Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

Balita Doyan Pedas, Boleh Tidak, ya?

author
Ruth Sinambela
Rabu, 21 Juni 2023 | 11:39 WIB
Cita rasa pedas boleh diperkenalkan pada anak, namun harus bertahap | Shutterstock

Setiap anak tentu memiliki selera makan yang berbeda, dan beberapa balita mungkin menunjukkan minat yang lebih terhadap makanan bercita rasa pedas. Hal ini sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang harus dihindari atau dilarang, Bun.

Namun, penting bagi Bunda dan Ayah untuk mempertimbangkan kesehatan dan kenyamanan anak  ketika memberikan makanan pedas atau tidak. Jangan sampai terlalu berlebihan dan justru menyebabkan terganggunya kesehatan si kecil, Bun.

Berikut beberapa tips yang bisa Bunda terapkan pada si kecil yang doyan pedas, agar mereka tetap dapat menikmati makanan pedas namun juga kesehatan dan keamanannya terjamin!

Baca Juga: Langkah-Langkah Mengenalkan Makanan Pedas pada Anak

Konsultasikan dengan dokter anak

Sebelum memperkenalkan makanan pedas pada balita, disarankan agar Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu. Bagaimana pun, hal ini penting dilakukan apabila si kecil memang selalu meminta menu pedas setiap hari. 

Apalagi dokter tentu lebih memahami kondisi kesehatan anak sehingga dapat memberikan nasihat yang sesuai berdasarkan kondisi medis yang dimilikinya, termasuk mengenai sistem pencernaan dan toleransi anak terhadap makanan pedas itu sendiri.

Cita rasa pedas diyakini dapat meningkatkan nafsu makan anak | Shutterstock

Mulailah dengan pedas yang ringan

Jika Bunda memutuskan untuk memberikan makanan pedas pada balita, maka mulailah dengan makanan pedas yang ringan atau dalam jumlah kecil. Misalnya, Bunda dapat menambahkan sedikit rempah-rempah atau cabai pada hidangan yang biasanya mereka konsumsi. Perlahan-lahan tingkatkan kepedasan seiring waktu, sambil memantau reaksi dan kenyamanan tubuh anak.

Perhatikan tanda-tanda ketidaknyamanan

Selalu perhatikan tanda-tanda ketidaknyamanan yang mungkin ditunjukkan oleh balita setelah mengonsumsi makanan pedas. Termasuk di antaranya perut kembung, diare, atau reaksi alergi. Jika Bunda melihat tanda-tanda ini, segera hentikan pemberian makanan pedas. 

Baca Juga: Makan Makanan Pedas Saat Menyusui, Ini Manfaatnya Bagi Bayi

Kombinasikan dengan makanan sehat

Mengonsumsi makanan pedas boleh-boleh saja asalkan aman untuk kesehatan si kecil. Namun Bunda juga harus memastikan kalau makanan pedas yang diberikan juga telah dikombinasikan dengan makanan sehat. 

Perhatikan asupan gizi seimbang dan pastikan si kecil tetap mendapatkan nutrisi yang cukup dari sumber makanan lainnya. Sebagai contoh, tambahkan sayuran, buah-buahan, dan protein ke dalam hidangan pedas yang si kecil sukai.

Perbanyak minum air putih agar si kecil yang menyukai makanan pedas tidak dehidrasi | Shutterstock

Batasi jumlah dan frekuensi

Meskipun si kecil mungkin menikmati makanan pedas, penting untuk tetap membatasi jumlah dan frekuensinya ya, Bun. Jangan biarkan makanan pedas menjadi makanan utama dalam menu makan mereka setiap hari. Pastikan mereka tetap mendapatkan variasi makanan yang seimbang dan Bunda selalu menyediakan pilihan makanan lain yang tidak pedas untuk selingan.

Jaga asupan cairan

Makanan pedas mungkin bisa menyebabkan dehidrasi, maka pastikan si kecil mengonsumsi cukup air setelah mengonsumsi makanan pedas, Bun. Ini akan membantu menjaga kecukupan cairan dan meringankan efek samping seperti mulut kering.

Baca Juga: Busui, Stop Makan Makanan Pedas Jika Bayi Menunjukkan Gejala Ini

Penting untuk diingat bahwa setiap anak berbeda, dan tidak semua balita akan nyaman dengan makanan pedas. Bagaimana pun, Bunda wajib menghormati kegemaran atau preferensi selera makan mereka. 

Namun perlu diingat bahwa Bunda dan Ayah juga bertugas mengawasi dan menyetop konsumsi makanan pedas si kecil apabila diperlukan. Selain itu, selalu konsultasikan dengan dokter anak mengenai apa yang boleh dan tidak boleh, aman atau kurang baik untuk si kecil, ya.

Sebagai orang tua, yang terpenting adalah menjaga kesehatan dan kenyamanan si buah hati. Maka alangkah baiknya apabila Bunda dapat membantu menjaga balita tetap aman dan mau terus mencoba untuk mengajak anak mengeksplorasi rasa makanan yang baru.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi