You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Screen Time juga Bisa Bermanfaat untuk Perkembangan Kognitif Anak, Asal...

author
Ruth Sinambela
Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Penting untuk mendampingi si kecil saat screen time | Shutterstock

Sebagian orang tua mungkin menganggap kalau memberi waktu untuk menonton tayangan televisi maupun smartphone merupakan hal yang salah atau merugikan anak, namun di sisi lain banyak juga orang tua yang mau-tak mau harus memberi waktu menonton pada anak-anaknya agar bisa memiliki waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau yang lainnya.

Bagaimanapun di zaman sekarang ini penggunaan smartphone atau gadget memang sulit dihindari, meski bukannya tidak mungkin. Karena pada dasarnya orang tua juga bisa membatasi screen time pada anak dengan membicarakannya bersama untuk kemudian menetapkan aturan yang sesuai dengan tumbuh kembang mereka.

Apalagi hasil penelitian terbaru juga menyatakan kalau screen time ternyata juga dapat memberi manfaat untuk anak, Bun!

Baca Juga: Waktu Screen Time Anak Menurut Anjuran WHO

Kualitas bukan kuantitas

Penelitian yang dilakukan oleh University of Portsmouth dengan meneliti kecenderungan seorang anak menyaksikan tayangan televisi secara rutin ini menemukan bahwa kegiatan menonton televisi ternyata dapat memberikan manfaat.

Dilansir dari Medical Xpress, penelitian tersebut menyimpulkan kalau menonton televisi bersama atau dengan didampingi orang tua dapat membantu perkembangan kognitif si kecil!

Hanya saja perlu digaris bawahi kalau manfaat dari menonton televisi tidak didapat karena banyaknya waktu yang dihabiskan di depan tv maupun smartphone, melainkan bergantung pada kualitas tayangan atau konten yang dinikmati anak ya, Bun.

Tetap mendampingi

Selain kualitas tayangan, yang juga tak kalah pentingnya adalah pendampingan yang diberikan oleh Bunda maupun Ayah saat si kecil screen time. Pendampingan yang dimaksud bukan hanya duduk menemani sambil sibuk dengan pekerjaan atau gadget, namun mendampingi si kecil sambil mengajaknya berinteraksi.

Sehingga menonton televisi pun bisa menjadi waktunya orang tua untuk lebih dekat atau lebih mempererat hubungan dengan buah hatinya masing-masing.

Saat mendampingi anak screen time sebaiknya orang tua tidak sibuk sendiri melainkan mengajak anak berinteraksi | Shutterstock

Baca Juga:  Hati-Hati, Gadget Bisa Mengganggu Perkembangan Bicara Anak

Memilih tayangan yang berisi konten interaksi

Semakin banyaknya acara berkualitas untuk anak sekarang ini, tentu akan mempermudah Bunda dalam memilihkan tayangan-tayangan yang bermanfaat dan sesuai dengan usia juga perkembangan anak.

Beberapa tayangan berkualitas mungkin memang hanya dapat disaksikan dengan berlangganan atau berbayar, namun ini merupakan hal yang tepat dan efisien untuk dilakukan karena Bunda bisa tenang memberi kesempatan screen time pada si kecil. Pilihlah tayangan yang berisi interaksi, seperti mengandung tanya jawab, hingga kegiatan atau gerakan yang bisa ditiru atau diikuti oleh si kecil.

Rekomendasi tayangan berkualitas yang mengajak anak berinteraksi

  • Gabby’s Dollhouse – Netflix
  • Emily’s Wonderlab – Netflix
  • Charlie’s Colorforms City – Netflix
  • Waffles + Mochi – Netflix
  • Barney and Friends – Vidio
  • Sesame Street – Vidio
  • Dora the Explorer – Nickelodeon
  • Club Mickey Mouse – Disney+ Hotstar
  • Mickey Mouse Clubhouse – Disney Junior

Baca Juga: Nonton Film “Throwback” Menguatkan Kembali Bonding Orang Tua dan Anak, lho!

Penggunaan gadget pada anak ke depannya tentu akan semakin sulit dihindari, Bun. Namun dengan memberikan waktu Bunda dan Ayah untuk menemani, juga berinteraksi bersama si kecil ketika waktunya mereka menonton tayangan di televisi maupun smartphone tentu akan meminimalisir dampak kurang baik yang dapat terjadi. Yuk, semangat mendampingi si kecil screen time demi tumbuh kembang mereka, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi