Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, 70 Tahun Memimpin Monarki Inggris

author
Ruth Sinambela
Senin, 6 Juni 2022 | 14:59 WIB
Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II di Inggris | AP Photo/ Richard Pohle

Pusat kota London, Inggris, tampak begitu ramai dipadati masyarakat yang bergembira merayakan Platinum Jubilee Sang Ratu, Ratu Elizabeth II pada Minggu (5/6/2022). 70 tahun sudah Ratu Elizabeth II bertahta dan menjadi pemimpin tertinggi kerajaan Inggris, setelah mewarisinya dari Sang Ayah, Raja George VI pada tahun 1952, saat usianya masih 25 tahun.

Usia yang masih sangat belia untuk diserahkan tanggung jawab sebesar menjadi pemimpin kerajaan ya, Bun!

Baca Juga: Cantik, Muda, dan Pewaris Kerajaan di Eropa

Memimpin Inggris lebih lama dari para pendahulunya

Sebagai seorang perempuan yang membawa Kerajaan Inggris menjadi seperti sekarang ini, Ratu Elizabeth II sangat pantas menjadi salah satu simbol kehebatan dan kemampuan kaum perempuan dalam kancah kepemimpinan dunia.

Bukan hanya sukses, namun seperti dilansir dari VoA Indonesia, Ratu Elizabeth II yang kini telah berusia 96 tahun itu, kenyataannya masih sangat dipercaya dan dihormati oleh seluruh rakyat Inggris, hingga saat ini, Bun. Bahkan jajak pendapat yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa mayoritas warga Inggris meyakini bahwa monarki Inggris harus dipertahankan, sementara survei terbaru Ipsos menunjukkan bahwa sembilan dari 10 responden, mendukung sang ratu untuk terus memimpin Kerajaan Inggris meski kini telah memasuki usia senja.

Secara total, terdapat 14 perdana menteri Inggris dan 14 presiden Amerika Serikat (AS) telah menjabat selama kepemimpinan Ratu Elizabeth II. Menandakan betapa panjangnya Beliau telah memimpin dan selama itu pula berhasil membawa Kerajaan Inggris menjadi salah satu kerajaan terbaik dan termaju di dunia, dalam perjalanannya yang tentu tidak mudah.

Ratu Elizabeth II telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun | AP Photo, Arthur Edwards

Pidato Penghormatan untuk Ratu Elizabeth oleh Pangeran Charles

Perayaan yang digelar selama 4 hari berturut-turut, dan dirayakan oleh seluruh masyarakat Inggris, dengan berbagai parade militer, arak-arakan, konser gemerlap, hingga misa syukur yang diadakan di Gereja Katedral St. Paul, menjadi sebuah pagelaran yang tak ada habisnya, pertama kali sejak Pandemi Covid-19 melanda dunia dan akhirnya membaik seperti sekarang ini, Bun. 

Baca Juga: Kisah Sukses Pembuat Kue Untuk Kerajaan Inggris

Bahkan serangkaian acara “Makan Siang Jubilee Besar” juga digelar di seluruh Inggris, sebagai bagian dari 16.000 pesta jalanan yang diadakan oleh masyarakat Inggris. Sementara itu, 600 acara lainnya juga dilangsungkan di berbagai belahan dunia, termasuk di Kanada, Brazil, Selandia Baru, Jepang dan Afrika Selatan.

Tak terkecuali untuk anggota kerajaan yang juga memberikan penghormatannya kepada Sang Ratu, salah satunya lewat pidato Pangeran Charles yang merupakan putra pertama Ratu Elizabeth II, yang juga menandai dimulainya konser pop di luar Istana Buckingham, Sabtu malam (4/6/2022).

“Engkau telah berjanji akan mengabdi seumur hidupmu – dan engkau terus melakukannya. Itulah sebabnya kami berada di sini,” Pangeran Charles, yang  saat ini telah berusia 73 tahun, memberi penghormatan kepada ibundanya, yaitu Sang Ratu, yang malam itu berada di kediaman Kastil Windsor di luar London.

Ratu Elizabeth II bersama anggota kerajaan saat menyapa masyarakat di balkon Buckingham Palace | dunia.tempo.co

“Engkau telah bertemu dan berbicara dengan kami. Engkau tertawa dan menangis bersama kami, dan yang paling penting, Engkau selalu ada untuk kami selama 70 tahun terakhir.” Ucapnya sebagai bentuk kebanggaan dan rasa syukur mewakili seluruh anggota keluarga kerajaan yang selama ini telah bersama-sama membantu Ratu Elizabeth II memimpin Kerajaan hingga saat ini.

Baca Juga: 7 Barang Bawaan Wajib Queen Elizabeth II Saat Traveling

Semoga sejarah panjang kepemimpinan Ratu Elizabeth II dapat menjadi sebuah inspirasi juga penyemangat, bahwa sejatinya perempuan dan laki-laki dapat menjalankan perannya, dalam segi apa pun, dan di mana pun, dengan sama hebatnya ya, Bun.

Bahwa kesetaraan gender, dan pemberian hak-hak yang setara untuk kaum perempuan selayaknya dapat  lebih disuarakan demi mendapat kesempatan yang sebesar-besarnya. Sekali lagi, Selamat 70 tahun Perayaan Platinum Jubilee kepada Yang Mulia, Ratu Elizabeth II.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela