A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Penis Anak 9 Tahun Terbakar saat Sunat Laser, Kok Bisa?

author
Ruth Sinambela
Kamis, 1 Juni 2023 | 15:00 WIB
Sunat metode cauter lebih dikenal sebagai metode sunat laser |

Seorang anak berusia 9 tahun di Palembang baru-baru ini mengalami kejadian kurang menyenangkan saat disunat, Bun. Penisnya terbakar saat disunat menggunakan metode laser, sehingga membuatnya harus menjalani operasi untuk penyembuhan dan pemulihan.

Dokter yang melakukan metode sunat tersebut kini tengah menjalani proses penyidikan dan mengaku pasrah dengan kejadian ini. Ia juga mengaku akan menerima segala bentuk hukuman yang harus dijalaninya, karena mediasi untuk perdamaian tak menemukan kata sepakat. Alasannya, permintaan ganti rugi dari keluarga korban jumlahnya terlalu besar dan tak dapat dipenuhi oleh Dokter tersebut, Bunda.

Baca Juga: Ini 5 Metode Sunat di Indonesia, Bunda Pilih Mana?

Sunat laser yang dikenal masyarakat
Metode laser yang dikenal di masyarakat umum sendiri sebenarnya bukanlah metode laser yang sesungguhnya, Bun. Bukannya menggunakan laser, metode laser ini justru menggunakan alat elektrikauter yang terbuat dari lempengan logam panas.

Karena itulah, menurut ahli bedah syaraf, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, seperti dilansir dari Kompas.com. Sunat dengan metode ini memang memiliki risiko terbakar, khususnya apabila dokter atau petugas yang melakukannya kurang hati-hati atau belum berpengalaman.

Berbagai jenis metode sunat di Indonesia dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Bunda dan si kecil | Okezone.com

Sunat laser yang sesungguhnya, mahal dan jarang ditemukan
Sunat metode laser yang sesungguhnya memang ada di dunia kedokteran, Bun. Namun tak seperti sunat laser yang dikenal masyarakat. Sunat laser asli belum atau tidak terlalu populer di kalangan masyarakat karena harganya yang relatif mahal.
Bagaimana tidak, sunat metode laser yang asli ternyata harus menggunakan alat laser canggih dan sesuai standar. Karena itulah sunat metode ini hanya tersedia di beberapa klinik khusus maupun Rumah Sakit besar di kota-kota besar pula!

Meski demikian, hasil yang diberikan sunat laser asli memang sangat baik dengan tindakan yang nyaman bagi anak

Baca Juga: Bayi Mengalami Fimosis Harus Segera Disunat?

Kelebihan sunat laser dengan elektrikauter
Baik sunat metode laser asli maupun yang menggunakan elektrikauter keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Bun. Misalnya saja sunat laser asli sulit dicari dan harganya pun mahal sekali, meskipun sunat laser asli juga memiliki kelebihan yaitu sangat aman dan nyaman untuk pasien.

Metode sunat klem | Antara News

Lain lagi dengan sunat metode laser menggunakan elektrikauter. Meskipun sebenarnya metode ini juga cukup aman asal dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman. Namun juga memiliki kekurangan, yaitu:

  • Hasilnya sulit diprediksi
  • Risiko tinggi penis terjepit dan glands terpotong
  • Bisa menimbulkan luka bakar
  • Pembengkakan
  • Area yang dipotong terasa panas

Namun sunat laser elektrikauter juga memiliki kelebihan, yaitu:

  • Selesai lebih cepat
  • Tidak banyak perdarahan
  • Tidak perlu dijahit
  • Anak lebih berani atau tidak ketakutan

Baca Juga: Merawat Bayi yang Baru Disunat, Ini 7 Caranya

Memilih sunat metode apa pun untuk si kecil sepenuhnya ada pada keputusan Bunda dan Ayah. Meski demikian, sebaiknya pilihlah tenaga medis maupun klinik yang sudah terpercaya dan berpengalaman. 

Agar anak pun dapat menjalani proses sunatnya dengan lancar dan tanpa kendala apa pun. Khususnya terhindar dari risiko-risiko yang mungkin terjadi dan merugikan kesehatannya.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi