Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Mengantuk Setelah Selesai Makan, Mengapa dan Apa Dampaknya bagi Bumil?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 21 Desember 2022 | 14:58 WIB
Bumil mudah mengantuk setelah makan memang wajar Bun, namun sebisa mungkin dikontrol demi kesehatan Bunda dan janin, ya | Shutterstock

Mengantuk setelah selesai makan memang wajar dirasakan ibu hamil. Kondisi ini bisa dirasakan tubuh karena dipicu oleh kerja keras tubuh saat memproses makanan yang baru dimakan sehingga membuat tubuh merasa lelah dan mengirimkan sinyal ke otak untuk beristirahat.

Meski dapat dialami oleh siapa pun, kondisi ini rupanya lebih sering dirasakan oleh ibu hamil. Rasa lelah dan mengantuk ini memang agak merepotkan ya, Bun. Kehamilan memang dapat membuat lelah dan ngantuk pada ibu hamil lebih meningkat dari biasanya. 

Baca Juga: Pilu, Ibu Muda di Malaysia Meninggal Setelah Melahirkan Anak ke-10 Lewat Operasi Cesar

Meski demikian, para ahli selalu mengingatkan agar ibu hamil tidak terbawa atau mengikuti rasa ingin tidur setelah selesai makan karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Bumil. Mengapa tidur setelah makan dilarang dan apa sih, yang bisa menyebabkannya? Yuk, cari tahu di sini.

Alasan bumil mudah mengantuk setelah selesai makan

  • Sistem pencernaan berubah

Penelitian membuktikan bahwa sistem pencernaan wanita ketika hamil mengalami perubahan, dengan menjadi lebih lambat. Hal inilah yang membuat tubuh Bumil jadi lebih cepat merasa lelah karena harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan.

  • Perubahan aliran darah

Saat hamil, kebutuhan darah yang dialihkan ke bayi mengalami peningkatan. Hal ini berdampak juga saat setelah makan organ tubuh Bunda akan bekerja keras untuk mengalirkan darah ke janin. Ini pula yang menyebabkan sebagian besar darah di dalam tubuh Bunda akan berpindah ke area usus. Dimana saat darah menjauh dari anggota tubuh lainnya, ini bisa membuat tubuh merasa letih dan kelelahan. 

Bumil boleh tidur minimal 2 jam setelah selesai makan ya, Bun | Shutterstock

Baca Juga: Bunda Harus Tahu, Ini Manfaat Penting Kolostrum untuk Bayi Baru Lahir

Dampak kebiasaan tidur setelah makan bagi bumil

  • Heartburn

Heartburn atau sensasi panas yang terasa di sekitar rongga dada, memang dapat terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil. Namun penting untuk diketahui, kalau tidur setelah makan juga dapat menyebabkan hal ini. Yaitu kondisi dimana isi perut terdorong kembali ke kerongkongan, sehingga refluks asam menyebabkan sensasi terbakar di rongga dada.

  • Sulit tidur

Rasa kantuk yang timbul setelah selesai makan tidak selalu berarti Bunda dapat segera tidur dengan nyaman, lho. Justru pada sebagian ibu hamil, merebahkan diri setelah selesai makan justru membuat tidak bisa tidur.

Karena itulah para ahli menyarankan agar ibu hamil sebaiknya menghindari makan besar saat mendekati waktu tidur, Bun. Hal ini juga berhubungan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja beberapa jenis makanan yang bisa membuat ibu hamil harus bolak-balik ke kamar kecil sehingga mengganggu waktu tidurnya.

Baca Juga: Wajib Coba, Bun! Ini Solusi Mengatasi Hilangnya Nafsu Makan Saat Hamil

Selain itu, agar bisa mengatasi rasa kantuk setelah makan, Bumil disarankan untuk memiliki aktivitas yang dapat dikerjakan dengan santai namun tetap mampu menyibukkan tangan dan otak. Misalnya saja menyulam, mewarnai, melukis, atau bermain musik. Apa saja yang disukai dan bisa menyibukkan Bumil sehingga melupakan rasa kantuknya.

Akan lebih baik lagi apabila Bumil memiliki support system yang selalu bisa menemaninya mengobrol atau menghabiskan waktu di rumah. Dengan demikian Bumil akan bisa membentuk kebiasaan yang baik di sepanjang masa kehamilannya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela