Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Desta Gugat Cerai Natasha Rizky. Sempat Curhat Kalau Perbedaan Usia Menjadi Kendala

author
Ruth Sinambela
Jumat, 19 Mei 2023 | 15:00 WIB
Desta dan Natasha Rizky telah menikah selama 10 tahun | Instagram @Desta80s

Kabar perceraian dan perselingkuhan di kalangan selebritis sepertinya kini sedang banyak-banyaknya. Tak hanya satu atau dua, masyarakat pun dikagetkan dengan berderetnya kasus perselingkuhan hingga perceraian yang tersebar di jejaring sosial maupun infotainment.

Salah satu yang paling hangat adalah berita perceraian yang menyeret nama presenter dan musisi, Deddy Mahendra Desta atau lebih dikenal sebagai Desta, yang menceraikan sang istri, Natasha Rizky.

Alasan bercerai

Melalui kuasa hukumnya, Hendra K. Siregar, Desta telah mendaftarkan gugatan cerai terhadap Natasha Rizky secara e-court pada Kamis (11/5/2023) yang lalu. Keterangan ini didapat dari Humas pengadilan agama Jakarta Selatan, Taslimah, seperti dilansir dari Viva.co.id.

Taslimah juga mengungkapkan bahwa jenis perkara yang diajukan yaitu permohonan talak untuk diberi izin bercerai, tanpa menyertakan permohonan hak asuh anak maupun harta gono-gini. Hal ini sepertinya mengungkapkan harapan Desta untuk bercerai secara baik-baik dari sang istri yang telah 10 tahun dinikahinya itu, Bun.

Baca Juga: 5 Ciri Utama Pernikahan Sehat

Sudah tidak tinggal serumah

Dalam keterangannya kepada wartawan, Kuasa Hukum yang mewakili Desta juga mengungkapkan kalau Desta dan Natasha memang telah beberapa waktu sudah tidak tinggal serumah. Selain itu mengenai alasan perceraian, Kuasa Hukum memastikan kalau tidak ada permasalahan orang ketiga maupun ekonomi yang membuat keduanya memutuskan untuk bercerai.

Keduanya dikabarkan sudah tidak tinggal serumah | TribunNews

Namun perbedaan visi dan misi yang juga diwarnai dengan seringnya terjadi percekcokan lah yang pada akhirnya membuat keduanya merasa kalau sudah tak lagi bisa hidup bersama sebagai suami-istri. 

Bagaimana pun, melalui Kuasa Hukumnya, Desta juga menyampaikan kalau ia bersedia dan mau bertanggung jawab penuh untuk ketiga buah hatinya bersama Natasha.

Terpaut usia 16 tahun

Seperti sudah diketahui masyarakat luas, Desta dan Natasha menikah saat Natasha masih berusia 19 tahun dan Desta sendiri 35 tahun, Bun. Perbedaan 16 tahun usia mereka pada saat itu juga sempat menjadi masalah bagi keluarga, khususnya dari pihak orang tua Natasha.

Namun permasalahan tersebut pada akhirnya bisa diselesaikan dengan baik, hingga akhirnya keduanya dapat menikah hingga melahirkan 3 orang anak.

Baca Juga: Bertengkar Sehat dan Manfaatnya di Dalam Pernikahan

Curhat Desta dan Natasha

Apakah perbedaan usia tersebut yang menjadi salah satu masalah di antara keduanya untuk bisa menyamakan kembali visi dan misi di dalam berumah tangga, kita tidak pernah tahu.

Namun dalam beberapa kesempatan, Desta sempat menyampaikan bahwa penyebab masalah yang sering kali melanda hubungannya dengan Natasha adalah perbedaan usia. Hal ini ia sampaikan salah satunya ketika diundang sebagai tamu oleh Najwa Shihab dan Ayahnya, Quraish Shihab.

Desta dan Natasha Rizky sempat curhat masalah rumah tangga 2 tahun yang lalu di kanal Youtube Najwa Shihab | Youtube: Najwa Shihab

Seperti dilansir dari Suara.com, Desta pada saat itu mengatakan kalau sikap Natasha kerap ambisius saat menginginkan sesuatu sehingga terkadang membuatnya kewalahan. 

“Caca kan ni beda umurnya jauh ya, dia masih menggebu-gebu dalam ya segala macam hal lah, kalau dia ada keinginan, dia harus menggebu-gebu, sampe kadang saya ya ampun, jadi saya kewalahan gitu,” kata Desta, mengutip dari TikTok @pasutrisejati, Kamis (18/5/2023).

Di sisi lain Natasha juga mengungkap kalau yang paling sering membuat hubungan mereka down adalah perbedaan pendapat yang kerap terjadi.

“Yang lumayan agak berat tuh, ini sih perbedaan pendapat, Aca (Natasha Rizky) tuh sering banget beda pendapat sama Desta. Jadi kayak, Destanya ke sini, Acanya ke sini, gitu. Nah itu yang sebenarnya bikin kita tuh jadi down.” Ungkap Natasha pada saat itu.

Baca Juga: Membangun Komunikasi Interpersonal dalam Pernikahan

Pernikahan beda usia

Menikah dengan beda usia terpaut jauh memang seringkali menjadi masalah dalam berumah tangga, Bun. Apalagi ketika perbedaan pendapat mulai lebih sering terjadi dan masalah yang timbul tak segera diselesaikan dengan baik.

Permasalahan yang menumpuk dan tak terselesaikan atau menemukan titik temu inilah yang kemungkinan besar bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Mulai dari berkurangnya komunikasi, pertemuan yang tidak hangat atau mesra lagi, hingga sama-sama berada pada titik jenuh dan menyebabkan perpisahan.

Diperlukan usaha yang lebih keras untuk mewujudkan pernikahan beda usia yang berjalan baik | Shutterstock

Bagaimana pun, bukannya permasalahan tersebut tak bisa dialami juga oleh pasangan yang usianya tidak jauh berbeda. Namun pada pasangan yang memiliki perbedaan usia jauh tentunya butuh perhatian ekstra untuk bisa membina rumah tangga yang bahagia.

Selain itu, tentu saja di dalam pernikahan akan selalu menjadi masalah, termasuk pada pernikahan beda usia jauh. Tentu bisa diperjuangkan kok, Bun. Berikut tips menjalani pernikahan dengan usia yang terpaut jauh:

  • Selalu menjaga komunikasi
  • Berjuang dan berkomitmen bersama untuk mengatasi masalah yang datang
  • Mengakui adanya perbedaan, namun mau memandangnya sebagai keberagaman yang positif
  • Setuju untuk tidak setuju ketika mendapati ketidaksamaan masing-masing
  • Mau bernegosiasi dan sepakat untuk mengatur sedemikian rupa agar kedua pihak mendapatkan win-win solution
  • Sama-sama mau diajak berkompromi
  • Menyadari sepenuhnya kalau pasangan tengah ada di fase hidup yang berbeda

Baca Juga: Fase-fase dalam Pernikahan dan Bagaimana Menyikapinya

Pada akhirnya, siapakah orang yang bisa memutuskan kepada siapa akan jatuh cinta, dan bagaimana masa depan dirinya di dalam pernikahan kelak. Apa pun masalahnya, Bunda tentu setuju kalau semua pernikahan pasti memiliki cara sendiri-sendiri untuk menemukan titik temu agar bisa terus menjalaninya.

Begitu pula yang kita harapkan untuk pasangan suami-istri Desta dan Natasha ya, Bun. Mudah-mudahan akan ada titik temu terbaik di antara keduanya, sehingga keluarga yang sudah dibina selama 10 tahun ini bisa kembali utuh dan bahagia. Khususnya untuk anak-anak. Kita doakan ya, Bun. Semoga.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi