A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Chris Hemsworth Didiagnosis Berisiko Tinggi Alzheimer, Sang Istri Berikan Kejutan Manis

author
Ruth Sinambela
Kamis, 26 Januari 2023 | 10:00 WIB
Elsa Pataky mengubah penampilannya menjadi jauh lebuh tua dengan bantuan make-up artist | liputan6.com

Baru-baru ini aktor Hollywood, Chris Hemsworth menjadi perbincangan di kalangan penggemar maupun masyarakat umum lantaran kejutan romantis yang diberikan oleh sang istri, dengan merubah drastis penampilannya persis seperti wanita lanjut usia, Bun. 

Elsa Pataky, istri Chris Hemsworth, memutuskan untuk mengubah penampilannya menjadi seperti lansia sebagai bentuk dukungannya bagi sang suami, yang didiagnosis berisiko 8-10 kali lebih besar terserang penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Cegah Alzheimer’s Dengan 7 Cara Ini

Mendeteksi risiko alzheimer dengan pemeriksaan genetik

Rupanya pada bulan November 2022 yang lalu Chris Hemsworth melakukan tes genetik untuk mengetahui kemungkinan penyakit turunan maupun risiko penyakit yang dimilikinya. Dan menemukan bahwa ia rupanya memiliki dua salinan gen APOE4, yang merupakan gen yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif sendiri merupakan kondisi kesehatan yang menyebabkan jaringan atau organ memburuk dari waktu ke waktu. Ada cukup banyak jenis penyakit generatif yang terkait dengan penuaan, atau memburuk selama proses penuaan, terkait juga masalah genetik dan pilihan gaya hidup. 

Dalam hal ini, Chris Hemsworth mendapati kalau penyakit degeneratif yang mungkin dialaminya adalah Alzheimer. Yang artinya, aktor pemeran Thor ini memiliki kemungkinan atau risiko delapan hingga sepuluh kali lebih besar untuk mengembangkan penyakit tersebut di kemudian hari.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Geriatri, Kondisi Kesehatan yang Diduga Para Ahli sebagai Penyebab Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Chris Hemsworth memutuskan untuk cuti sejenak dari dunia akting untuk fokus pada kesehatan juga kelu | Daily Mail

Rehat dari dunia akting

Setelah mengetahui kondisi kesehatannya tersebut, pada akhirnya Chris Hemsworth memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia akting maupun hiburan, untuk fokus pada kesehatannya. 

Karena itu pulalah sang istri memberikan kejutan menyenangkan tersebut, dengan tujuan sebagai bentuk dukungan bagi sang suami. Dengan harapan apabila kelak suaminya benar-benar mengalami Alzheimer, memori tersebut dapat tetap bertahan di dalam ingatannya.

Elsa Pataky berharap kalau suaminya dapat tetap mengingatnya, dengan melihatnya menua sekarang sebelum ia mungkin kehilangan memorinya akibat Alzheimer.

Mengapa demikian? Hal ini karena penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang cukup unik, Bun. Tidak langsung menghilangkan memori jangka panjang, Alzheimer sebaliknya justru perlahan menghilangkan memori jangka pendek. Sehingga seringkali orang dengan Alzheimer justru terlebih dahulu melupakan orang-orang yang berada di dekatnya sekarang daripada orang-orang di masa lalu.

Karena itulah, Elsa Pataky berupaya membuat memori atau ingatan mengenai wajah tuanya bersama Chris Hemsworth sekarang, agar sang suami dapat mengingatnya kelak, baik ketika muda maupun tua, Bun.

Baca Juga: Ini Dia 10 Drama Korea Tahun 2023 yang Paling Ditunggu, Ada Favorit Bunda?

Manis sekali bukan? Meski tak sedikit pula yang menilai kalau usaha tersebut kurang efektif atau terkesan berlebihan. Bagaimana pun hal seperti ini tentu saja menjadi hak masing-masing orang untuk berusaha yang terbaik sesuai dengan kemampuannya ya, Ayah Bunda.

Untuk terus menjaga rasa sayang, membangun kepercayaan, hingga menanamkan sebanyak-banyaknya memori indah bersama pasangannya masing-masing, tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk bagaimana pasangan selebritis Chris Hemsworth dan Elsa Pataky melakukannya, begitu pula dengan Bunda dan Ayah!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi