Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Konmari, Metode Beberes Rumah Ala Marie Kondo

author
Ruth Sinambela
Jumat, 20 Mei 2022 | 15:00 WIB
Beberes Rumah dengan Metode Konmari | Shutterstock

Mulai populer sejak beberapa tahun ke belakang, metode merapikan rumah ala Marie Kondo, pakar beberes asal Jepang yang juga pernah mendapat penghargaan sebagai  The 100 Most Influentual People versi Time Magazine di tahun 2015 ini pasti sudah tak asing lagi di telinga para Bunda terutama yang memiliki hobi beberes atau merapikan rumah.

Marie Kondo sendiri dijuluki sebagai the tidiest woman in the world, yang bukunya “The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing” terjual lebih dari 5 juta copy di seluruh dunia ini, menuangkan berbagai pemikiran, tips dan cara-cara terbaik baginya untuk dapat menciptakan lingkungan atau rumah yang rapi, nyaman, juga hangat, dan tentu saja dapat diterapkan di rumah, Bun.

Marie Kondo dijuluki sebagai the tidiest woman in the world | Shutterstock

Baca Juga: Bersih-bersih Ala Marie Kondo Bikin Sehat, Lo

Bukan hanya sekedar menyortir barang dan merapikan

Marie Kondo lewat kesehariannya selalu menekankan bahwa seni beberes rumah miliknya sebenarnya bernilai lebih dari sekedar menyortir barang yang tak terpakai, membuang, dan menyusun ulang, Bun.

Karena lebih dari itu, ia selalu memberikan hati dan tujuan mulia dibalik kemampuannya ini. Yaitu sesimpel membuat diri sendiri bahagia. Dan lebih dalam lagi, kemudahan yang bisa didapat dari menyortir, membuang, dan menyusun ulang barang-barang di rumah, yaitu menyimpan dan menemukan sesuatu, apa pun itu, yang benar-benar ia sayangi, memperlihatkannya dengan bangga, dan menjadikan hidup lebih gembira dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik.

Baca Juga: Yuk, Latih Si Kecil Beres-Beres Kamar...

Metode beberes konmari mengedepankan rasa bahagia sejak dalam prosesnya, Bun | Shutterstock

Tips beberes rumah ala konmari

Ini dia beberapa hal yang wajib Bunda terapkan bila ingin mulai beberes rumah dengan  metode konmari :

  • Tentukan tujuan yang ingin dicapai, dan fokuslah dalam prosesnya.
  • Tidak membereskan rumah per-ruangan, namun bereskanlah rumah sesuai kategori barang.
  • Rapikan barang berdasarkan 5 kategori berikut secara berurutan, yaitu pakaian, buku, kertas dan dokumen, pernak-pernik, dan barang sentimental.
  • Sortir dan simpanlah barang yang benar-benar menimbulkan kebahagiaan. Tanyakan pada diri sendiri, apakah barang tersebut benar-benar membuat Bunda bahagia?
  • Lepas barang-barang yang akan disingkirkan. Bisa dengan menjual, menyumbangkan, atau memberikannya pada teman maupun saudara yang lebih membutuhkan.
  • Apabila Bunda termasuk orang yang sulit melepaskan barang-barang pribadi, cobalah dengan mengucapkan terima kasih atas jasa dan kenangan yang diberikan oleh barang tersebut sebelum melepaskannya, sehingga proses melepaskan akan terasa lebih mudah.
  • Sediakan “rumah” bagi setiap barang. 
  • Hindari menggantung pakaian di dalam lemari. Lebih baik melipat dan menyusunnya dengan rapi secara vertikal setelah dilipat, Bun.

Baca Juga: 5 Tips Membereskan Dapur

Bukan hanya lewat buku. Marie Kondo juga aktif membagikan ide dan tips beberes rumah lewat media sosial instagram pribadinya @mariekondo, yang hingga kini telah diikuti oleh lebih dari 4 juta orang, lho. Bagi Bunda yang sedang cari-cari inspirasi atau butuh dorongan untuk mulai beberes, decluttering, dan organizing barang-barang di rumah, segera saja follow dan dapatkan lebih banyak lagi tips juga inspirasi bermanfaat untuk mulai beberesnya, ya. Semangat, Bunda!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela