A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Mengatasi Sembelit dengan Cara Alami

author
Ruth Sinambela
Selasa, 29 November 2022 | 10:50 WIB
Sembelit atau konstipasi tidak hanya sangat mengganggu bagi bayi namun juga orang dewasa | Shutterstock

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun dapat merasakan sembelit, Bun. Bedanya, sembelit yang dialami oleh orang dewasa biasanya lebih disebabkan oleh makanan yang dimakan atau hindari, pilihan gaya hidup, obat-obatan yang diminum, atau kondisi medis yang dialami. Selain itu, stress karena berbagai alasan seringkali menjadi alasan sembelit pada orang dewasa.

Lalu bagaimana mengatasinya? Bunda dan Ayah yang tengah mengalami sembelit pada dasarnya dapat dengan mudah membeli dan mengonsumsi obat-obatan yang dijual secara bebas. Meski demikian, akan jauh lebih baik kalau Bunda dan Ayah mengonsumsi obat-obatan yang diberikan dokter! Namun apabila hal tersebut juga tidak menjadi pilihan, maka Bunda dapat mencoba mengobatinya secara alami!

Baca Juga: Ini 6 Cara Aman Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Buang air besar (BAB) dengan posisi jongkok

Mencoba bab dengan posisi berjongkok dipercaya akan meluruskan sudut usus sehingga dapat mengeluarkan feses lebih cepat. Meski demikian, ingatlah untuk tidak memaksa feses keluar ya, Bun. Hal tersebut justru dapat memperparah kondisi sembelit Bunda. Selain itu, memaksakan feses hingga keluar juga bisa menyebabkan wasir!

Minum lebih banyak air

Bukannya tanpa alasan, meminum lebih banyak air terbukti dapat menghilangkan sembelit. Pasalnya, hasil penelitian yang dilansir dari Medical News Today, menyebutkan bahwa dehidrasi atau kekurangan cairan seringkali menjadi penyebab seseorang mengalami sembelit.

Air putih bermanfaat banyak bagi kesehatan salah satunya dalam melancarkan sistem pencernaan | SHUTTERSTOCK

Mengonsumsi pepaya

Pada dasarnya, semua buah dan sayur yang memiliki serat tinggi baik untuk meringankan bahkan menyembuhkan sembelit secara alami, Bun. Beberapa jenis buah dan sayur antara lain pepaya, beri-berian, sayuran hijau, kiwi, dan pir. Jangan lupa untuk menambahkan yoghurt plain pada buah dan sayur tersebut, Bun. Pasti sembelit Bunda maupun Ayah akan segera pulih dan pencernaan terasa lebih nyaman.

Berolahraga

Berolahraga terbukti dapat meringankan juga menyembuhkan sembelit karena dengan berolahraga maka pergerakan otot di saluran cerna atau usus akan meningkat. Hal inilah yang kemudian akan mendorong feses dan mempermudah proses pengeluarannya, Bun. Jenis olahraga yang disarankan misalnya jalan kaki, bersepeda, joging, dan berenang.

Baca Juga: Suka Olahraga, Bagaimana Pola Makannya?

Mengonsumsi probiotik dan prebiotik

Beberapa jenis makanan yang mengandung probiotik:

  • Yoghurt
  • Kol
  • Kimchi
  • Tempe

Beberapa jenis makanan yang mengandung prebiotik:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Buncis
  • Daun bawang
  • Pisang

Prebiotik dan probiotik sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. | SHUTTERSTOCK

Mi shirataki

Tahukah Bunda kalau mi shirataki mengandung glukomanan tinggi, yang juga merupakan sejenis serat larut dari akar tanaman konjak dan faktanya sangat efektif untuk mengatasi sembelit! Bahkan seperti dilansir dari Kompas.com, sebuah penelitian pada anak-anak menemukan bahwa 45 persen dari mereka yang mendapatkan asupan glukomanan dapat sembuh dari sembelit parah. 

Asupan glukomanan sendiri bisa didapat melalui suplemen atau dengan mengonsumsi konjak dan mi shirataki!

Jahe

Sudah lama jahe dikenal dapat membantu melancarkan pencernaan, Bun. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan menggeprek atau memarut jahe kemudian merebusnya hingga tersisa setengah dari air rebusan. Setelah itu disaring, dan Bunda maupun Ayah dapat meminumnya selagi hangat tanpa tambahan apa pun. Minumlah sebanyak satu hingga dua kali sehari setelah makan.

Baca Juga: 4 Langkah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Masih banyak lagi cara-cara alami yang dapat Bunda coba untuk mengatasi sembelit lho, termasuk juga mengonsumsi perasan jeruk lemon, dan buah prune. Mana nih, yang sudah pernah Bunda coba dan berhasil? Meski demikian ingatlah untuk memeriksakan diri ke dokter apabila sembelit tidak kunjung sembuh agar tidak sampai mengalami keparahan ya, Bun! Selamat mencoba.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi