We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Tips Maksimalkan Media Sosial Untuk Cari Kerja

author
Isna Triyono
Senin, 17 Juni 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Media sosial sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari hampir setiap orang.

Tapi belum terlalu banyak orang yang menyadari potensi media sosial untuk membantumu mencari pekerjaan. Padahal jika dimaksimalkan, media sosial bisa jauh menguntungkan untuk kamu, bukan hanya untuk sekadar memajang foto OOTD atau liburan.

Kamu pun bisa memaksimalkan media sosial untuk mencari kerja. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Setelah Interview, Jangan Lupa 5 Hal Ini

1. Imej Positif

Bangun imej positif. Hapus postingan foto atau status yang pernah kamu buat yang bernada negatif. Pastikan apa yang ditampilkan di akun media sosial kamu punya imej yang positif.

2. Bergabung dengan Grup atau Fanpage

Dengan bergabung di grup, fanpage atau komunitas yang berkaitan dengan bidang pekerjaan kamu, membuka peluang mendapatkan informasi soal lowongan kerja. Kamu juga menambah networking.

3. Highlight Prestasi atau Kelebihan

Jangan Cuma foto selfie atau liburan aja. Kamu juga harus meng-highlight apa yang menjadi kelebihan dan prestasimu di time line. Pastikan follower-mu mengingat sosok kamu yang positif dengan prestasi yang mumpuni.

SHUTTERSTOCK |

4. Follow Perusahaan Impian

Dengan begitu, kamu jadi bisa mengetahui update seputar perusahaan tersebut. Siapa tahu ketika ia membuka lowongan kerja, kamu bisa langsung mengetahui infonya.

Baca juga: Balikin Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran, Ini Tipsnya

5. Jangan Di-kunci

Ingat, kamu sedang ingin memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan pekerjaan. Jika akun dikunci alias di-private, hanya pihak-pihak tertentu saja yang bisa melihat profil kamu.

Sementara saat ini, hampir semua perusahaan akan memeprtimbangkan menerima atau menolak lamaran seseorang dengan melihat akun media sosialnya.

 

 

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono