Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

Ingin Menyaksikan Atraksi Barongsai? Ini Rekomendasi Tempat dan Waktunya

author
Ruth Sinambela
Selasa, 17 Januari 2023 | 11:00 WIB
Barongsai menjadi atraksi yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Imlek tahun ini, setelah situasi pandemi mereda. | Shutterstock

Jelang Hari Raya Imlek yang jatuh pada Minggu (22/1/2023) yang akan datang, berbagai mal juga tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia pun mulai mempersiapkan pagelaran khusus bagi pengunjungnya. Tak terkecuali pagelaran barongsai, yang merupakan salah satu pagelaran yang paling populer dan banyak diminati masyarakat, Bun.

Setelah beberapa tahun pagelaran barongsai tidak diadakan lantaran masih dalam suasana pandemi, tahun ini diperkirakan berbagai atraksi barongsai akan kembali menggeliat dan memberikan penampilan terbaiknya. Barongsai sendiri menjadi salah satu atraksi perayaan Imlek yang paling ditunggu-tunggu, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Baca Juga: Makanan Khas Imlek yang Penuh Makna dan Harapan

Apabila Bunda menjadi salah satu yang juga suka mengajak si kecil dan keluarga untuk menonton barongsai, maka informasi mengenai tempat-tempat yang akan menggelar atraksi barongsai berikut ini, wajib banget untuk disimak nih, Bun!

Pondok Indah Mall

Bagi Bunda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, wajib banget menyaksikan atraksi barongsai di salah satu mal terbesar di daerah Jakarta Selatan ini. Tidak main-main, Pondok Indah Mall (PIM) akan menghadirkan atraksi barongsai kelas dunia, yaitu Kong Ha Hong Barongsai, yang siap menyapa pengunjungnya di PIM 3 mulai dari 13 Januari hingga 29 Januari 2023.

Berikut ini jadwal pertunjukannya, Bun. Apabila Bunda berencana untuk hadir pastikan untuk datang beberapa saat sebelum pertunjukan dimulai agar bisa mendapat spot terbaik, ya!

  • Senin-Jumat pukul 19.00
  • Sabtu-Minggu pukul 15.00 dan 19.00
  • 21 Januari 2023 pukul 14.00 dan 16.00

 

Pantjoran PIK, Jakarta Utara

Pusat wisata dan kuliner Pantjoran PIK tidak ketinggalan akan menghadirkan atraksi barongsai dalam merayakan Imlek tahun ini. | Shutterstock

Bagi Bunda yang ingin menyaksikan pagelaran barongsai sekaligus juga menikmati suasana khas Pecinan yang instagramable, maka Bunda wajib hadir di salah satu chinatown yang sedang populer di Jakarta dan sekitarnya ini, Bun.

Pantjoran, Pantai Indah Kapuk (Pantjoran PIK) sendiri merupakan pusat kuliner dengan segudang menu yang menarik dan mengundang selera. Apalagi lokasinya yang cantik dengan banyak sekali spot foto, menjadikan Pantjoran PIK begitu populer dan selalu ramai dikunjungi.

Apabila Bunda khusus datang untuk menyaksikan pagelaran barongsai, jangan lupa untuk update terus jadwal atraksinya melalui Instagram @pantjoranpik, ya!

 

Bogor Trade Mall

Melalui Manager Marketing Communication-nya, Tri Wahyuningsih, Bogor Trade Mall (BTM) menyampaikan kalau mulai tahun ini atraksi barongsai kembali akan memeriahkan perayaan Imlek di sana, Bun. Yuk, catat tanggalnya:

  • Atraksi Barongsai dan Liong: 1 Januari 2023
  • Atraksi Barongsai dan Dewa Uang: 7 Januari 2023
  • Atraksi Barongsai dan Sun Go Kong: 12 Februari 2023
  • Atraksi Barongsai Meja: 19 Januari 2023
  • Atraksi Barongsai Tonggak: 26 Februari 2023 

Baca Juga: Selain Angpao dan Barongsai, Ini Fakta Menarik Soal Imlek

 

Pasar Malam Imlek, Padang

Setelah hampir 3 tahun ditiadakan akibat pandemi, tahun ini Pasar Malam Imlek di Kota Padang akan kembali digelar! Berbagai acara, lomba, dan atraksi atau hiburan pun telah dipersiapkan, Bun. 

Bagi Bunda yang berdomisili di Sumatra Barat, berikut ini jadwal atraksi barongsai maupun hiburan lainnya mulai dari 11 Januari hingga puncaknya nanti akan digelar Cap Go Meh pada 5 Februari 2023.

 

Plaza Balai Kota Solo

Sebanyak 5000 lampion, 12 lampion shio, pesta kembang api, dan kirab barongsai, telah mulai terpasang, berlangsung, dan dapat dinikmati di kota Solo. | Shutterstock

Merayakan Imlek di Solo tahun ini akan terasa lebih meriah karena berbagai dekorasi khas Imlek yang sudah terpasang apik di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Jenderal Urip Sumoharjo dan Pasar Gede, Bun. Sebanyak 5000 lampion dan 12 lampion yang melambangkan shio atau zodiak China, sudah dapat dinikmati di sepanjang jalan mulai 5 Januari hingga 10 Februari 2023.

Tak ketinggalan pesta kembang api berdurasi 25 menit yang akan diadakan pada 21 Januari 2023 malam, serta kirab barongsai keliling kota yang akan diadakan pada 4 Februari 2023.

 

Trans Studio Mall, Makassar

Dapat disaksikan secara gratis oleh seluruh lapisan masyarakat, Trans Studio Mall Makassar (TSM Makassar) sudah mulai menyelenggarakan berbagai aktivitas dan hiburan Perayaan Imlek, termasuk juga atraksi barongsai Lion Dance Festival di setiap akhir pekan, Bun.

Bekerjasama dengan Klenteng Xian Ma, Bunda dan keluarga wajib hadir menyaksikan kemeriahannya mulai 7-22 Januari.

 

Vihara Alokitesvara, Siantar

Telah mempersiapkan diri dengan baik, Tim Barongsai Vihara Avalokitesvara, Siantar, melalui ketua timnya, Chandra, seperti dilansir dari radaronline.id, menyatakan kalau pihak Vihara akan mementaskan atraksi barongsai hanya untuk Perayaan Malam Tahun Baru Imlek, yaitu pada tanggal 21 Januari 2023 saja, Bun.

Hal ini menurut Beliau, demi menjaga kesakralan juga makna dari atraksi yang ditampilkan, dan bukannya sekedar menghibur saja tanpa ada pesan dan semangat Imlek di dalamnya.

Baca Juga: Yang Segar Buat Imlek: Mandarin Cake Pudding

 

Selain 7 titik pagelaran barongsai di atas, masih banyak lagi tempat wisata maupun mal yang akan menghadirkan pagelaran barongsai, Bun. Berikut ini di antaranya:

  • Pasar Imlek Semawis, Semarang
  • Kelenteng Hok Ie Kiong, Slawi
  • Royal Plaza, Surabaya
  • Ndayu Park, Sragen

Catat tempat, tanggal, juga waktunya dan jangan sampai ketinggalan untuk kembali menyaksikan semaraknya atraksi barongsai dalam perayaan Imlek tahun ini!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi