There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Essential Oil Makin Populer, Sudah Pernah Coba yang Buatan Lokal, Bun?

author
Ruth Sinambela
Selasa, 20 September 2022 | 11:52 WIB
Peppermint Oil | Shutterstock

Semakin dikenal luas dan banyak digunakan oleh masyarakat, Essential Oil (EO) telah merebut banyak hati para Bunda, khususnya yang sangat memperhatikan kesehatan, kebersihan udara, hingga keharuman ruangan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Essential oilsebuah produk kesehatan berupa minyak yang terbuat dari berbagai jenis rempah maupun tumbuhan herbal alami lainnya ini, faktanya telah banyak digunakan oleh masyarakat kuno sejak berabad-abad yang lalu, Bun!

Baca Juga: Usir Kulit Kering Saat Berpuasa Dengan Virgin Coconut Oil

Manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh penggunanya, ditambah lagi bahan-bahannya yang alami, semakin meyakinkan penggunanya untuk menggunakan EO sebelum menggunakan obat-obatan setiap kali dibutuhkan.

Hal ini tentu saja membuat Essential oil kini semakin menarik perhatian masyarakat, khususnya orang tua, untuk mencoba menggunakannya serta mendapatkan manfaatnya. 

Populer di Indonesia

Sebelum populer seperti sekarang ini, Indonesia sebenarnya juga sudah memiliki essential oil sendiri lho, Bun, yaitu minyak kayu putih! Minyak kayu putih pada dasarnya merupakan essential oil yang terbuat dari bahan alami yaitu kayu putih. Hanya saja, pembuatan serta konsentrasinya memang cukup berbeda apabila dibandingkan dengan essential oil.

Sederet Varian Essential Oil dari Young Living | Shutterstock

Sedangkan EO yang pertama kali dikenal, dipasarkan di Indonesia sendiri merupakan produk EO dari Young Living Essential Oil, Bun. Produk EO ini juga semakin populer setelah secara resmi masuk dan menjual produknya di Indonesia pada tahun 2017!

Sayangnya, meski banyak beredar di Indonesia bukan berarti seluruh kalangan dapat membeli produk EO bertaraf internasional ini. Harganya yang trebilang mahal, membuat Young Living EO mendapat kesan sebagai produk yang hanya dapat digunakan oleh kalangan masyarakat menengah ke atas.

Baca Juga: 4 Essential Oil Untuk Mengatasi Ketombe

Essential oil buatan Indonesia

Nah, bagi Bunda yang belum pernah menggunakan EO buatan luar negeri, atau sudah pernah mencobanya namun merasa kalau harganya terlalu mahal, maka Bunda wajib nih mencoba berbagai merek essential oil lokal buatan dalam negeri yang memproduksi dan menjual EO dengan harga bersaing, namun dengan kualitas yang tidak kalah baiknya, Bun!

Berikut ini beberapa brand EO lokal, yang bisa Bunda pilih!

  • Sensatia Botanicals
  • Organic Supply.co
  • Nares Essential Oil
  • Nusaroma
  • Bathaholic
  • Botanina
  • Bali Ratih
  • Bali Sari

Sensatia Botanica, salah satu produk Essential Oil Lokal Indonesia | Cosmopolitan, Sensatia

Manfaat essential oil

Menggunakan EO dan mendapatkan semua manfaatnya tentu menjadi keharusan ya, Bun. Meski demikian, Bunda harus bijak mengerti dan memahami, bahwa EO tidak berfungsi sebagai obat-obatan yang dapat menyembuhkan suatu penyakit. Ditambah lagi, belum ada penelitian yang membuktikan kalau EO dapat digunakan sebagai penyembuh. 

Baca Juga: 5 Tips Gunakan Almond Oil Sebagai Makeup Remover

EO merupakan salah satu terapi alami yang dapat digunakan untuk membantu menyehatkan tubuh dan menyegarkan pikiran. Terutama ketika EO digunakan dengan cara di-diffuse, dimana aroma dan uap yang dihasilkannya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, segar, dan rileks!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela