When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

7 Tempat Wisata Menarik dan Unik untuk Mengisi Libur Sekolah

author
Ruth Sinambela
Kamis, 15 Juni 2023 | 12:00 WIB
Skyworld Taman Mini Indonesia Indah | TMII

Akhir tahun ajaran sudah di depan mata, libur sekolah pun segera tiba! Sudah merencanakan liburan ke mana bersama si kecil, Bun? Ke luar kota, luar negeri, atau di dalam kota saja? Ke mana pun dan di mana pun tidak masalah ya, Bunda. Asalkan bersama keluarga tercinta, diajak ke mana pun si kecil pasti gembira. Bahkan walau hanya di rumah saja.

Namun kalau memungkinkan dan ada waktunya, boleh juga nih Bunda mengajak si kecil liburan ke tempat wisata baru, menarik dan unik berikut ini. Lokasinya pun masih di sekitaran Jakarta. Jadi bisa mulai direncanakan dari sekarang, ya!

Baca Juga: 5 Negara Ramah Anak yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan Bersama Si Kecil

The Wave Pondok Indah

The Wave Pondok Indah Mall | pondokindahwaterpark.co.id

Kalau ingin mengajak si kecil bermain air, cobalah The Wave Pondok Indah yang berlokasi di Jakarta Selatan ini, Bun. Selain bersih dan nyaman, The Wave Pondok Indah juga memiliki banyak sekali permainan air yang seru dan pasti akan disukai si kecil.

Skyworld Taman Mini Indonesia Indah

Tidak perlu mahal, mengajak si kecil melihat keajaiban luar angkasa dan merasakan suasananya di sini pasti akan sangat menyenangkan. Setelah itu, Bunda juga bisa sekalian bersantai di Taman Burung TMII atau mengajak si kecil bermain di arena bermain, atau nonton film di teater IMAX Keong Mas.

Museum of Toys

Museum of Toys | MoT

Berlokasi di Rukan CBD, Tangerang. Museum yang satu ini memamerkan banyak sekali koleksi mainan yang merupakan koleksi pribadi sang pendiri museum, Bun. Banyak sekali mainan yang dipamerkan di sini, dan tak sedikit pula mainan yang merupakan barang langka atau limited edition.

Selain itu, setelah berkunjung di Museum of Toys, Bunda dan keluarga bisa menikmati kafe cantik di lantai bawah untuk beristirahat dan santap siang!

Kitchen Magic

Kitchen Magic di Mal Kota Kasablanka |

Apabila Bunda ingin mengajak si kecil jalan-jalan ke mal, maka Mal Kota Kasablanka bisa jadi pilihan. Pasalnya di sana juga ada arena bermain sekaligus belajar memasak untuk anak-anak, Kitchen Magic! Tarifnya beraneka ragam, mulai dari 60.000 sampai 210.000 Rupiah, tergantung paket masak yang dipilih. Tidak perlu khawatir, si kecil pasti akan senang sekali mengikuti kelas memasak di sini karena dibuat semudah dan semenarik mungkin.

Baca Juga: Manfaat dan Rekomendasi Kelas Yoga Anak di Jakarta

Hiking Bocah

Serunya mengajak si kecil berpetualang dan bersatu dengan alam | Hiking Bocah

Bosan ke tempat wisata yang itu-itu lagi? Yuk, sesekali ajak si kecil hiking yang aman namun juga menyenangkan. Hiking Bocah bisa jadi pilihan, karena trek atau jalur pendakian pun disesuaikan dengan usia anak.

Selain itu, si kecil juga bisa menikmati kegiatan seru lainnya, seperti menangkap ikan atau rafting, lho. Untuk keterangan lebih jelas, Bunda bisa mencari informasi di media sosial resminya @hikingbocah!

The Bucket List, Sentul

Bunda dan keluarga dapat menyewa lapangan basket 1 0n 1 untuk bermain bersama si kecil | The Bucket List, Sentul

Berlokasi di Taman Budaya Sentul, The Bucket List menyajikan suasana basket yang kental. Terdapat kafe dan museum, tempat ini cocok sekali untuk Bunda yang ingin mengajak si kecil lebih mengenal olahraga basket. 

Selain itu, di sini juga menyediakan lapangan basket 1 on 1 yang bisa disewa perjam. Bunda, Ayah, dan si kecil bisa bermain basket bersama secara private di sini. Berolahraga sekaligus quality time!

Glamping Lakeside Rancabali

Bermain golesat di tengah panorama nan indah dan udara sejuk | Glamping lakeside rancabali/ travelingyuk.com

Salah satu tujuan glamping yang lengkap nih, Bun. Selain tempatnya sejuk dan sirene sekali, karena berada tepat di samping Situ Patenggang juga dikelilingi hutan dan kebun teh. Glamping Lakeside juga memiliki berbagai aktifitas menarik untuk buah hati Bunda dan Ayah. Seperti memetik stroberi, golesat, rabbit hills, menyusuri danau dengan perahu, dan masih banyak lagi. Si kecil pasti tak akan bosan saat menginap di sini.

Baca Juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

Bagaimana, sudah pernah mengajak si kecil berwisata ke tujuh tempat wisata di atas, Bun? Kalau belum, boleh banget dijadikan inspirasi untuk menghabiskan waktu bersama dan mengisi liburan panjang akhir tahun sekolah, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi