The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Belajar Parenting dari Ratu Im Hwa Ryeong yang Kuat, Tegas, dan Penyayang

author
Ruth Sinambela
Kamis, 1 Desember 2022 | 12:44 WIB
Ratu Im digambarkan sebagai sosok yang memiliki nilai dan prinsip yang selalu dipegangnya dengan teguh, bahkan ketika berbagai masalah mengancamnya. | Netflix

Sudah nonton k-drama “The Queen’s Umbrella” belum, Bun? K-drama yang tayang eksklusif di aplikasi berbayar Netflix ini kini tengah populer di kalangan pencinta k-drama, khususnya para Bunda.

Selain cerita dan konflik yang disajikan sangat menarik untuk disimak, bahkan sejak episode pertamanya. The Queen’s Umbrella juga sangat menarik karena menjadikan Sang Ratu, yaitu Ratu Im Hwa Ryeong, sebagai pusat cerita. 

Dimana Ratu Im yang juga merupakan ibu dari 5 putranya yang merupakan pangeran agung, dengan karakternya yang kuat, mandiri, cerdik, tegas, dan penyayang ini, sukses membuat penonton menjadi pendukung dan pengagumnya!

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger dari Drama Korea Populer, Extraordinary Attorney Woo

Berikut ini nilai-nilai parenting ala Ratu Im yang bisa Bunda jadikan teladan dalam mendidik dan mengasuh si kecil!

Mengenal karakter setiap anaknya

Ratu Im digambarkan sebagai sosok ratu yang tidak begitu anggun. Tidak seperti kebanyakan ratu yang hanya menuruti dan melayani raja, sosok Ratu Im di sini sangat berbeda, Bun.

Ratu Im merupakan ratu yang mengetahui apa tugas-tugas dan kewajibannya, namun ia juga memiliki nilai dan prinsip yang selalu dipegangnya dengan teguh, bahkan ketika berbagai masalah mengancamnya. Ia mengetahui apa tujuannya, dan bagaimana ia harus menyikapi waktu-waktu sulit dengan tidak berlindung atau mengharapkan bantuan siapa pun selain dirinya sendiri.

Begitu pula Ratu Im mengenal karakter setiap anaknya dengan baik. Bahkan ketika ia memberi kebebasan pada setiap putranya, Ratu Im tetap mengawasi dan memperhatikan anak-anaknya dengan baik di tengah kesibukannya sebagai seorang ratu.

Kelima putra Ratu Im Hwa Ryeong tumbuh menjadi anak yang memiliki hati baik meski agak | Netflix

Menerima setiap anak apa adanya

Ratu Im tidak pernah memaksakan keempat putranya yang lain untuk menjadi sukses dalam segala hal, layaknya sang Putra Mahkota, anak sulungnya. Namun Ratu Im selalu mendidik anaknya untuk tidak berbuat salah, jahat, atau semena-mena kepada orang lain. Dan Ratu Im sukses menanamkan hal tersebut. Ia berhasil mendidik anaknya menjadi anak-anak yang memiliki hati yang baik, tanpa iri dan dengki pada siapa pun terutama saudara kandungnya sendiri.

Baca Juga: Wajib Ditonton, Drama Korea “Twenty Five Twenty One” yang Bikin Nostalgia dan Sarat Makna

Meskipun, pada kenyataannya keempat putranya tersebut dipandang sebagai pembuat onar oleh sebagian orang karena mereka tidak berprestasi serta memiliki jiwa yang bebas. Ratu Im tidak membuatnya menjadi alasan untuk orang-orang menyudutkannya. Dia tetap akan menegur anak-anaknya ketika berbuat salah, namun seperti kebanyakan Bunda, Ratu Im tidak membiarkan orang lain menghukum atau menghina anaknya di depan mukanya sendiri.

Berhasil mendidik dan mendukung anaknya hingga meraih kesuksesan

Ratu Im berhasil mendidik putra sulungnya menjadi putra mahkota yang baik dan dikagumi oleh semua orang. Namun ia juga sukses menjadi seorang ibu yang disayangi oleh sang putra. Hubungan Ratu Im dan Putra Mahkota sangat baik, Bun. 

Itu berarti sang putra menjalani perannya sebagai putra mahkota tanpa paksaan, namun lebih kepada kesadarannya sendiri, selain juga ingin menjadi kebanggaan kedua orang tuanya. Selain itu putra mahkota memang mendapat limpahan kasih sayang, mulai dari raja dan ratu, juga dari sang nenek atau ibu suri.

Tidak menunjukkan kesedihannya di depan anak

Sebagai seorang ratu, Ratu Im tampak selalu waspada dan tegas. Meski demikian ia juga seorang perempuan yang memiliki hati yang lembut. Apalagi sebagai seorang ibu, ketika ia mengetahui “rahasia” atau “kenakalan” anak-anaknya, ia akan merasa kecewa dan sedih, namun lebih memilih untuk menyendiri dan pergi ke tempat yang aman untuk menumpahkan kesedihannya. 

Ia akan memberi waktu kepada dirinya sendiri untuk menangis dan menenangkan diri, kemudian memikirkan bagaimana sebaiknya bertindak tanpa menyakiti apalagi menghakimi putra-putranya.

Ratu bersama tiga putranya dalam k-drama | Netflix

Baca Juga: Drama Korea dengan Cerita Kesehatan Mental, Wajib Tonton!

Kesehatan dan kebahagiaan anak adalah yang terpenting

Salah satu nilai yang dipegang teguh Ratu Im adalah bagaimana ia menilai kalau kesehatan dan kebahagiaan anak-anaknya sebagai hal yang paling penting. Ia tidak akan membiarkan kesehatan anaknya menjadi taruhan hanya karena kepentingan-kepentingan istana yang harus dijalankan.

Namun ia juga cerdas dan cerdik sehingga selalu mendapat jalan untuk mengamankan posisinya, dan tidak membiarkan orang lain mengambil kesempatan untuk menjatuhkannya.

Ratu Im juga akan membiarkan putra-putranya untuk bersenang-senang, namun ketika mereka tidak mematuhi aturan istana, ia dengan tegas akan memarahi dan menghukum mereka. Namun dengan cara yang baik ia juga tidak membiarkan anak-anaknya merasa kalau mereka tidak dicintai. Ratu Im selalu memberikan kehangatan di setiap tindakan dan ucapannya. Hal inilah yang membuat semua pangeran agung sangat menyayangi sang ibu sekaligus juga merasa dicintai.

Meminta maaf saat berbuat salah

Meski Ratu Im merupakan sosok yang berkuasa, meski tegas dan berkarakter kuat, Ratu Im tak pernah merasa sebagai yang paling benar. Saat ia melakukan kesalahan, ia tidak malu untuk meminta maaf dan berdamai dengan anak-anaknya.

Hal ini pula yang membuat Pangeran Agung Seongnam, anak keduanya, pada akhirnya selalu mempercayai dan bisa merasakan ketulusan juga cinta sang ibu. Pangeran Seongnam pada akhirnya juga akan berdampingan dengan Ratu Im dan menjadi tim yang kuat untuk mengamankan posisi mereka di istana. Keduanya sama-sama memiliki karakter yang berani, baik hati, tulus, dan berpikiran terbuka.

Baca Juga: “Our Beloved Summer” yang Menyegarkan Mata dan Hati Pencinta Drama Korea

Dengan menikmati konflik pada alur cerita k-drama The Queen’s Umbrella ini akan masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang bisa Bunda contoh dari Ratu Im Hwa Ryeong dalam mendidik putra-putranya. 

Khususnya bagi Bunda yang juga memiliki jagoan di rumah, pasti akan merasa relate dengan berbagai interaksi Ratu Im dengan para pangeran agung! Disclaimer, akan ada beberapa adegan yang mengandung banyak bawang, Bun. Jadi jangan lupa siapkan tisu saat menontonnya, ya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi