There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Pekerjaan Lepas atau Bisnis Rumahan, Bunda Mau Coba yang Mana?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 28 Desember 2022 | 10:40 WIB
Menjahit pakaian dan menjualnya menggunakan brand sendiri dapat dikerjakan dari rumah, Bun | Shutterstock

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti Bunda tidak bisa tetap bekerja atau berkreasi, lho. Semakin maju dan berkembangnya zaman justru membuat para Bunda bisa tetap memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan diri dengan kemampuan yang dimiliki.

Meski tidak bekerja di kantor, namun Bunda tetap bisa bekerja atau menjalankan usaha dari rumah! Apalagi pekerjaan freelance atau pekerjaan lepas yang tidak mengikat, atau menjalankan bisnis rumahan, yang waktunya bisa Bunda atur sesuai dengan kemampuan Bunda, juga semakin banyak ditawarkan dan bisa dilakukan tanpa harus mengorbankan waktu untuk si kecil. 

Apabila Bunda memiliki banyak waktu luang di rumah dan tertarik untuk bekerja lepas atau memulai usaha rumahan, berikut ini beberapa ide yang dapat Bunda coba.

Baca Juga: Kebiasaan Menunda Pekerjaan, Ini Pengaruhnya bagi Kehidupan Bunda dan Tips Menghilangkannya

Penulis lepas

Apabila Bunda memiliki kemampuan atau pengalaman sebagai penulis, maka cobalah untuk menjadi penulis lepas, Bun. Mengingat semakin majunya dunia media sosial dan pemasaran digital, membuat jasa penulis kini tengah banyak dicari. 

Menjadi seorang penulis lepas dapat Bunda kerjakan dari rumah sambil mengurus si kecil, lho | Shutterstock

Sebagai langkah awal, Bunda dapat menulis di berbagai platform maupun website yang menerima berbagai tulisan, seperti artikel, cerpen, hingga novel. Nantinya, apabila tulisan Bunda dianggap layak untuk ditayangkan, maka Bunda dapat menghasilkan uang sesuai dengan tarif yang ditawarkan penyedia jasa atau aplikasi tersebut. Beberapa contoh aplikasi maupun website yang menerima tulisan, misalnya Dreame, Wattpad, atau GWP (Gramedia Writing Project).

Dropshipper

Tak bisa dipungkiri, keberadaan e-commerce yang semakin maju dan berkembang kini tengah populer dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, Bun. Tanpa harus menyewa toko, dan dengan modal yang minim pun Bunda bisa lho, ikut menjadi salah satu penjual dengan memanfaatkan jasa e-commerce.

Sedikit tips, apabila Bunda mungkin kesulitan dalam hal modal, maka menjadi dropshipper bisa dijadikan pilihan. Tanpa harus menyetok barang, Bunda hanya tinggal menjajakan atau menawarkan berbagai barang atau kebutuhan. Perlahan tapi pasti dan dengan niat yang baik, Bunda bisa mengumpulkan keuntungan dropshipper untuk dijadikan modal berjualan sendiri.

Awali bisnis online sebagai dropshipper, nantinya Bunda bisa menabung dan memulai bisnis online sendiri | Shutterstock

Baca Juga: Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Cari Kerja

Penjahit

Mempelajari sesuatu yang baru tentu akan memberi kesempatan terbaik bagi Bunda untuk mengembangkan dan mengeksplorasi diri. Selain juga akan memberi pengalaman baru yang menyenangkan, Bun. Yuk, dicoba. Dengan mengikuti kelas menjahit misalnya. Dengan keahlian ini Bunda bisa mulai menjahit pakaian sederhana, seperti kemeja anak atau celana pendek anak untuk dijual.

Nantinya seiring berkembangnya kemampuan Bunda, maka menyediakan jasa menjahit atau memproduksi brand sendiri bisa dicoba.

Bisnis tanaman

Bunda menyukai tanaman dan pandai mengurusnya? Ditambah lagi Bunda memiliki koleksi tanaman yang lumayan banyak? Bisnis tanaman bisa dijadikan pilihan, Bun.

Cobalah dengan memasarkannya dari mulut ke mulut di antara teman maupun keluarga yang juga menyukai tanaman. Apabila memungkinkan, Bunda juga bisa membuat akun media sosial untuk memamerkan dan menjual tanaman koleksi Bunda.

Bunda pintar memasak? Cobalah untuk membuat satu atau dua macam kue yang bisa Bunda tekuni untuk dipasarkan dari mulut ke mulut | Shutterstock

Bisnis makanan

Jangan sia-siakan kemampuan Bunda dalam hal mengolah makanan! Pilihlah menu yang dapat dijajakan dengan mudah, seperti cup cake, brownies, sambal teri, sambal cumi, dan lain sebagainya, untuk dikemas dengan menarik. Beberapa brand makanan rumahan yang menjajakan berbagai menu tersebut terbukti memiliki banyak pembeli lho, Bun.

Baca Juga: Semua Ibu adalah Ibu Bekerja

Bagaimana, sudah memutuskan akan mencoba bisnis atau mencari pekerjaan lepas apa, Bun? Harus diingat kalau semakin banyak kesempatan yang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk berbisnis, tentu membuat Bunda akan memiliki banyak pesaing. 

Meski demikian tidak perlu khawatir, karena Bunda tentu akan memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berjualan dan mendapat keuntungan. Paling tidak, dengan berbisnis Bunda jadi bisa menyalurkan kemampuan dan terus mengembangkan diri. Meski tidaklah mudah, namun selalu ada kesempatan untuk orang yang mau berusaha. Apabila ditekuni pasti bisnis atau pekerjaan lepas yang Bunda pilih bisa semakin maju dan sukses. Semangat ya, Bun!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela