I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

Family Time di Hari Ibu, Kenapa Tidak! Ini 5 Idenya untuk Bunda

author
Ruth Sinambela
Kamis, 22 Desember 2022 | 15:08 WIB
menonton film bersama keluarga di Hari Ibu | Shutterstock

Selamat hari ibu untuk semua perempuan-perempuan hebat Indonesia! Memperingati Hari Ibu tahun ini, sudah dapat hadiah apa dari keluarga, Bun? Atau justru Bunda sudah mempersiapkan kegiatan menyenangkan yang khusus dipersiapkan sebagai waktunya Bunda memanjakan diri sendiri?

Eits, yang penting bukan hadiah atau perayaannya ya, Bun. Apalagi, sebagai seorang ibu, memanjakan diri sendiri atau menerima hadiah tidak harus dirasakan saat Hari Ibu saja, lho.

Baca Juga: Berkebun Bersama Keluarga dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

Memaknai Hari Ibu

Hari Ibu sebenarnya merupakan waktunya kaum perempuan untuk menapak tilas perjuangan para pahlawan khususnya yang memperjuangkan kesetaraan bagi kaum perempuan, Bun. Namun Hari Ibu bisa juga menjadi rasa syukur Bunda sebagai kaum perempuan, karena bisa mengeksplorasi diri sendiri sebebas-bebasnya, diperlakukan dengan setara, dan diakui kemampuannya.

Apalagi sebagai pendukung utama dari generasi penerus bangsa yang unggul, Bunda bisa dibilang mengemban tanggung jawab besar dalam mendidik dan membentuk karakter terbaik mereka. Untuk itu, Bunda layak mendapatkan perlindungan, perlakuan yang sama, juga kesempatan untuk mengembangkan diri lewat berbagai cara. Juga tentu saja Bunda boleh merayakan dan memaknai Hari Ibu dengan cara Bunda sendiri. 

Family time atau me time di Hari Ibu?

Bunda yang memberi semua waktunya untuk mengurus rumah dan keluarga, tentu setuju kalau me time menjadi suatu keharusan yang sangat penting demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Namun tentu tak salah juga kalau sebagian Bunda justru lebih suka menghabiskan waktu bersantai bersama buah hati juga pasangan.

Traveling bersama keluarga di Hari Ibu | SHUTTERSTOCK

Keduanya merupakan hal yang baik dan bebas menjadi pilihan masing-masing Bunda. Apabila me time lebih mudah dilakukan sesuai dengan ketertarikan Bunda masing-masing. Berikut ini beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan oleh Bunda yang tidak bekerja atau full time mommy, dalam memaknai Hari Ibu, khususnya bagi Bunda yang lebih suka menghabiskan waktunya bersama keluarga daripada sendirian.

Baca Juga: Rekomendasi Diffuser Ekonomis untuk Menemani Bunda Me Time

Jangan khawatir, Bun, beberapa ide aktivitas bersama ini layak dicoba karena akan membuat Bunda tetap bisa bergembira bersama keluarga, namun sekaligus juga menikmati waktu untuk diri sendiri!

Menonton film bersama

Bunda suka menonton film? Namun menonton film sendirian rasanya seperti kurang seru, Bun? Ajaklah si kecil juga si Ayah untuk menonton film di Hari Ibu ini. Bunda yang pilih judul filmnya, ya. Apabila film tersebut tidak layak untuk si kecil, maka Bunda bisa menontonnya berdua saja bersama si Ayah.

Berkemah

Bunda ingin menikmati suasana berbeda di akhir pekan ini? Cobalah untuk berkemah, Bun. Apabila Bunda takut berkemah sendirian, maka ajaklah keluarga tercinta. Namun ingat, jangan sampai acara berkemahnya malah membuat Bunda kelelahan, ya. Sebaliknya, bawalah bahan-bahan makanan yang mudah diolah, dan bawa juga buku favorit atau kamera kesayangan Bunda.

Biarkan si kecil menghabiskan waktu bermain di alam bebas bersama Ayah, tanpa Bunda mengkhawatirkan bajunya kotor. Sementara itu, Bunda bisa menikmati waktu dengan membaca buku atau memotret alam.

Me time Bunda juga bisa dilakukan bersama keluarga tercinta | Shutterstock

Karaoke

Bunda hobi menyanyi? Tapi sudah jarang melakukannya karena kesibukan di rumah, Bun? Yuk, ajak si kecil dan Ayah ke tempat karaoke. Di sana Bunda bisa bernyanyi sampai puas sekaligus juga bersenang-senang dengan si kecil. Jangan lupa juga ajak si Ayah berduet atau berdansa sambil menyanyi ya, Bun.

Eits, kalau dana keluarga tidak memungkinkan untuk menyewa ruang karaoke. Karaoke di rumah pun mungkin sekali akan sama menyenangkannya kok, Bun.

Piknik

Cocok untuk Bunda yang ingin bersantai di alam namun tidak ingin menginap. Piknik di taman hijau dengan udara yang bersih bisa jadi pilihan. Selain tidak perlu menginap, keperluan yang harus dipersiapkan pun lebih simpel, Bun. Jadi Bunda tidak perlu repot.

Bunda dapat duduk santai atau berbaring sambil membaca buku, mendengarkan musik, atau melihat si kecil bermain di atas rumput.

Baca Juga: Selamat Hari Ibu, Bunda. Yuk, Bahagiakan Dirimu!

Olahraga

Banyak macam olahraga yang bisa Bunda lakukan sendiri, seperti bersepeda, berenang, senam. Namun banyak juga olahraga yang seru dilakukan bersama, seperti trampolin, bowling, dan masih banyak lagi, Bun. Yang penting olahraga yang dipilih harus yang fun untuk Bunda, dan juga dapat dilakukan oleh si kecil dan Ayah, apabila Bunda berniat untuk mengajak mereka!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela