I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

6 Peran Penting Ayah saat Dampingi Bunda Melahirkan

author
Ruth Sinambela
Senin, 26 Juni 2023 | 10:03 WIB
Peran ayah dalam proses persalinan sangat penting untuk ibu hamil, lho! | Shutterstock

Bunda tentu setuju kalau kehadiran si Ayah di samping Bunda saat menjalani proses persalinan memiliki peran yang sangat penting dan memberikan dukungan yang tak ternilai. Apalagi, Ayah dapat melakukan banyak hal yang akan sangat membantu Bunda dalam proses persalinan yang kadang-kadang bisa melelahkan dan menegangkan. 

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang bisa Ayah lakukan saat menemani proses persalinan!

Menjadi pendamping yang aktif dan penyemangat 

Peran Ayah sebagai pendamping yang aktif sangat diperlukan dalam proses persalinan. Ayah dapat memberikan dukungan emosional dan moral dengan memberikan kata-kata penyemangat dan memastikan bahwa Bunda merasa didukung sepenuhnya. Ayah juga dapat menghormati keputusan yang Bunda buat serta membantu menghilangkan rasa takut atau cemas yang mungkin dirasakan.

Baca Juga: 5 Peran Penting Ayah Dalam Mengasuh dan Mendidik Anak

Membantu dalam teknik pernapasan 

Teknik pernapasan yang tepat dapat membantu Bunda menghadapi kontraksi dan melahirkan dengan lebih baik. Oleh karena itu akan sangat baik apabila Ayah bisa mempelajari dan mengerti mengenai teknik tersebut untuk membantu mengingatkan Bunda saat diperlukan. 

Sebelum dan setelah bersalin, ibu sangat membutuhkan dukungan dan perhatian para ayah | Shutterstock

Ayah akan sangat membantu dengan memberikan instruksi yang tepat dan memberikan dukungan dalam teknik pernapasan, sehingga Bunda pun akan merasa jauh lebih tenang dan bisa mengatasi rasa sakit yang dialami selama proses persalinan.

Melakukan pijatan atau sentuhan yang nyaman 

Selama persalinan, Bunda mungkin mengalami rasa nyeri dan ketegangan. Peran Ayah adalah dengan membantu melakukan pijatan lembut atau memberikan sentuhan yang nyaman. Sentuhan yang penuh kasih sayang dapat membantu Bunda merasa lebih tenang dan rileks, serta mengurangi ketegangan yang mungkin dialami.

Baca Juga: 9 Karakter Menonjol yang Dimiliki Ayah Milenial

Mengatur suasana ruangan 

Suasana yang tenang dan nyaman sangat penting dalam proses persalinan. Ayah dapat membantu mengatur suasana ruangan dengan memastikan pencahayaan yang lembut, musik yang menenangkan, dan aroma yang menyegarkan. Semua ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi ibu dan bayi yang akan lahir.

Bayi newborn sangat suka bersentuhan langsung dengan kulit Ayah saat digendong, lho! | Shutterstock

Mendampingi dalam pengambilan keputusan 

Selama persalinan, Bunda mungkin perlu mengambil keputusan yang penting terkait dengan perawatan dan prosedur medis. Di sinilah Ayah akan sangat berperan sebagai pendamping yang membantu mengambil keputusan dengan memberikan informasi yang diperlukan, mendiskusikan pilihan yang ada, dan mendukung keputusan yang diambil oleh Bunda.

Menjadi pelindung dan juru bicara

Ayah juga memiliki peran penting sebagai pelindung dan juru bicara di rumah sakit atau bidan. Ayah dapat membantu menjaga privasi ibu, melindunginya dari stres atau situasi yang membuatnya tidak nyaman, serta menjaga komunikasi dengan tim medis agar semua kebutuhan ibu terpenuhi.

Baca Juga: Pentingnya Peran Ayah dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Kehadiran seorang ayah yang aktif dan terlibat dalam proses persalinan dapat memberikan dukungan luar biasa lho, Bun. Tentunya dengan menciptakan lingkungan yang nyaman dan memberikan dukungan emosional yang dibutuhkan.

Tak hanya itu, dengan Ayah melibatkan diri secara aktif dalam persalinan, tindakan tersebut akan menguatkan ikatan keluarga, serta memberikan dukungan dan kasih sayang kepada ibu dan bayi yang baru lahir.

Penulis Ruth Sinambela
Editor Ratih Sukma Pertiwi