A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

Rekomendasi Aktivitas Forest Healing Anti-Mainstream untuk Keluarga

author
Ruth Sinambela
Rabu, 22 Februari 2023 | 10:00 WIB
Yoga menjadi salah satu aktivitas forest healing yang bisa Bunda pilih | Shutterstock

Daripada bosan jalan-jalannya ke tempat wisata yang itu-itu lagi, coba deh ajak si kecil untuk berpetualang di alam bebas, misalnya dengan mengunjungi Taman Nasional atau Hutan Konservasi yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum, Bun.

Forest healing sendiri merupakan salah satu aktivitas yang bisa Bunda dan keluarga lakukan di hutan. Sebagai kegiatan wisata sekaligus terapi dengan merasakan atmosfer hutan dan alam, forest healing dapat dilakukan dengan menikmati panorama alam yang indah sambil menghirup udara segar.

Namun tak hanya itu, Bunda juga bisa mengajak si kecil melakukan berbagai aktivitas forest healing anti-mainstream menarik berikut ini!

Baca Juga: Grounding atau Earthing, Bersentuhan Langsung dengan Bumi dan Segudang Manfaatnya!

Hunting foto
Sayang banget kalau main-main ke hutan tapi nggak mengabadikannya dengan kamera, Bun! Apalagi kalau Bunda atau Ayah mempunyai hobi fotografi, maka belum lengkap rasanya kalau belum hunting foto di hutan. Selain menarik untuk meng-capture suasana dan penghuninya, Bunda dan Ayah juga sekaligus bisa merasakan dekatnya alam dan menyatu dengannya, lho. Spiritual yet satisfying! 

Berkemah
Meski tidak harus menginap, apabila berkesempatan untuk main ke hutan dan bisa mendirikan tenda di sana, maka tidak ada salahnya menikmati pagi hingga senja dari dalam tenda. Bunda dan keluarga bisa membawa buku favorit, matras yoga, atau si kecil bisa membawa seperangkat alat minum teh. Apa pun yang Bunda dan keluarga suka, nikmatilah di tempat yang sunyi dan magis ini. 

Si kecil akan sangat menyukai aktivitas mengamati di alam bebas, Bun! | Shutterstock

Piknik sambil belajar
Kegiatan yang satu ini, cocok sekali untuk si kecil! Selain bisa mengenalkan buah hati pada alam, Bunda juga bisa mengenalkan anak pada berbagai jenis pohon maupun serangga. Anak-anak pasti akan menyukainya.

Baca Juga: 5 Tempat Glamping yang Seru Bareng Keluarga

Tapi jangan lupa, ajarkan pula mereka untuk mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak tumbuh-tumbuhan maupun serangga yang mereka temui di sana! 

Ikut serta dalam program penelitian dan pengembangan hutan
Sekarang ini beberapa hutan mulai memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk bisa turut serta dan melihat langsung bagaimana pekerjaan-pekerjaan konservasi dilakukan di hutan setiap harinya.

Tak hanya bertujuan untuk menarik pengunjung, namun juga mengedukasi dan menanamkan kecintaan masyarakat pada hutan di sekitarnya. Bunda dan keluarga pun bisa mencoba dan banyak belajar dari kegiatan ini.

Bawalah alat lukis saat berkemah atau mengungjungi hutan dan ajaklah si kecil melukis alam | Shutterstock

Melukis alam
Sudah pernah mencoba melukis alam? Sangat menarik dan menyenangkan lho, Bun. Tinggal membawa kanvas dan perlengkapan untuk melukis lainnya, kemudian tentukan satu spot di hutan pilihan Bunda dan mulailah melukis sebebas-bebasnya, bersama-sama! Ini baru namanya healing, Bun! 

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Banyak hal menarik juga hal-hal baru yang unik, namun juga menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga maupun orang-orang tersayang di alam bebas. Menyatu dengan alam bagaimana pun akan memberi kesempatan untuk bisa berefleksi, bersyukur, dan mengagumi Kuasa Tuhan, Bun.

Jangan ragu untuk mengajak si kecil  yang sudah cukup usia untuk bersenang-senang dengan cara yang pro-Bumi ya, Bunda dan Ayah. Selain menyenangkan untuk si kecil, juga bisa memberikan manfaat forest healing untuk orang dewasa. Selamat mencoba.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi