What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Yuk, Ajak Si Kecil Kamping, Bun! Ini yang Harus Dipersiapkan

author
Ruth Sinambela
Kamis, 22 Juni 2023 | 09:36 WIB
Berkemah atau kamping pasti akan sangat menyenangkan untuk mengisi libur sekolah si kecil, Bun | Dick's Sporting Goods

Kamping merupakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, terutama dengan melibatkan anak-anak. Kamping tidak hanya memberikan pengalaman seru di alam terbuka, tetapi juga dapat memperkuat hubungan anak dan  orang tua serta memberikan kesempatan bagi si kecil untuk belajar dan mengeksplorasi alam. 

Persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan kamping berjalan lancar dan aman ya, Bunda. Berikut ini tips mempersiapkan kamping untuk mengisi libur sekolah!

Pilih lokasi yang tepat

Pertimbangkanlah untuk memilih lokasi kamping yang sesuai dengan usia dan minat anak. Apabila Bunda maupun Ayah tidak terbiasa atau terlatih untuk kamping di gunung dengan peralatan kamping yang harus dibawa dan didirikan sendiri, maka sebaiknya pilihlah tempat kamping khusus yang sudah menyediakan tenda. 

Baca Juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

Atau Bunda juga bisa mencari tempat kamping yang kids-friendly sehingga medan atau lokasinya tidak terlalu sulit. Pastikan pula lokasi yang dipilih memiliki fasilitas yang memadai seperti area bermain anak, toilet dan sumber air bersih, juga aman dan mudah dijangkau.

Rencanakan dari jauh-jauh hari

Buatlah perencanaan yang baik sebelum kamping dilakukan. Tetapkan tanggal, durasi, dan aktivitas yang akan dilakukan selama kamping. Diskusikan rencana ini bersama si kecil sehingga mereka dapat ikut berpartisipasi dalam memilih kegiatan yang mereka sukai. Seperti barbeque, permainan sebelum tidur, hingga mempersiapkan pakaian tebal untuk si kecil.

Kini semakin banyak tempat wisata di dataran tinggi berudara sejuk yang menawarkan jasa sewa tenda yang lebih nyaman, Bun | Traveloka/ The Lodge Maribaya

Persiapan

Pastikan agar Bunda membawa peralatan kamping yang diperlukan, seperti tenda, matras, sleeping bag, peralatan memasak, lampu senter, dan pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Libatkan anak-anak dalam persiapan ini dengan memberikan tanggung jawab kepada mereka, seperti membantu mengisi peralatan makan atau memilih permainan yang akan dibawa.

Apabila Bunda memilih opsi glamping atau glamour camping, biasanya peralatan sudah disediakan dengan lengkap dan lokasi pun pasti lebih nyaman. Meski demikian, ada juga glamping yang menyediakan tenda dengan ukuran lebih besar seperti safari tent. Yang juga terdapat kasur dan listrik di dalamnya, Bun. Apabila memilih opsi ini maka nuansa kamping biasanya akan lebih terasa!

Baca Juga: Rekomendasi Aktivitas Forest Healing Anti-Mainstream untuk Keluarga

Kenali lingkungan

Mumpung sedang di alam bebas, jangan sampai lupa untuk mengajarkan anak tentang lingkungan dan alam yang akan mereka kunjungi. Berikan pula pengetahuan dasar mengenai flora, fauna, dan bahaya yang mungkin ada di sekitar area kamping. 

Selain itu, penting untuk menanamkan kesadaran tentang menjaga kebersihan dan alam sekitar pada si kecil, Bun. Dengan demikian, diharapkan kamping akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengedukasi anak.

Persediaan makanan dan air 

Pastikan Bunda dan Ayah membawa cukup persediaan makanan dan air minum yang cukup selama kamping. Bawa juga camilan sehat untuk si kecil agar mereka tetap bersemangat. 

Apabila Bunda dan keluarga berkemah di tempat wisata yang menyediakan arena kamping, biasanya akan banyak tersedia kantin atau restoran yang menjual makanan dan minuman, Bun. Jadi tak perlu khawatir.

Bawalah alat lukis saat berkemah atau mengungjungi hutan dan ajaklah si kecil melukis alam | Shutterstock

Aktivitas asik

Selama kamping, lakukan lah berbagai aktivitas yang dapat melibatkan si kecil, seperti bermain permainan kelompok, membuat api unggun, atau menjelajah alam sekitar. Aktivitas ini hanya bisa dilakukan di alam bebas, maka manfaatkanlah! 

Selain itu, tidak hanya menghibur dengan melakukan aktivitas asik, Bunda bisa sekaligus membantu si kecil untuk belajar tentang teamwork, keterampilan bertahan hidup, dan menghargai alam.

Keamanan dan kesehatan 

Pastikan si kecil sudah memahami pentingnya menjaga keamanan dan kesehatan selama kamping. Beri tahu dengan jelas tentang aturan keselamatan, seperti tidak berjalan sendirian di malam hari dan tidak bermain di dekat api unggun tanpa pengawasan. Bawa juga kotak P3K yang lengkap dan pastikan anak-anak tahu cara menggunakannya.

Membuat kenangan 

Terakhir, jangan lupa untuk membuat sebanyak-banyaknya kenangan berharga selama kamping dengan si kecil. Ambil foto dan rayakan momen bersama. 

Perhatikan pula agar sebisa mungkin tidak memarahi atau membuat mood si kecil jelek ya, Bunda. Apabila ada sesuatu yang harus dibicarakan, bicarakanlah dengan baik dan lembut. Hal ini akan menjadi pengalaman berharga bagi mereka dan memperkuat ikatan keluarga juga rasa sayang mereka pada orang tuanya.

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Dengan persiapan yang matang, kamping dengan si buah hati dapat menjadi pengalaman yang seru dan mendidik. Penting untuk melibatkan anak-anak dalam proses perencanaannya. Dengan begitu, Bunda dan Ayah dapat menciptakan momen yang tak terlupakan dan meninggalkan jejak yang indah dalam kenangan si kecil. Selamat kamping!

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi