The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Asal Diawasi, Bermain Game Online Ada Manfaatnya juga, lho!

author
Ruth Sinambela
Selasa, 3 Januari 2023 | 15:00 WIB
Game online makin banyak dan menarik untuk anak | Shutterstock

Di zaman yang serba online dan semakin canggih ini tentu semakin sulit pula bagi orang tua dalam melarang buah hatinya menggunakan teknologi, salah satunya smartphone. Selain untuk komunikasi, smartphone sekarang ini memang lebih banyak digunakan untuk bermain media sosial, berbelanja online, atau bermain game online.

Khususnya dalam fungsinya untuk bermain game, bukan hanya orang dewasa, Bun. Namun tak dapat dipungkiri kalau anak berusia sekolah dasar, yaitu sekitar usia 6 hingga 13 tahun pun telah banyak menggunakannya.

Karena itulah, bagaimana Bunda bisa membatasi si kecil dalam bermain game online menjadi sangat penting. Meskipun, bukannya tidak boleh, Bun. Karena pada dasarnya, apabila teknologi digunakan secara bijaksana, ternyata dapat juga memberikan manfaat yang baik untuk anak, lho.

Baca Juga: Main Video Games Justru Bisa Picu Anak Rajin Berolahraga?

Berikut ini beberapa manfaat berbeda yang bisa didapat si kecil dengan berbagai cara yang berbeda pula, dari bermain game online secara bijaksana dan tentunya di dalam pengawasan orang tua.

Memahami komputer

Bermain game online tidak hanya bisa dilakukan menggunakan smartphone namun juga komputer, Bun. Dengan bermain game online, tentunya dalam batasan-batasan yang wajar, si kecil akan mengenal dan memahami seluk-beluk komputer. Yang mana sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja sekarang ini dan di masa depan.

Bagaimana pun, pengetahuan akan teknologi tetap dibutuhkan anak, asalkan Bunda dan Ayah jangan sampai lupa untuk mendampingi dan memberikan rules yang harus dipatuhi.

Anak bermain game online, tetap diawasi ya, Bun. | Shutterstock

Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Bermain game online akan membuat si kecil menggerakan mata dan tangan secara bersamaan. Tentu saja kegiatan ini akan melatih kemampuan koordinasi keduanya, Bun. Dengan demikian si kecil juga akan memiliki kemampuan koordinasi di kegiatan lainnya, misalnya saja saat berolahraga.

Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah

Wow, hebat juga bagaimana bermain game bisa sangat menyenangkan namun sekaligus juga memberi manfaat-manfaat hebat seperti mampu membuat si kecil mengambil keputusan hingga menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Playdough Tak Sengaja Tertelan Saat Bermain. Aman Nggak, ya?

Tentunya tidak serta-merta dapat disamakan dengan pengambilan keputusan di real life ya, Bun. Namun poin ini dapat Bunda gunakan untuk mendorong dan menyemangati si kecil, saat ia harus mengambil keputusan sederhana atau menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Menemani anak bermain game online akan membuat Bunda dan Ayah dapat mengontrol penggunaan gadget anak, sekaligus mempererat bonding | Shutterstock

Mendapat banyak informasi dan ilmu pengetahuan

Apabila Bunda atau si kecil memilih game online berkualitas yang memang mengandung banyak tantangan, juga informasi di dalamnya, tentu akan sangat berguna karena anak-anak akan sangat cepat menyerapnya dan belajar darinya.

Namun hati-hati, jangan sampai yang terjadi justru menjadi kerugian bagi tumbuh kembang anak. Yaitu apabila game online menyuguhkan informasi yang tidak valid, berlebihan, atau dark jokes misalnya. Itulah pentingnya pendampingan, pengawasan, dan keterlibatan orang tua dalam memilih game yang sesuai untuk usia anak.

Meningkatkan kreativitas

Dengan melihat warna, gambar, dan suasana yang berbeda, game online dapat memicu kreativitas anak lho, Bun. Tentu cara-cara konvensional seperti menggambar, mewarnai, dan lain sebagainya tetap lebih baik. Namun apabila Bunda mengizinkan si kecil untuk bermain game sesuai aturan yang ditetapkan, ada baiknya mengikuti perkembangan dan kreativitasnya, Bun. Sehingga Bunda juga bisa mengarahkannya ke bidang-bidang tertentu dimana bakat dan kreativitasnya makin terlihat.

Baca Juga:Rekomendasi Taman Bermain Outdoor Ramah Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Sekali lagi, 5 manfaat yang bisa didapat anak dari bermain game online ini merupakan manfaat-manfaat yang tentu saja tidak selalu sama atau bisa diterima oleh setiap anak ya, Bun. Ada banyak faktor yang juga mampu menghilangkan semua manfaat ini.

Karena itulah pengawasan, pendampingan, dan kontrol orang tua tetap sangat penting apabila Bunda dan Ayah memutuskan untuk memberikan waktu bermain game online pada si kecil.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi