Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Menggemaskan, Cucu-Cucu Pak Jokowi Menarik Perhatian saat Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina

author
Ruth Sinambela
Senin, 12 Desember 2022 | 09:45 WIB
Jan Ethes dan Sedah Mirah menjawab berbagai pertanyaan dari awak media |

Pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, telah selesai dilangsungkan. Kemeriahan yang terekam di Kota Solo dan Yogyakarta sejak Sabtu (10/12/2022) hingga Minggu (11/12/2022) kemarin pun masih menyisakan kebahagiaan yang mendalam, khususnya di hati kedua mempelai dan keluarga besar.

Prosesi pernikahan yang berlangsung mulai dari Pengajian, Bleketepe, Siraman, Midodareni, Akad Nikah, Panggih Pengantin, Dhahar Kalimah, Ngunduh Mantu, Kirab Pengantin, hingga Resepsi, benar-benar menyajikan tradisi yang luar biasa indah dan penuh dengan nilai-nilai asli Indonesia juga sejarah ya, Bun.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Jelang Prosesi Pernikahan Putra Bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Namun di sisi lain, ada satu hal yang sangat menarik bagi masyarakat, lho. Apalagi kalau bukan polah dan tingkah lucu juga menggemaskan dari cucu-cucu Pak Jokowi dan Ibu Iriana Widodo ini!

Jan Ethes dan Sedah Mirah

Jan Ethes, cucu pertama presiden, yang kini berusia 6 tahun, sukses membuat masyarakat tersenyum sumringah. Bersama sepupunya, Sedah Mirah yang kini berusia 4 tahun. Keduanya tampak aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Misalnya saja saat Jan Ethes dan Sedah Mirah dengan percaya diri menghadapi wartawan, Bun.

Panembahan Al Nahyan menolak menggunakan seragam, berjalan bersama saudaranya, Jan Ethes dan Sedah Mirah |

Bahkan Ethes, oleh pamannya, Kaesang Pangarep, disebut-sebut sebagai juru bicara baru Pak Jokowi karena seringkali menjawab berbagai pertanyaan wartawan dengan baik, polos, dan menggemaskan. Pun Sedah Mirah tak kalah antusias. Melihat banyaknya kamera wartawan di sekitarnya ia malahan menghampiri dan menatap dengan berani sambil melambaikan tangan!

Jan Ethes dan Sedah Mirah memang tampak senang bereksplorasi di mana pun mereka berada, Bun. Mereka juga terlihat menikmati acara sambil bermain dan tertawa bersama. Belum lagi polah Ethes, yang suka sekali berjoget mengikuti iringan musik hingga ikut sibuk memungut koin yang ditebar sang nenek, Ibu Iriana Widodo, saat acara Ngunduh Mantu. Mungkin untuk jajan ya, Bun. 

Baca Juga: Mengenal Erina Gudono, Calon Istri Putra Bungsu Presiden

Juga manisnya potret Sedah Mirah yang tertangkap kamera tengah mencium pipi adiknya, Panembahan Al Nahyan sambil keduanya tertawa bersama. Cuteness overload deh, Bun.

Panembahan Al Nahyan

Tak kalah gemas, siapa yang tak senang melihat Panembahan Al Nahyan, cucu keempat Pak Jokowi, yang dengan polosnya menolak mengenakan beskap di sepanjang prosesi pernikahan. 

Jan Ethes, juru bicara baru Pak Jokowi |

Bahkan Pak Jokowi saja akhirnya mengalah dan membiarkan sang cucu mengenakan pakaian yang berbeda sendiri dari saudara-saudaranya. Nahyan sukses membuat Pak Jokowi dan Ibu Iriana Widodo tersenyum dan tertawa terus melihat tingkah polah cucunya tersebut.

La Lembah Manah 

Tampak bermain dengan mengobok-obok air yang digunakan Pak Jokowi untuk acara Siraman Kaesang Pangarep, Lembah tampak antusias dan menikmati waktunya bersama keluarga. Ia pula tertangkap kamera tengah fokus bermain air disaat kakek dan neneknya juga sedang fokus melakukan Siraman untuk sang paman. Lembah mungkin tak mau kalah dengan sang kakek yang di matanya juga terlihat sedang asik sekali main air dengan pamannya, Bun!

Sangat menyenangkan melihat polah dan tingkah lucu cucu-cucu Presiden di akhir pekan kemarin. Bagaimana pun, mereka adalah anak-anak yang butuh sebanyak-banyaknya cinta dan waktu untuk bereksplorasi juga berkembang menjadi versi terbaik dirinya. 

Baca Juga: Bertengkar Sehat dan Manfaatnya di Dalam Pernikahan

Semoga cucu-cucu Presiden Jokowi tumbuh sehat dan semakin baik ke depannya ya, Bunda. Kita doakan pula semoga pasangan pengantin baru, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono selalu berbahagia dan segera menambah cucu untuk Pak Jokowi. Semoga.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi