I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Manfaat Luar Biasa Sinar Matahari Pagi untuk Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Selasa, 26 April 2022 | 11:46 WIB
Beraktivitas di Luar Ruangan di Pagi Hari yang Cerah Bersama Keluarga Besar | Shutterstock

Bukan hanya membantu tubuh untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, sinar matahari ternyata memiliki banyak manfaat lainnya, lho! Khususnya bagi si kecil, sinar matahari sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya, Bun. Ini dia alasannya!

Memproduksi vitamin D alami di dalam tubuh

Tentu sudah banyak Bunda yang memahami betapa pentingnya sinar matahari untuk mencukupi kebutuhan vitamin D di masa tumbuh kembang si kecil, bukan?

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Meskipun vitamin D bisa didapat dari makanan, namun sinar matahari tetap sangat penting karena bisa merangsang produksi vitamin D alami di dalam tubuh si kecil, Bun. Tubuh akan memproduksi vitamin D alami dengan membakar kolesterol yang ada di sel-sel kulit. Karena itulah, paparan sinar matahari di pagi hari sangat dibutuhkan untuk menjaga kadar vitamin D dalam tubuh anak.

Mengajak si kecil berjalan pagi setiap hari sangat baik untuk menyerap vitamin D | Shutterstock

Meningkatkan mood belajar dan konsentrasi anak

Memang benar dengan sinar matahari pagi yang masuk dari jendela kelas atau ke ruang belajar anak, dapat meningkatkan semangat dan mood belajar, serta meningkatkan konsentrasinya lho, Bun.

Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian Maruani and Geoffroy, mengenai cahaya terang matahari yang memiliki dampak penting pada otak, khususnya dalam proses pembentukan sinapsis baru, serta meningkatkan fokus dalam mempelajari hal baru.

Baca Juga: Perlukah Anak Diberi Suplementasi Vitamin D?

Penelitian yang dilakukan tahun 2019 ini juga menyebutkan bahwa terapi sinar matahari dapat menjadi terapi bagi gangguan depresi, karena terbukti dapat meningkatkan mood seseorang, bahkan hingga meningkatkan konsentrasi, termasuk pada anak-anak.

Memperbaiki siklus tidur si kecil

Rutinlah mengajak si kecil berjemur dan beraktivitas di bawah sinar matahari pagi, karena hal ini sangat baik dalam mengatur ritme sirkadian anak. Ritme sirkadian adalah jam tubuh yang menentukan siklus tidur dan bangun pada manusia. Dengan memiliki ritme sirkadian yang baik, maka kebiasaan tidur si kecil akan teratur.

Mengajak anak berolahraga setiap pagi sangat baik untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya | Shutterstock

Memproduksi hormon serotonin

Menurut penelitian, anak-anak yang gemar beraktivitas di pagi hari cenderung lebih bahagia dan tidak mudah cemas, Bunda. Hal ini berkaitan dengan paparan sinar matahari pagi yang membantu produksi serotonin di dalam tubuh. Serotonin merupakan pembawa pesan kimia di otak atau disebut juga neurotransmitter, yang berfungsi untuk mengatur suasana hati dan emosi.

Manfaat hebat lain dari sinar matahari pagi

Dengan memproduksi vitamin D alami di dalam tubuh, itu artinya sinar matahari telah ikut serta dalam memberikan banyak manfaat berikut ini, Bunda!

  • Membantu penyerapan kalsium dan fosfor
  • Membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan otot
  • Memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi 
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Membuat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan normal

Baca Juga: Sering Lelah? Bisa Jadi Kekurangan Vitamin D

Tunggu apa lagi. Segeralah ajak si kecil beraktivitas di pagi hari, agar tumbuh kembangnya optimal, dengan cukup mendapat asupan sinar matahari pagi ya, Bunda!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela