Strategi Soal Penitipan Anak

Hal ini harus dilakukan jauh-jauh hari. Putuskan soal apakah bayi kamu akan diasuh oleh kerabat, menyewa baby sitter, atau dititipkan di penitipan anak yang dipercaya. Dengan menyiapkan hal ini jauh-jauh hari, perasaan was-was meninggalkan anak akan terkikis.

SHUTTERSTOCK |

5. Atur Waktu Me Time

Saat kembali bekerja, kamu bisa punya sedikit waktu untuk me time. Entah itu kabur sejenak ke salon saat jam makan siang atau sedikit pulang terlambat karena ingin makan malam di luar.

Memiliki me time membuat kamu fokus dan memiliki energi tambahan saat kembali bekerja dan juga mengasuh anak.

Baca juga: 9 Manfaat Yoga untuk Mencari Kerja

6. Simpan Foto dan Video Bayi Sebanyak-banyaknya

Foto dan video ini bisa menjadi obat rindu ketika kamu di kantor dan tiba-tiba teringat dengan bayi di rumah. Jika justru ada perasaan sedih saat melihat foto dan video, kuatkan dalam hati bahwa ini merupakan perjuangan kamu untuk memberi kehidupan anak yang lebih baik.

7. Keep in Touch Dengan Working Mom Lainnya

Banyak bicara dan sharing pengalaman dengan working mom lainnya agar kamu enggak merasa sendiri. Ini juga bisa mengurangi rasa bersalah kamu meninggalkan anak di rumah untuk bekerja.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono