Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Indra Bekti Telah Sadar Pasca Operasi, Keluarga Berharap Pemulihan Berjalan Baik

author
Ruth Sinambela
Jumat, 30 Desember 2022 | 10:59 WIB
Indra Bekti telah sadarkan diri dan akan menjalani pemulihan pasca operasi | Instagram @indybarends

Diduga alami pecah pembuluh darah kepala sebelah kiri hingga membuatnya pingsan di toilet tempatnya bekerja sebagai penyiar radio pada Rabu (28/12/2022), Indra Bekti kini dirawat intensif di RS. Abdi Waluyo.

Cipta, sang adik, memberikan keterangan mengenai kondisi sang kakak yang terbaring tak sadarkan diri, dan menyebutkan kalau kini Indra Bekti telah sadar dan kondisinya stabil pasca menjalani 2 kali operasi. Yaitu operasi penutupan pembuluh darah yang pecah, dan dilanjutkan operasi kedua untuk menghilangkan pendarahannya.

Baca Juga: Waspadai Penyakit Hipertensi pada Anak

Mengalami sakit kepala selama 2 minggu terakhir

Roy, sang asisten, menceritakan kalau Indra Bekti memang telah mengeluhkan pusing atau sakit kepala selama 2 minggu terakhir, meski demikian Indra Bekti tetap bekerja dan menjalani aktivitasnya seperti biasa.

Sempat juga memeriksakan tekanan darahnya, namun Indra Bekti tidak sampai dirawat di Rumah Sakit, Bun. Selain itu, Cipta sang adik juga mengatakan kalau pada hari sang kakak jatuh pingsan sebenarnya keluarga telah menyiapkan kejutan perayaan ulang tahun Indra Bekti, namun tidak sampai dilaksanakan karena kejadian yang menimpanya.

Ditemukan di toilet

Pada hari kejadian Indra Bekti masih menjalankan tugasnya sebagai penyiar radio, Bun. Namun di sela-sela waktu siaran ia meminta izin untuk ke toilet. Indy Barends, yang juga merupakan sahabat dan rekan kerja Indra Bekti pun menceritakan kalau ia meminta beberapa rekan kerja menyusul Indra Bekti ke toilet karena tak kunjung kembali, saat itulah ia menemukan kalau Indra Bekti sudah tak sadarkan diri di dalam toilet.

Indra Bekti bersama sang istri, Aldila jelita | Okezone

Baca Juga: Bukan Cuma Hipertensi, Kelebihan Garam Sebabkan 7 Penyakit Ini

Indy Barends kemudian segera membawa Indra Bekti ke Rumah Sakit bersama rekan-rekannya yang lain. Ia juga menceritakan kalau Aldila Jelita, istri Indra Bekti, sudah standby di Rumah Sakit bersama seluruh keluarga namun tidak anak-anak, Bun. Meski tampak shock pada saat itu Aldila tetap berusaha tegar dan terus mendampingi sang suami. Kita doakan semoga Indra Bekti dapat segera pulih dan berkumpul kembali bersama keluarga tercinta ya, Bun.

Penyebab pembuluh darah di kepala pecah

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di kepala, Bun. Berikut ini beberapa faktornya, seperti dilansir dari halodoc:

  • Cedera karena terjatuh atau terbentur.
  • Vaskulitis atau kondisi peradangan pada pembuluh darah tubuh yang bisa menyebabkan aneurisma hingga pecah.
  • Varises akibat katup kecil di dalam pembuluh darah yang berhenti bekerja dengan baik, sehingga memungkinkan darah terkumpul di dalam pembuluh darah. 
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Gumpalan darah termasuk deep vein thrombosis (DVT)
  • Aterosklerosis atau kondisi menumpuknya plak (kolesterol, lemak, dan zat lainnya) di dalam arteri.

Baca Juga: Waspadai Penyakit Kanker Darah pada Anak Sedini Mungkin, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Banyak hal yang bisa memicu pecahnya pembuluh darah, namun sebagai langkah awal untuk mengetahuinya memang dibutuhkan pemeriksaan menyeluruh, Bun. Karena itulah penting untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan rutin atau medical check-up minimal setahun sekali. 

Apabila Bunda memiliki kesempatan untuk melakukannya maka akan sangat baik dilakukan secara rutin. Selain itu, saat merasakan pusing atau sakit kepala yang tak kunjung membaik bahkan hingga berhari-hari, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter dan jangan menunda-nundanya hanya dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas ya, Bun.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela