Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

5 Negara Ramah Anak yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan Bersama Si Kecil

author
Ruth Sinambela
Jumat, 21 April 2023 | 15:00 WIB
Persiapkan fisik dan kesehatan yang memadai sebelum berlibur, agar liburan lancar dan menyenangkan | Shutterstock

Libur Lebaran sudah di depan mata, Bunda dan Ayah tentu sudah punya rencana sendiri-sendiri untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga bukan? Baik di rumah saja, ke luar kota, maupun ke luar negeri pasti akan sama menyenangkannya asal dilakukan bersama orang-orang tersayang, Bun.

Khusus bagi Bunda yang ingin berlibur ke luar negeri, berikut ini merupakan rekomendasi negara-negara ramah anak yang bisa dijadikan tujuan liburan beserta alasannya. Meski belum memungkinkan untuk dilakukan sekarang, siapa tahu tahun depan bisa berangkat ke salah satu negara ramah anak berikut ini ya, Bunda! Yuk, amin-kan bareng-bareng... 

Baca Juga: Seperti di Luar Negeri, Ini 7 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Jepang

Menikmati sakura di Jepang bersama keluarga | Shutterstock

Negeri Sakura memang terkenal memiliki banyak destinasi wisata anak seperti Disneyland, Ghibli Museum, hingga berbagai festival menarik di sepanjang tahun, Bun. Ditambah lagi, festival yang diselenggarakan di Jepang pun kebanyakan gratis juga menawarkan berbagai kegiatan menarik untuk anak. Sehingga akan sangat menyenangkan untuk menikmati suasana juga mengenal berbagai budaya di sana.

Korea Selatan

Mengajak anak berlibur ke Korea Selatan | Shutterstock

Korea Selatan tentu menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Bunda dan Ayah kunjungi bersama si kecil. Terlebih lagi kalau buah hati Bunda dan Ayah termasuk penggemar K-Pop! Anak-anak pasti akan sangat antusias kalau diajak berlibur ke negeri ginseng. 

Namun tak hanya si kecil kok, Bun. Karena banyak juga tempat wisata menarik, yang menyuguhkan keindahan alam hingga kebudayaan Korea Selatan, yang tentunya cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga.

Singapura

Bermain wahana di Universal Studio, Singapura | Shutterstock

Saat tak ingin berlibur terlalu jauh namun juga butuh suasana berbeda untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Ditambah lagi kalau Bunda dan keluarga juga memiliki waktu terbatas untuk berlibur ke luar negeri, maka Singapura dapat dijadikan pilihan. 

Baca Juga: Si Kecil Mendadak Sakit Saat Liburan, Apa yang Sebaiknya Dipersiapkan?

Selain memiliki Universal Studios, Singapura juga menyuguhkan suasana kota modern yang bersih dan rapi, selain itu banyak juga wisata kuliner menarik yang bisa Bunda sekeluarga coba di sana.

Australia

Mengajak anak mengunjungi kangguru di negeri asalnya | Shutterstock

Si kecil pasti akan sangat senang kalau Bunda mengajaknya berlibur ke Australia, rumahnya kangguru dan koala, Bun!

Namun tenang, bukan hanya bisa mengunjungi dan melihat kedua hewan tersebut saja. Australia juga terkenal di kalangan turis mancanegara karena menyuguhkan suasana kota modern dengan arsitektur ala Eropa. Kota-kota di Australia juga terkenal bersih dan santai, belum lagi keindahan alam Australia yang pasti akan membuat pengunjungnya ingin kembali lagi dan lagi.

New Zealand

Rumah Hobbit di New Zealand, anak-anak pasti menyukainya! | Shutterstock

Tidak diragukan lagi New Zealand akan menjadi destinasi wisata yang menyenangkan untuk si kecil, bahkan hanya dengan berjalan-jalan di pedesaannya saja lho, Bunda!

Tempat wisata di New Zealand memang sangat terkenal dengan pesona keindahan alamnya yang luar biasa. Pantas saja bentang alam New Zealand sering digunakan untuk kebutuhan shooting film Hollywood, sebut saja film yang paling terkenal, The Lord of The Rings.

Baca Juga: Hobi Traveling? Waspadai 5 Penyakit Langganan Liburan Ini

Masyarakat New Zealand juga sangat ramah pada pengunjung atau turis, ditambah lagi jumlah penduduk di sana pun termasuk sedikit, sehingga tidak padat sama sekali. New Zealand merupakan negara yang nyaman dan aman untuk dikunjungi, khususnya bagi turis yang membawa rombongan atau keluarga besar.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi