If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

Rekomendasi Destinasi Wisata Anti-Mainstream untuk Libur Akhir Tahun

author
Ruth Sinambela
Jumat, 2 Desember 2022 | 11:06 WIB
Sunrise di Desa Pinggan, Kintamani | Shutterstock

Penghujung tahun mulai mendekat, Bun. Sudah punya rencana liburan bersama keluarga ke mana di akhir tahun ini? Bagi Bunda yang belum memiliki atau memutuskan rencana liburan akhir tahun, berikut ini tujuan wisata atau tempat wisata yang unik, menarik, anti mainstream, juga segar! Cocok sekali untuk Bunda yang ingin mencari destinasi liburan “berbeda” yang belum banyak dikunjungi banyak orang. Yuk, disimak!

Desa Pinggan, Kintamani

Ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Bali, namun bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja? Bunda wajib nih mengunjungi Desa Pinggan di daerah Kintamani.

Baca Juga: Selain Patung Merlion, Ini Tempat Wisata Gratis di Singapura

Selain memberikan suasana berbeda dari keramaian kota yang tersaji di berbagai sudut Pulau Dewata Bali. Letaknya yang berada di ketinggian menghadirkan pemandangan desa berkabut dengan latar pegunungan yang mempesona.

Belum lagi sajian pemandangan matahari terbit yang menjadi salah satu spot terbaik di Bali ini cocok sekali untuk Bunda dan keluarga yang menyukai fotografi dan ingin menikmati liburan di tempat sejuk dan tenang.

Suhu Desa Pinggan berkisar antara 16-18 derajat celsius, Bun. Maka pastikan Bunda sekeluarga membawa mantel tebal saat berkunjung, ya. Untuk sampai ke Desa Pinggan, Bunda dan keluarga dapat berkendara selama 2 jam 15 menit dari Denpasar.

Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun

Kombinasi cantik bukit kapur berwarna putih dengan danau berwarna biru kehijauan menjadi daya tarik Kawah Putih Tinggi Raja di Simalungun | Shutterstock

Bagi Bunda yang memiliki rencana untuk menghabiskan liburan natal dan tahun baru di Sumatra Utara, wajib banget untuk mampir dan mengunjungi destinasi wisata di Simalungun ini.

Kawah Putih Tinggi Raja, namanya. Seperti dilansir dari Bisnis.com, tempat ini menawarkan kombinasi indah bukit kapur berwarna putih dengan danau berwarna biru kehijauan. Air danaunya berasal dari sumber mata air panas yang ada di sekitar bukit tersebut, Bun. 

Dengan menghadirkan ketenangan, nuansa yang sangat alami, serta udara segar, Kawah Putih Tinggi Raja bak surga tersembunyi di dalam hutan pohon yang sekaligus juga membawa pengunjungnya seperti kembali ke zaman sejarah dengan kemurnian alam yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Baca Juga: Hobi Berwisata Alam atau ke Tempat Suci, Sudah Tahu Etikanya?

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi | Shutterstock

Bagi Bunda yang tengah mencari destinasi liburan akhir tahun di sekitaran Jawa Tengah hingga Jawa Timur, maka Pantai Pulau Merah di daerah Banyuwangi bisa banget dijadikan list destinasi liburan.

Berlokasi di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, pantai pulau merah membentang sepanjang tiga kilometer dengan hamparan pasir putihnya. Si kecil pasti akan sangat senang menghabiskan waktu di sini. 

Namun karena Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi, sehingga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan kompetisi surfing internasional, maka Bunda juga harus mengawasi si kecil ketika bermain di air, ya!

Selain itu, pesona yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke sini yaitu momen matahari tenggelam yang sangat cantik. Pemandangan indah ini dapat dilihat dari bulan November hingga Desember karena pada waktu tersebut posisi matahari berada di kawasan selatan. Sehingga pas sekali dengan liburan akhir tahun!

Danau Biru, Majalengka

Danau Biru, Majalengka, surga tersembunyi di Tanah Sunda | Kawanus.com

Tidak perlu jauh-jauh untuk bisa merasakan birunya air danau nan jernih, segar, dan dikelilingi rimbun pepohonan yang menghadirkan suasana sejuk. Di tanah Sunda pun ada lho, Bun, tepatnya di Majalengka.

Bunda dan keluarga yang telah cukup usia dapat menikmati wisata arung jeram hingga berenang di danau yang bersih, dan jernih, dengan kedalaman sekitar 5 meter. Namun ingat, khusus untuk yang sudah mahir berenang saja, ya. Atau Bunda juga bisa menikmati suasana di pinggir danau sambil bermain ayunan dan memberi makan ikan.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Balon Udara Wajib Masuk Bucket List

Apabila tidak memungkinkan untuk berlibur ke luar kota, Bunda dan keluarga tetap bisa memilih destinasi wisata terdekat saja, kok. Tidak perlu jauh-jauh, asalkan berkumpul bersama keluarga tercinta, menghabiskan libur akhir tahun di rumah bersama juga tetap bisa menyenangkan! Semoga membantu Bunda dan Ayah yang masih bingung dan menimbang-nimbang mau berlibur ke mana akhir tahun ini, ya! Selamat mempersiapkan liburan.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi