A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Tanamkan TRICK agar Anak Sukses di Masa Depan

author
Ruth Sinambela
Senin, 10 April 2023 | 11:09 WIB
Memberikan kepercayaan pada anak sebaiknya dilakukan dengan tulus agar anak bisa merasakan manfaatnya, Bun | Shutterstock

Mengasuh dan membesarkan si kecil merupakan kewajiban Bunda dan Ayah tatkala memutuskan untuk memiliki buah hati dan menjadi orang tua. Meski demikian harus dipahami kalau menjadi orang tua sepenuhnya tidak cukup hanya dengan membesarkan saja.

Sangat penting untuk Bunda dan Ayah juga mendidik dan membantu si kecil agar tumbuh sebagai pribadi yang baik, bahagia, kuat, dan sukses! Meskipun pada akhirnya semua hal baik tersebut tetap memerlukan usaha dari diri anak sendiri, tak ada salahnya kalau Bunda ikut menanamkan kebaikan dalam mendukung pertumbuhan tersebut.

Baca Juga: 6 Poin Penting Agar Si Kecil Sukses Belajar di Sekolah

Berikut ini 5 nilai-nilai kebaikan TRICK (Trust, Respect, Independence, Collaboration, Kindness) yang dibutuhkan dan wajib dimiliki si kecil sejak dini, Bun!

Membiasakan anak untuk mandiri akan membantunya siap saat waktunya terjun di tengah-tengah masyarakat | Shutterstock

Kepercayaan (Trust)

Mulailah dengan mempercayai keputusan yang telah diambil oleh diri sendiri, maka akan mudah bagi Bunda dan Ayah untuk mempercayakan sesuatu kepada si kecil. Ingat Bun, kepercayaan hanya dapat berhasil dan memberikan manfaat apabila dilakukan dengan tulus dan atas dasar yang nyata atau tidak dibuat-buat.

Dihargai (Respect)

Setiap anak memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing-masing. Maka hormati segala hal yang mereka sukai dan beri pujian ketika mereka memilih untuk bersikap baik, Bun. Bahkan terkadang apa yang menurut orang tua baik pun tidak selalu benar-benar baik bagi masing-masing anak. Maka akan sangat baik apabila orang tua mau berempati dan membuka diri atas pilihan maupun pendapat yang mungkin berbeda dari anak.

Baca Juga: 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Si Kecil Mandiri

Kemandirian (Independence)

Didasari oleh kepercayaan dan hormatlah, maka anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Sebaik-baiknya Bunda mengurus dan merawat si kecil, namun ketika tidak bisa membantu anak untuk mandiri maka peluang terbesar yang mungkin terjadi adalah anak menjadi anak yang manja dan kurang bisa berkompetisi di masa depan.

Mengajak anak untuk selalu ikut ambil bagian saat Bunda melakukan pekerjaan rumah merupakan salah satu bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan anak yang sukses di masa depan! | SHUTTERSTOCK

Kebersamaan (Collaboration)

Peliharalah hubungan dan komunikasi yang baik dan hangat, dengan terbiasa bekerja sama atau melibatkan si kecil ketika menyelesaikan suatu pekerjaan atau masalah. Waktu berkualitas adalah kuncinya. Baik di rumah maupun di luar rumah, waktu berkualitas selalu bisa tercipta saat Bunda dan Ayah mau terlibat dan ikut ambil bagian dengan apa yang dilakukan anak. Dengan demikian nantinya anak pun akan mampu bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain di luar rumah.

Kebaikan (Kindness)

Menjadi pribadi yang baik untuk satu sama lain, juga secara aktif berbuat baik dan menolong sesama di luar rumah atau di lingkungan tempat tinggal, merupakan hal yang wajib dipupuk di dalam diri anak sejak kecil, Bun. Tidak melulu menyangkut agama atau kepercayaan, namun kebaikan juga bisa dilakukan lewat berbagai cara tanpa melihat perbedaan.

Baca Juga: Yuk, Ajak Si Kecil Memasak Bersama Bunda dan Ayah!

Yuk, mulai mengaplikasikan TRICK dengan menanyakan pada si kecil apa yang ingin ia lakukan di sepanjang minggu ini, Bun. Atau lebih hebat lagi, biarkan si kecil yang mengatur kegiatannya sendiri! Dan lihatlah, hal sederhana ini akan menjadi dasar dari hal-hal besar yang kelak akan menjadikannya orang yang sukses, lewat potensi yang dimilikinya, yaitu kemandirian, kepercayaan diri, kepemimpinan, dan empati.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi