Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Bayi Boleh Pakai Sunscreen? Yuk, Cek Ketentuannya di Sini, Bun!

author
Ruth Sinambela
Senin, 17 Oktober 2022 | 15:19 WIB
Pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide karena kandungan ini bisa meminimalkan risiko iritasi pada kulit. | Shutterstock

Bunda mungkin belum terlalu familiar dengan kebiasaan menggunakan sunscreen bagi anak-anak. Apalagi di Indonesia sendiri kebiasaan ini memang belum banyak dilakukan oleh para orang tua.

Meskipun harus diakui, sekarang ini penggunaan sunscreen pada anak sudah mulai banyak dilakukan oleh sebagian orang tua lho, Bun. Kebiasaan ini sendiri mulai berkembang karena semakin mudahnya akses informasi juga akses untuk mendapatkan produk sunscreen atau sunblock di Indonesia.

Baca Juga: Sunscreen SPF Berapa yang Sebaiknya Dipakai?

Kapan si kecil boleh mulai menggunakan sunscreen?

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), seperti dilansir dari health.kompas, sunscreen baru boleh digunakan oleh anak setelah berusia 6 bulan ya, Bunda, harap diingat! 

Kemudian bagaimana dengan anak yang berusia di bawah 6 bulan ketika harus diajak pergi ke luar rumah, terutama ketika siang hari atau di atas jam 10 pagi?

Jangan khawatir, Bun. Meski tak menggunakan sunscreen kulit bayi berusia di bawah 6 bulan tetap harus dilindungi dengan memakaikan pelindung seperti topi, kacamata hitam, atau Bunda juga bisa menggunakan payung sambil menggendongnya! Meskipun tentu harus diperhatikan juga, kalau sebaiknya bayi berusia di bawah 6 bulan tidak diajak keluar rumah apalagi panas-panasan terlalu sering ya, Bun!

Baca Juga: Penemu Sunscreen Ternyata Mahasiswa Yang Hobi Mendaki Gunung

Manfaat sunscreen untuk anak

Sama seperti pada orang dewasa, sunscreen juga sangat dibutuhkan anak untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar ultraviolet A dan B yang dapat merusak kulit, Bun. Selain itu, dengan menggunakan sunscreen sejak dini berarti Bunda juga sudah mulai membiasakan kebiasaan baik ini pada si kecil.

Ingatlah untuk reapply sunscreen setelah 2 jam ketika berada di luar ruangan atau apabila basah karena air maupun keringat. | Shutterstock

Sehingga nantinya ketika beranjak dewasa mereka sudah terbiasa untuk menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas sehari-hari dan tidak merasa kerepotan atau bahkan merasa aneh karena harus melakukannya setiap hari bahkan juga melakukan reapply sunscreen setiap dua jam sekali apabila beraktivitas di luar ruangan, Bun!

Memilih sunscreen yang aman untuk anak

Untuk menggunakan sunscreen pada anak, sebaiknya Bunda meriset terlebih dahulu merek sunscreen yang beredar di pasaran apakah aman untuk anak atau tidak, ya. Dengan begitu Bunda juga akan lebih tenang karena sunscreen yang aman tentu akan bisa melindungi kulit anak secara maksimal juga tidak membuatnya iritasi atau alergi, Bun. 

Berikut ini tips memilih sunscreen yang aman bagi si kecil, seperti dilansir dari Alodokter:

  • Pilihlah sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih.
  • Pilih sunscreen yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB.
  • Pilih sunscreen yang tahan air.
  • Hindari sunscreen yang mengandung paraben, formaldehida, asam paraaminobenzoik (PABA), dan benzophenones seperti dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone.
  • Hindari sunscreen yang mengandung wewangian karena kandungan parfum di dalamnya bisa mengiritasi kulit anak.
  • Pilih sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide karena kandungan ini bisa meminimalkan risiko iritasi pada kulit.

Baca Juga: 4 Tips Memilih Sunscreen yang Nyaman di Kulit Kepala & Rambut

Untuk memastikan terlebih dahulu apakah sunscreen yang Bunda beli cocok atau tidak untuk kulit si kecil, Bunda bisa mencobanya terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit di area kulit seperti lengan anak dan perhatikanlah setelah 15 menit apakah ada tanda-tanda alergi setelahnya, Bun. Apabila aman, berarti Bunda bisa menggunakannya di kulit si kecil. 

Selain itu, agar sunscreen dapat melindungi kulit dengan optimal, gunakanlah sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah, dan reapply setelah 2 jam ketika berada di luar ruangan atau apabila basah karena air maupun keringat.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi