The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Perlukah Tambahan Suplemen untuk Mencukupi Kebutuhan Kalsium Si Kecil?

author
Ruth Sinambela
Selasa, 5 April 2022 | 11:14 WIB
Kekuatan Tulang dan Perumbuhan Tulang Anak Sangat Dipengaruhi oleh Kalsium di Dalam Tubuh | Shutterstock

Kalsium menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Bisa didapat dari berbagai sumber makanan sehari-hari, apakah anak-anak tetap perlu atau harus mengonsumsi suplemen kalsium? Yuk, simak pembahasannya berikut ini, Bun.

Baca Juga: 8 Makanan Yang Kandungan Kalsiumnya Lebih Banyak Daripada Susu

Manfaat kalsium bagi tumbuh kembang anak

Selain sangat dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung fungsi saraf, otot, membantu mempercepat pembekuan darah, mengaktifkan enzim yang dibutuhkan untuk mengubah zat gizi menjadi energi, juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, anak-anak yang mendapatkan cukup kalsium dalam pertumbuhannya, maka akan memiliki tulang yang kuat hingga dewasa nanti, selain juga terhindar dari penyakit rakhitis, Bunda.

Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi | Shutterstock

Kebutuhan kalsium anak

Berikut ini merupakan Angka Kebutuhan Gizi (AKG) kalsium yang harus dipenuhi oleh setiap anak sesuai usianya, Bunda.

  • Untuk usia 1-3 tahun, anak membutuhkan 500 mg kalsium per hari.
  • Untuk usia 4-9 tahun, anak membutuhkan 1000 mg kalsium per hari.
  • Untuk usia 10-18 tahun, anak membutuhkan 1200 mg kalsium per hari.

Baca Juga: Pentingnya Kalsium dan Vitamin D Bagi Perempuan 20 Tahunan

Sumber kalsium anak

Sebenarnya, kebutuhan kalsium sehari-hari anak dapat dipenuhi dari makanan dan susu yang dikonsumsi. Pada segelas susu misalnya, mengandung 300 mg kalsium. Anak juga akan mendapat tambahan kalsium dari makanan seperti sayuran, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kalsium juga bisa ditemukan pada yoghurt, keju, sereal, roti, dan oatmeal, yang rata-rata kandungan kalsiumnya adalah 250-350 mg dalam satu porsinya, Bunda.

Perlukah suplemen untuk memenuhi kecukupan kalsium anak?

Sebenarnya suplemen kalsium pada anak tidak terlalu diperlukan, Bunda. Bahkan berbagai penelitian yang dilakukan di seluruh dunia menyimpulkan bahwa anak tidak mendapatkan banyak manfaat dari konsumsi suplemen kalsium dan makanan olahan yang diperkaya dengan kalsium.

Pada dasarnya, asupan kalsium anak sebaiknya didapat dari makanan dan susu, baik ASI maupun susu formula, yang dikonsumsinya setiap hari, Bun. Dengan mendapatkan nutrisi yang seimbang, maka penyerapan kalsium pada tubuh anak juga akan baik dan tentu si kecil akan lebih merasakan manfaatnya.

Apabila Kekurangan Kalsium Anak Dapat Mengalami Hipokalsemia | Shutterstock

Baca Juga: Perlukah Anak Diberi Suplementasi Vitamin D?

Namun, di sisi lain, ada juga anak-anak yang memang membutuhkan tambahan kalsium, atas saran dan rekomendasi dokter ahli. Tentu kebutuhannya pun berbeda-beda, oleh karena itu, Bunda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis anak, juga dokter ahli gizi, untuk menentukan apakah si kecil memang memerlukan suplemen kalsium atau tidak, ya. Jangan sampai menebak-nebak sendiri, karena kondisi dan riwayat kesehatan setiap anak tentu berbeda, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela