There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Ini 7 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Semarang

author
Ruth Sinambela
Senin, 26 Desember 2022 | 10:01 WIB
Toko Oen telah berdiri sejak tahun 1936 | IDN Times

Bunda tengah berlibur di Semarang dan sekitarnya? Wajib hukumnya memasukkan wisata kuliner sebagai salah satu destinasi liburan, Bun. Apalagi Semarang sendiri diakui sebagai salah satu kota dengan wisata kuliner terbaik di Indonesia versi Kementerian Pariwisata, lho. 

Tak hanya lumpia, Bunda tidak perlu khawatir dengan beragam menu kuliner menarik di sana karena sudah pasti akan memanjakan lidah dan tak mengecewakan. Tertarik untuk menyicipinya, Bun? Berikut ini Kanya pilihkan yang menarik, legendaris, dan tentu saja bercita rasa enak untuk Bunda sekeluarga berpetulang rasa di Kota Lumpia!

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Anti-Mainstream untuk Libur Akhir Tahun

Toko Oen

Kawasan Kota Lama memang terkenal dengan suasananya yang klasik khas zaman kolonial Belanda. Dan salah satu restoran legendaris yang masih bertahan hingga sekarang di sana adalah Toko Oen.

Masih mempertahankan menu-menu legendaris, mulai dari makanan khas Semarang, Tiongkok, hingga Belanda, Toko Oen juga menjaga suasana restoran dengan gaya kolonial yang kental sebagai ciri khasnya. Tentu hal ini pula yang membuatnya masih menarik dan berciri khas. Berdiri sejak tahun 1936, Toko Oen berlokasi di Jalan Pemuda No.52 Bangunharjo, Semarang Tengah.

Lumpia Gang Lombok

Lumpia gang lombok yang tak pernah sepi pembeli | Shutterstock

Pencinta Lumpia wajib banget melipir dan mencoba sajian lumpia tertua di Semarang ini, Bun. Berlokasi di Gang Lombok No. 11 Purwodinatan, Semarang Tengah. Lumpia Gang lombok akan membawa Bunda menikmati resep lumpia turun-temurun yang manis, gurih, dan berkualitas.

Lekker Paimo

Kalau Bunda mencari jajanan manis di Semarang, maka Lekker Paimo bisa dijadikan pilihan. Street food kaki lima yang tak pernah sepi pembeli yang juga menjadi favorit masyarakat Semarang maupun wisatawan ini berlokasi di Jalan Karang Anyar No.37 Brumbungan, Semarang Tengah. 

Baca Juga: Selain Patung Merlion, Ini Tempat Wisata Gratis di Singapura

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Ini dia satu lagi kuliner legendaris di Semarang yang wajib dicoba. Warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang telah berjualan sejak tahun 1971.

Lokasinya ada di Jalan Pemuda No.2 Dadapsari, Semarang Utara. Warung nasi goreng ini terkenal dengan menu nasi gorengnya yang tidak ada di tempat lain, yaitu nasi goreng babat gongso yang empuk dan gurih, Bun.

Nasi goreng babat pak karmin | Shutterstock

Tahu Gimbal Pak H. Edi

Tahu gimbal memang cukup populer di hati pecinta kuliner. Mungkin karena itu pula, sudah banyak warung makan khas Semarang di berbagai kota besar Indonesia yang menyajikan menu jajanan ini, Bun.

Namun kalau Bunda tengah berwisata ke kota asalnya, maka Bunda wajib banget mencoba Tahu Gimbal Pak H. Edi yang berlokasi di Jalan Pandanaran No. 2 (Belakang STM 7) Mugassari, Semarang Selatan. Selain menyajikan tahu gimbal dengan cita rasa asli dan pastinya enak, Tahu Gimbal Pak H. Edi merupakan salah satu penjaja tahu gimbal yang cukup populer di Semarang.

Babat Gongso Pak karmin

Satu lagi olahan babat yang menjadi salah satu menu legendaris di Semarang nih, Bun. Berlokasi di Jalan Pemuda No. 2 Dadapsari, Semarang Utara, Babat Gongso Pak Karmin wajib masuk ke daftar kuliner yang wajib Bunda kunjungi saat berkunjung ke Semarang.

Sudah berdiri sejak tahun 1971, Babat Gongso Pak Karmin terkenal dengan cita rasa baba dimasak kecap yang khas. Selain itu, menu babat gongso di sini juga jauh dari yang namanya amis dan alot, Bun. Bunda sekeluarga pasti akan menyukainya.

Nasi Gandul Pak Memed

Nasi gandul banyak dijajakan di Semarang | Shutterstock

Menu nasi gandul cukup populer di Semarang, Bun. Karena itulah akan sangat mudah untuk menemukan menu ini di Semarang. Meski begitu, Nasi Gandul Pak Memet menjadi salah satu yang terfavorit dan sangat populer.

Sudah berjualan selama puluhan tahun, Nasi Gandul Pak Memet yang lezat dan sedap masih menjadi kesukaan dan tak mudah dilupakan. Untuk mencobanya, Bunda dapat mengunjunginya di Jalan Dokter Cipto No.12 Bugangan, Semarang Timur.

Baca Juga: Hobi Berwisata Alam atau ke Tempat Suci, Sudah Tahu Etikanya?

Masih banyak lagi kuliner menarik di Semarang, seperti Warung Bebek Pak Thori, dan Es Puter Conglik, Bun. Apabila Bunda benar-benar niat menyiapkan jadwal kuliner di sana pun, cukup mudah kok, untuk Bunda sekeluarga menemukannya.

Sebagai tips, apabila Bunda dan keluarga berencana untuk mengunjungi dan mencoba berbagai kuliner legendaris di Semarang, usahakan agar jangan datang terlalu sore atau malam supaya tidak kehabisan menu-menu andalannya, ya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela