You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Mengenal Penyakit Alopecia Areata yang Diderita Jada Smith

author
Ruth Sinambela
Selasa, 29 Maret 2022 | 11:25 WIB
Will Smith dan Jada Pinkett Smith Saat Menghadiri Red Carpet Piala Oscar 2022 |

Panggung Piala Oscar yang diselenggarakan di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Senin (28/3/2022) waktu Indonesia, menyisakan cerita mengejutkan, Bun. Pasalnya semalam, aktor kawakan Will Smith terekam menaiki panggung Oscar kemudian memukul dengan keras teman sejawatnya, Chris Rock yang tengah membacakan nominasi.

Chris Rock yang saat itu merupakan presenter Piala Oscar sangat terkejut sampai bingung di atas panggung, ia menyampaikan bahwa leluconnya merupakan lelucon positif atau baik, dan bukannya untuk menyakiti siapa pun.

Namun apa daya, kalau diakui Will Smith bahwa situasi tak menyenangkan itu terjadi karena emosinya tersulut usai Chris Rock menjadikan kondisi medis istrinya, Jada Pinkett Smith, yang kini botak karena penyakit autoimun alopecia areata yang dideritanya, sebagai bahan guyonan.

Baca Juga: Sering Lelah Tanpa Sebab, Bisa Jadi Gejala Penyakit Autoimun

Will Smith meminta maaf

Will Smith sendiri telah menyampaikan permintaan maaf terbuka kepada Chris Rock, segenap penyelenggara Piala Oscar, dan penonton di seluruh dunia, mengenai tindakan kekerasan yang dilakukannya, lewat sebuah surat terbuka yang diposting di instagram pribadinya, Bun.

Ia mengakui bahwa apa pun alasannya, kekerasan bukanlah hal yang dapat dibenarkan. Karena itu ia meminta maaf dengan tulus.

Will Smith Memukul Chris Rock di Atas Panggung Piala Oscar |

Penyakit alopecia areata yang dialami Jada Pinkett Smith

Menilik lebih jauh mengenai penyakit yang diderita oleh istri dari aktor kelas atas, Will Smith, yang juga menerima penghargaan sebagai aktor pemeran utama terbaik di Piala Oscar 2022 atas perannya dalam film King Richard. Rupanya penyakit autoimun ini telah diderita oleh Jada Pinkett Smith sejak 2018 lalu, Bun. Hal ini diceritakannya lewat acara Facebook Watch-nya, Red Table Talk, di tahun yang sama.

"Saya mengalami masalah dengan rambut rontok," ujar Pinkett Smith seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (28/3/2022).

"Itu menakutkan ketika pertama kali terjadi. Suatu hari saya sedang mandi dan hanya memiliki segenggam rambut di tangan saya dan saya seperti, 'Ya Tuhan, apakah saya akan botak?'," ungkapnya. Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa berdamai dan sampai ke tahap menerima kondisi tersebut, bagi seseorang yang mengalaminya sendiri, Bun.

Hal ini mungkin yang menjadi alasan pula mengapa Will Smith, suaminya, merasa marah ketika Chris Rock menggunakan kondisi kebotakan Jada Pinkett Smith sebagai bahan lelucon di atas panggung Piala Oscar.

Baca Juga: 4 Cara Paling Efektif Mengatasi Rambut Rontok

Film King Richard yang Dibintangi Will SMith dan Membuatnya Meraih Penghargaan Kategori Aktor Pemeran Utama terbaik Piala Oscar 2022 | King Richard Movie

Berkenalan dengan penyakit autoimun alopecia areata

Alopecia areata adalah suatu kondisi medis yang menyebabkan kebotakan atau kerontokan rambut yang disebabkan oleh penyakit autoimun, Bun. Pada alopecia areata, sistem imun menyerang dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan kerontokan dan kebotakan. Tanda awal dari penyakit ini adalah kulit kepala botak dengan bentuk pitak.

Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti mengapa sistem imun dapat menyerang dan merusak folikel rambut hingga mengakibatkan kebotakan parah bahkan menyeluruh. Akan tetapi, ada dugaan yang menyatakan bahwa kondisi ini dipicu oleh infeksi virus, trauma, perubahan hormon, serta stres fisik atau psikis.

Beberapa faktor berikut ini disebut juga dapat meningkatkan risiko alopecia areata pada seseorang, Bunda:

  • Memiliki orang tua atau keluarga dekat yang menderita alopecia areata atau penyakit autoimun lainnya
  • Menderita gangguan kromosom, seperti down syndrome 
  • Menderita kekurangan vitamin D, asma, dermatitis atopik, SLE (systemic lupus erythematosus), vitiligo, atau penyakit tiroid, seperti penyakit hashimoto dan penyakit graves 

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit alopecia areata. Meski begitu, menyuntikkan steroid yang diresepkan oleh dokter dapat meminimalisir kondisi kerontokan, seperti yang pernah dilakukan pula oleh Jaden Pinkett Smith, saat mengetahui kondisi medisnya tersebut. 

Baca Juga: Hati-Hati, Gaya Rambut Kuncir Kuda Bisa Bikin Sakit Kepala

Apabila Bunda merasa tengah mengalami kerontokan rambut yang parah sekali, misalnya hingga membentuk pola pitak di kepala, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh ya, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela