There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Mengenal Terapi Ayurveda, Dapatkah Menyembuhkan Penyakit Kanker?

author
Ruth Sinambela
Senin, 20 Juni 2022 | 11:42 WIB
Ayurveda merupakan pengobatan kuno dari India | Shutterstock

Baru-baru ini salah satu selebritis tanah air, Marshanda, menceritakan lewat unggahan video mengenai kondisi kesehatannya, Bun. Ia menceritakan bahwa sudah sejak Desember 2021 yang lalu dirinya divonis menderita tumor payudara.

Meski merasa sedih dan khawatir, dalam videonya Marshanda mengaku telah menguatkan diri dan hati untuk menjalankan pengobatan dan mendapat kesembuhan. Namun tak hanya berobat ke dokter, kini, Marshanda yang menetap di Bali, juga menuturkan bahwa dirinya rutin menjalani terapi spiritual, yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas hidup, yaitu Terapi Ayurveda.

Baca Juga: Lebih Sehat Dengan Yoga

Berasal dari india

Terapi ayurveda sendiri merupakan salah satu teknik pengobatan kuno dari India yang berbasis tanaman obat, Bun. Kata Ayurveda berasal dari dua kata sansekerta, yaitu 'ayu' yang berarti hidup dan 'veda' atau weda yang berarti ilmu. Sehingga ayurveda dapat diartikan sebagai ilmu kehidupan.

Sistem penyembuhan ala India ini ternyata telah berkembang sejak 6.000 tahun lalu yang dibukukan oleh ahli herbal Charaka dan bedah Sushruta. Dimana praktik pengobatannya sendiri diambil dari kitab Weda.

Treatment spiritual

Marshanda dalam videonya juga sempat menjelaskan mengenai terapi ayurveda yang tengah dijalaninya tersebut. Ia mengutarakan bahwa kini dirinya tengah melakukan terapi untuk pertama-tama, lebih memfokuskan diri dalam mengobati hati dan spiritual, salah satunya dengan memaafkan peristiwa yang pernah menyakitinya.

“Di sini aku menjalani terapi di salah satu healing retreat yang fokusnya ke Ayurveda detoks dan naturopati,” ujarnya di dalam video, “Terapi ini fokus ke healing macam-macam kayak ke spiritual.”

Terapi ayurveda menggunakan bahan-bahan dari alam | Shutterstock

Dapatkah terapi ayurveda mengobati kanker?

Pada dasarnya, terapi ayurveda tidaklah memfokuskan terapi untuk penyembuhan penyakit, khususnya kanker, secara fisik, namun lebih ke penyembuhan hati dan pikiran, dimana terapi ini juga akan membentuk pemikiran positif yang nantinya dipercaya akan dapat membantu proses penyembuhan dan pengobatan pasien kanker, Bun.

Dimana dalam pandangan terapi ayurveda, kesehatan manusia pada dasarnya dipengaruhi oleh keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia itu sendiri. Sehingga secara garis besar, terapi ayurveda tidak fokus memerangi penyakit, tapi fokus pada bagaimana cara seseorang menjalani kehidupan yang sehat dan seimbang.

Baca Juga: 9 Manfaat Yoga untuk Mencari Kerja

Praktek terapi ayurveda

Seperti dilansir dari Alodokter, praktek terapi ayurveda dimulai dengan menemukan kombinasi elemen yang mengontrol tubuh pasien. Kelima elemen tersebut adalah tanah, air, udara, api, dan ruang. Dimana kombinasi dari lima elemen tersebut akan membentuk tiga pasangan energi, yang disebut sebagai dosha.

Nantinya Ketika seseorang telah mengetahui atau menemukan kombinasi elemen yang dimilikinya, maka praktik terapi ayurveda akan mendorong pengembalian dan penyeimbangan dosha di dalam tubuh, agar seimbang.

Bagaimana?

Yaitu dengan cara bertanya, Bun. Praktisi atau terapis ayurveda akan menanyakan banyak hal seputar kesehatan, pola makan, dan gaya hidup pasien. Setelah itu barulah melakukan diagnosis dengan memeriksa beberapa bagian tubuh seperti kulit, mata, kuku, bibir, dan lidah, untuk mengetahui dosha yang dominan dalam tubuh pasien.

5 elemen membentuk 3 macam dosha dalam ayurveda | Shutterstock

Metode yang dilakukan dalam terapi ayurveda

Praktik terapi ayurveda dapat dijalani dengan beberapa metode, Bun, yaitu:

  • Meditasi
  • Yoga
  • Pola makan
  • Perawatan tubuh pijat
  • Aromaterapi
  • Latihan pernapasan
  • Diet vitamin dan mineral
  • Perenggangan

Dengan menjalani berbagai metode tersebut, pasien diharapkan bisa mendapatkan kembali keharmonisan dan keseimbangan dosha di dalam tubuhnya, sehingga dapat pula meraih kesehatan. Dan yang terpenting, kualitas hidup yang baik.

Baca Juga: Mencegah Kanker Serviks, Kanker Nomor 2 Terbanyak di Dunia

Meski begitu, perlu Bunda ketahui pula bahwa efektivitas pengobatan terapi ayurveda belum terbukti secara medis ya, Bun. Karena itu lah Bunda wajib banyak melakukan research termasuk berkonsultasi dengan dokter ahli apabila ingin mencoba melakukan terapi ini. 

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela