We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Tips Membersihkan Kotoran Telinga Anak dengan Aman

author
Ruth Sinambela
Senin, 24 Oktober 2022 | 15:26 WIB
Kotoran di telinga anak tidak perlu sering dibesihkan karena dapat keluar dengan sendirinya. | Shutterstock

 

Membersihkan kotoran telinga anak sebenarnya tak perlu dilakukan terlalu sering, Bun. Apalagi menurut penelitian, kotoran telinga pada dasarnya akan keluar sendiri sedikit demi sedikit tanpa disadari, yaitu saat berbicara atau mengunyah. 

Pada saat tersebut kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya sambil membawa partikel seperti debu atau pasir. Karena itulah anak-anak sebaiknya tidak mengorek lubang telinganya dengan berbagai benda karena justru bisa membahayakan.

Namun demikian, apabila Bunda masih tetap merasa perlu untuk membersihkan lubang telinga anak, maka beberapa tips membersihkan kotoran telinga anak secara aman berikut ini dapat dicoba!

Baca Juga: 6 Hal Wajib Diperhatikan Sebelum Menindik Telinga Anak

Minyak zaitun

Minyak zaitun dikenal aman untuk membersihkan kotoran telinga anak karena kandungannya yang alami. Gunakanlah minyak zaitun murni dengan cara meneteskannya ke telinga anak yaitu sekitar 1-2 tetes saja, Bun.

Setelah itu Bunda dapat membersihkan bagian telinga yang kelihatan, dengan menggunakan cotton bud. Berhati-hatilah agar Bunda tidak menggosok atau membersihkan terlalu dalam, ya!

Obat tetes

Sebelum menggunakan obat tetes pelunak kotoran telinga pastikan Bunda telah membaca dan memahami instruksi mengenai cara pemakaiannya ya, Bun. Ada baiknya Bunda juga mengajak anak untuk berdiskusi terlebih dahulu agar ia tidak kaget atau memberontak saat telinganya ditetesi obat ini.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Belakang Telinga Anak, Pertanda Apa?

Menggunakan obat tetes pelunak kotoran telinga tidak sulit kok, Bun. Bunda tinggal membaringkan si kecil dalam posisi miring sehingga kotoran telinga nantinya dapat keluar dengan sendirinya setelah diteteskan obat.

Penggunaan minyak atau tetes untuk membersihkan telinga anak sebaiknya dikonsultasikan ke dokter THT. | Shutterstock

Meminta bantuan dokter spesialis THT

Perlu diketahui kalau membersihkan kotoran telinga meski dapat dilakukan sedniri di rumah namun tetap memiliki risiko. SAlah satunya apabila Bunda tidak sengaja melukai bagian dalam telinga, atau kesulitan membersihkan dan menggunakan perlengkapan saat prosesnya. Karena itulah cara terbaik dan teraman untuk membersihkan kotoran di dalam saluran telinga adalah dengan meminta bantuan dokter spesialis THT. 

Dokter THT biasanya akan melakukan beberapa tindakan pembersihan apabila memang diperlukan saja. Misalnya dengan pembersihan manual menggunakan peralatan dan kamera kecil, hingga menggunakan penyedot. Atau bisa juga dengan metode irigasi (ear syringing) yaitu menggunakan alat serupa jarum suntik yang digunakan untuk membersihkan telinga.

Baca Juga: 5 Cara Redakan Sakit Telinga Saat Flu

Tentu Bunda akan merasa lebih nyaman, aman, juga mendapatkan hasil yang lebih baik apabila melakukan pembersihan telinga di tangan ahlinya. Meski demikian perlu dipahami kalau kotoran telinga bukan berarti telinga seseorang jorok ya, Bun. Apalagi para ahli sepakat kalau membersihkan telinga tidak perlu dilakukan terlalu sering karena secara alamiah telinga manusia dapat mengeluarkan kotorannya sendiri!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi