The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Beberapa Negara Ini Sudah Mulai Menerima Turis Asing Pasca Pandemi, Bun!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 19 Mei 2022 | 11:08 WIB
Vaksin Booster Menjadi Salah Satu Syarat untuk Melakukan Perjalanan Internasional Pasca Pandemi | Shutterstock

Semakin terkendalinya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia dan dunia, kini mulai menggerakkan kembali sektor-sektor pariwisata lokal maupun internasional favorit Bunda dan keluarga, nih!

Kabar baik bagi Bunda yang sudah menantikan dibukanya kembali perjalanan luar negeri, setelah hampir 3 tahun pembatasan-pembatasan diberlakukan akibat pandemi, kini beberapa negara berikut ini telah kembali menerima turis asing untuk tujuan wisata, tanpa karantina dan pembatasan lainnya lho, Bun.

Negara apa saja, sih? Dan adakah persyaratan khusus terbaru yang diperlukan untuk menerima kedatangan turis asing dengan tujuan wisata? Yuk, simak selengkapnya, Bunda.

Baca Juga: 10 Tips Anti Rewel Bawa Balita Naik Pesawat

Turki

Sudah mulai menerima turis asing sejak tahun lalu, Turki juga semakin diminati oleh turis asal Indonesia karena menawarkan bebas visa dan tanpa karantina, Bun. Ditambah lagi, naik balon udara di Cappadocia, Turki, kini sedang naik daun di kalangan para Bunda, khususnya pencinta drama seri "Layangan Putus". Its my dream too, Bun!

Italia

Bagi Bunda dan keluarga yang tabungan selama pandeminya sudah cukup banyak untuk melakukan perjalanan wisata ke Eropa, bisa memilih Italia sebagai salah satu negara yang wajib dikunjungi, nih. Italia sendiri sudah mulai melonggarkan pembatasan akibat pandemi Covid-19 sejak bulan Mei ini.

Kini, turis asing sudah tak perlu lagi mengisi formulir pencari penumpang UE (Uni Eropa) saat check-in di bandara, juga telah menghapus persyaratan izin kesehatan yang diperlukan untuk masuk ke restoran, bioskop, dan tempat wisata lainnya.

Sudah siap berwisata ke luar negeri lagi, Bun? | Shutterstock

Yunani

Terhitung sejak 1 Mei yang lalu, Yunani telah menangguhkan semua pembatasan terkait Covid-19, Bunda. Kini, turis asing yang akan mengunjungi negara Yunani sudah tak perlu lagi membawa bukti pemulihan, bukti vaksinasi, atau laporan tes negatif COVID-19. Dan menjadi salah satu negara Eropa yang melakukan segala upaya untuk kembali ke kehidupan normal seperti sebelum pandemi.

Hongkong

Sebagai salah satu destinasi favorit keluarga Indonesia, kebijakan Hongkong untuk menerima kembali turis asing tentu menjadi berita yang ditunggu-tunggu ya, Bun. Apalagi Hongkong juga termasuk salah satu negara sahabat yang menerapkan bebas visa untuk kunjungan wisata dari Indonesia.

Kabar baiknya, Hongkong memang tengah mempertimbangkan untuk menerima kembali kedatangan turis asing tanpa karantina. Walaupun sejauh ini, persyaratan karantina masih ditetapkan, dengan masa karantina yang sudah semakin berkurang yaitu 7 hari saja.

Baca Juga: Selain Patung Merlion, Ini Tempat Wisata Gratis di Singapura

Swiss

Sudah sejak awal bulan Mei ini, Swiss mulai membuka kedatangan internasional dengan tujuan wisata bagi turis asing yang telah menerima vaksin Covid-19 sebanyak 3 kali, Bun. Kini, dengan mulai diberlakukannya aturan masuk yang baru, turis asing tidak lagi diharuskan memiliki sertifikat vaksinasi atau tes PCR, seperti yang sebelumnya diperlukan sebagai persyaratan masuk.

Korea Selatan

Turis asing yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap, kini sudah bisa berkunjung ke Korea tanpa karantina, mulai 1 April 2022, Bunda. Turis asing yang dibebaskan dari aturan karantina tujuh hari ini adalah turis asing yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai syarat dan kriteria vaksin WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Selain itu, baru-baru ini pemerintah Korea Selatan juga telah mengumumkan kebijakan baru perihal ditangguhkannya bebas visa untuk kunjungan wisata Pulau Jeju dan Yangyang, yang rencananya akan kembali diberlakukan mulai awal Juni mendatang! Wah, kabar yang menyenangkan sekali bagi Bunda yang sudah tidak sabar atau malah sudah kangen berat untuk melancong ke negerinya para Oppa!

Pulau Jeju sebagai salah satu destinasi favorit karena bebas visa | Shutterstock

Negara ASEAN

Kalau Bunda dan keluarga belum mau melancong ke negara-negara yang agak jauh dari Indonesia, coba dulu untuk menjajal pariwisata di negara tetangga, Bun. Selain tidak memerlukan visa, negara-negara ASEAN juga tak kalah seru untuk dikunjungi, apalagi dengan banyaknya pilihan wisata alam dengan segala keindahan dan daya tariknya masing-masing.

Baca Juga: Catat! Ini 81 Negara Bebas Visa Untuk Paspor Indonesia

Meski kini semakin banyak negara-negara di dunia yang mulai melonggarkan persyaratan juga aturan untuk dapat masuk ke negaranya, sebaiknya Bunda tetap menjalankan protokol kesehatan yang diminta atau diperlukan, ya. Selain itu, pastikan pula ke pusat informasi atau kedutaan besar negara tujuan mengenai persyaratan dan aturan yang berlaku sebelum Bunda memastikan untuk mengunjungi negara tersebut, karena seringnya aturan di-update dan diperbaharui, Bun.

Kalau sudah begitu, yuk, segera tentukan negara mana yang ingin Bunda dan keluarga kunjungi pertama kali setelah akses turis asing dibuka lagi pasca pandemi, dan jangan lupa hunting tiket pesawatnya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela