What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Berkebun Bersama Keluarga dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Anak

author
Ruth Sinambela
Jumat, 14 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Mengajak Si Kecil Berkebun Merupakan Aktivitas Grounding atau Earthing yang Dapat Bunda Lakukan di R | Shutterstock

Kalau Bunda hobi berkebun di rumah, sesekali cobalah ajak si kecil untuk berkebun bersama Bunda juga Ayah di akhir pekan. Selain akan lebih menyenangkan, anak-anak juga sangat menyukainya, lho.

Namun tidak hanya itu, berkebun bersama Bunda dan Ayah terbukti bisa memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak, selain menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mempererat bonding atau ikatan di antara anggota keluarga.

Apa saja sih, manfaat yang bisa didapat dari berkebun bersama untuk tumbuh kembang si kecil? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Ini Tips Berkebun untuk Bunda yang Masih Pemula

Mendukung aktivitas fisik

Berkebun dengan segala kegiatan di dalamnya sangat baik sebagai aktivitas fisik anak yang juga akan memberikan dampak luar biasa untuk kesehatannya, Bun. Pekerjaan berkebun seperti menggali, menanam, mencabut rumput liar, hingga menyiram tanaman, sangat cocok dan bisa dikerjakan oleh si kecil tentunya dengan pendampingan dari Bunda juga Ayah.

Positive vibes

Sambil berkebun Bunda bisa banget lho, mengajarkan dan menanamkan berbagai nilai positif pada anak. Mulai dari mencintai lingkungan, menjaga kebersihan, hingga bagaimana si kecil bisa memberi sumbangsih yang luar biasa untuk Bumi dengan menanam pohon!

Menanamkan kecintaan anak akan alam dan lingkungan hidup dimulai dari rumah | Shutterstock

Bermain outdoor

Tentu Bunda sudah tahu kalau bermain di luar ruangan sangat baik dan bermanfaat untuk tumbuh kembang anak bukan? Karena itulah berkebun bersama Bunda dan Ayah menjadi salah satu pilihan bermain outdoor yang juga akan memberikan manfaat lainnya, Bun.

Baca Juga: 4 Aktivitas Berkebun Yang Membantu Membakar Kalori

Memperbaiki mood

Dengan mengajak anak berkebun dijamin suasana hatinya akan selalu gembira sepanjang hari. Apalagi berkebun di benak si kecil adalah waktunya ia bisa puas bereksplorasi, mencoba hal baru, hingga berkotor-kotor tanpa dilarang atau dimarahi Bunda dan Ayah, apalagi yang lebih menyenangkan daripada itu?

Memiliki tidur yang berkualitas

Aktivitas di luar ruangan yang dilakukan si kecil, termasuk berkebun, dapat membuat kualitas tidurnya lebih baik, Bunda. Hal ini memang wajar terjadi karena ketika suasana hati anak gembira sepanjang hari ditambah lagi ia juga sudah banyak melakukan aktivitas fisik, secara alamiah kedua hal tersebut akan membuat anak lebih mudah tidur dan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Menanam dan memanen sayuran dapat membuat si kecil lebih menyukai sayuran, Bun! | Shutterstock

Membuat anak mau makan sayur

Biasanya anak-anak akan lebih semangat menikmati makanan yang mereka buat sendiri, Bun. Apalagi kalau bahan-bahan makanannya, misalnya sayur, merupakan hasil dari panen di kebun sendiri!

Ajaklah si kecil menanam sayuran hingga waktunya panen, dan sertakan pula ia saat waktunya memanen. Dijamin buah hati Bunda akan merasa sangat antusias untuk mengolah sayur dan memakannya juga!

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Bermain Outdoor untuk Akhir Pekan di Rumah

Kalau begitu sekarang Bunda dapat mulai memikirkan nih, apa saja yang bisa Bunda coba kerjakan saat berkebun dengan si kecil dan si Ayah di akhir pekan nanti. Selain  keenam manfaat di atas, berkebun bersama keluarga tentu juga akan menjadi waktu yang sangat menyenangkan dan spesial untuk dikenang hingga saat buah hati Bunda dan Ayah telah beranjak dewasa nantinya!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi