When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

Grounding atau Earthing, Bersentuhan Langsung dengan Bumi dan Segudang Manfaatnya!

author
Ruth Sinambela
Kamis, 17 Maret 2022 | 11:03 WIB
Bermain di Pantai Membuat Si Kecil Mengenal dan Menyatu Dengan Alam | Shutterstock

Grounding atau earthing pada dasarnya merupakan sebuah teknik untuk mengkoneksikan tubuh dengan Bumi, dengan cara memijakkan kaki langsung pada tanah atau rumput. Teknik ini dipercaya dapat menghubungkan tubuh dengan energi Bumi, dan mengurangi penyakit kronis, kelelahan, dan berbagai penyakit lainnya lho, Bun!

Antioksidan alami terbesar

Di zaman sekarang ini, koneksi tubuh terhadap Bumi telah banyak dihalangi oleh berbagai hal seperti plastik, kain sintetis, aspal, karpet, dan lain-lain, Bun. Belum lagi radiasi elektronik dari peralatan rumah tangga, seperti smartphone dan wi-fi, yang mengakibatkan radikal bebas berlebih merusak jaringan dan sel-sel tubuh.

Baca Juga: 8 Alasan Bermain Outdoor Itu Bagus

Dengan mengembalikan kembali koneksi tubuh dengan Bumi melalui grounding atau earthing, maka energi Bumi membantu menjatuhkan atau merontokkan radikal bebas sehingga tubuh dapat menyembuhkan dan memperbaiki diri secara alami. Hebat ya, Bun.

Elektron-elektron bebas mengalir dari Bumi ke dalam tubuh melalui sentuhan langsung tubuh dengan Bumi, misalnya dengan tanah, pasir, rumput, dan lain sebagainya. Elektron-elektron inilah yang diakui sebagai antioksidan alami terbesar dari Bumi dengan segala manfaatnya yang luar biasa, yaitu membantu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit di dalam tubuh.

Kabar baiknya adalah grounding atau earthing tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak, Bunda. Untuk lebih mengetahui manfaat nya, yuk simak penjelasan lengkapnya, berikut ini!

Membiarkan Si Kecil Bermain di Luar Rumah Tanpa Alas Kaki Merupakan Salah Satu Cara Grounding atau Earthing | Shutterstock

Meningkatkan imunitas

Dengan rutin melakukan aktivitas grounding, maka Bunda dan keluarga selayaknya tengah mendapat asupan antibodi gratis dari Bumi, nih.

Aktivitas grounding sendiri layaknya kandungan antioksidan yang berperan baik bagi tubuh, Bun. Dengan adanya gelombang elektrik dari Bumi yang diserap tubuh, maka elektron bebas akan bekerja dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran dan tempat Rekreasi Outdoor Ramah Anak

Relaksasi otot

Selain melindungi otot dari kerusakan, grounding juga mampu membuat tubuh jadi semakin bugar sehingga lebih segar dan mudah dalam beraktivitas, Bun. Cobalah melakukan grounding setiap pagi sebelum matahari bersinar, Bunda dan keluarga pasti akan segera merasakan manfaatnya.

Kesehatan kardiovaskular

Tak diragukan lagi aktivitas grounding yang dilakukan secara rutin, akan membawa banyak manfaat untuk kesehatan jantung, dan pembuluh darah. Selain itu, grounding juga dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah lho, Bun. Inilah mengapa banyak dokter penyakit dalam maupun jantung, yang menyarankan pasiennya untuk grounding secara rutin di pagi hari.

Membuat tidur lebih berkualitas

Grounding atau earthing terbukti dapat membuat tubuh menjadi rileks, Bun. Apabila Bunda atau keluarga memiliki masalah sulit tidur atau tidur tidak berkualitas, cobalah untuk rutin melakukan grounding.

Mengajak Si Kecil Berkebun Merupakan Aktivitas Grounding atau Earthing | Shutterstock

Memperbaiki mood

Karena grounding memberikan efek rileks, maka otomatis mood pun menjadi bagus, Bunda. Selain itu, grounding juga dapat menurunkan tingkat depresi seseorang, sehingga sangat disarankan untuk dijadikan kegiatan stress released yang aman dan bermanfaat pula untuk kesehatan tubuh.

Mengembangkan motorik dan sensorik anak

Anak-anak yang sudah dapat berjalan dengan lancar sangat disarankan untuk melakukan grounding ini, Bun. Dengan rutin melakukannya, grounding akan memberi manfaat yang sangat banyak untuk si kecil, seperti menambah kekuatan kaki, detoksifikasi, hingga mengembangkan kemampuan motorik, sensorik, dan menanamkan kecintaan anak pada Bumi, Bunda.

Baca Juga: 6 Aktivitas Outdoor Yang Membantu Meningkatkan Kosakata Anak

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yang bisa didapat oleh Bunda sekeluarga, terutama si kecil, dengan rutin melakukan grounding. Maka jangan ragu lagi untuk mulai menambah rutinitas grounding atau earthing ini dalam keseharian si kecil, Bun.

Cukup 20 menit atau lebih, tergantung suasana dan tempatnya, Bunda dapat mengajak si kecil "nyeker" dan membumi sambil bermain dengan bebas. Namun harus selalu diingat, untuk selalu waspada dan memastikan si kecil dapat grounding di tanah, rumput, pasir, atau lokasi lainnya dengan aman.

Bunda sekeluarga pasti akan menikmati setiap langkah juga sentuhan, dan akan merasakan manfaatnya yang tak dapat ditemui dimanapun, selain darinya! Selamat membumi bersama keluarga tercinta, Bunda.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ruth Sinambela